Tuesday, October 17, 2017

Penyebab Vario 150 Bergetar

Penyebab vario 150 bergetar saat tarikan awal disebabkan oleh keausan mangkoan yang tidak rata. akan tetapi mangkoan ini sebenarnya aus tidak rata disebabkan oleh part lain. part ini sangat berpengaruh besar terjadinya getaran dan pula keawetan laher di sekitarnya selain menjadi Penyebab Vario 150 Bergetar.

banyak diasumsikan oleh banyak mekanik bahwa penyebab Penyebab Vario 150 Bergetar ini adalah kualitas kampas ganda yang sudah jelek. getaran dihasilkan karena permukaan kampas ganda yang kecil sehingga banyak dilakukan perbaikan dengan menambah besar kampas ganda untuk menurunkan getaran ini. getaran akan sangat minimal tetapi kondisi ini tidak merubah nasib laher yang di sebelahnya seperti laher tutup cvt aatua laher bambu.

baca juga artikel lain.

beberapa permasalahan getar diasumsikan karena roller yang kotor. roller yang kotor tidak bisa bergerak dengan lancar sehingga belt menjadi fluktuatif akibatnya menjadi Penyebab vario 150 bergetar. hal ini bisa saja menjadi Penyebab vario 150 bergetar tapi getaran yang dihasilkan seperti lemah tenaga. tapi sama sekali bukan penyebab getaran layaknya ketika motor saat akan jalan.

dengan kondisi tersebut di atas, sebenarnya sudah bisa dibenahi dengan pencucian v belt unutk menganulir kotoran yang menyebabkan v belt tidak akurat pada puli. v belt yang kotor menjadi masalah setelah dilakukan beberapa kali pembongkaran cvt yang kurang bersih dalam pemasangan. minyak yang tidak merata mengenai v belt pasti akan menyebabkan v belt bergejolak.

Dengan melakukan pencucian v belt tidak menutup kemungkinan belt akan menjadi lebih berisik. dengan kesatnya kondisi v belt akan menyebabkan suara v belt terhadap puli menjadi semkin kuat terdengar. seperti penjelasan berikut mengapa kondisi cvt vario 150 berisik


Langkah penting yang harus di ambil ketika akan memperbaiki getaran ketika angkatan maka part yang berfungsi pada bagian ini adalah kampas ganda. tetapi bukan kampas ganda yang harus dikawatirkan, hasil keausan pada mangkoan yang harus di teliti. kondisi mangkoan yang aus kadan di bagian pinggir luar kemudian di pinggir sisi dalam akan menyebabkan getaran pada awalan.

bagian tempat yang terkena kampas ganda akan terasa lebih kesat di bandingkan dengan bagian yang tidak terlalu dalam keausan yang ditimbulkan. dengan kondisi mangkoan yang kesat dan licin ini maka akan menyebabkan awalan gas terasa getar. akan tetapi bukan mangkoan sebagai part utama yang bermasalah kaitannya dengan  Penyebab Vario 150 Bergetar ini. mur 19 yang tepat berada ujung drive shaft inilah yang menjadi masalah utama.

dalam memperbaiki Penyebab Vario 150 Bergetar ini dilakukan perbaikan pada mur. kondisi mangkoan yang aus sebelah akan tidak terlihat keolengan pada mangkoan jika tanpa dikenangkan dengan mur 19 ini. dan pula ketika mur 19 ini dikencangkan akan terasa memantul. hal ini disebabkan proses mur miring yang mulai mencari tempat yang menapak pada sisinya pada mangkoan dengan akibat as yang menjadi bengkok.

masalah yang ditimbulkan oleh mur ini menjadi Penyebab Vario 150 Bergetar seperti video di bawah ini



Selain menyebabkan getar  mur ini juga mengakibatkan kerusakan lain yang lebih banyak. sperti ditunjukkan video di bawah ini.
https://youtu.be/900R7OJkYoU

terlihat bahwasannya mur 19 puli belakang menjadi alaran di balik Penyebab Vario 150 Bergetar. dimana kondisi yang menjadi bukti adalah keausan mangkoan yang tidak rata dan pula as yang menjadi oleng. perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan pengikiran mur 19 hingga permukaannya rata terhadap mangkoan.

indikasi yang digunakan untuk hasil yang baik adalah pastinya motor vario 150 tidak bergetar lagi. kemudian bisa dilihat secara visual bahwa as sudah tidak oleng lagi. dalam jangka panjang akan menghasilkan keausan pada mangkoan yang segaris merata pada bagian dalam. dengan kondisi ini maka paart lain seperti laher laher akan lebih awet.

Dengan kondisi mur 19 yang baik diindikasikan dari gejala getaran awal atau gredek yang minimal dapat dilihat dari kondisi keausan mangkok kopling ganda yang rata. kerataan bisa diperhatikan di bagian dalam dan luar keausan yang terjadi baik di mangkok atau di kopling gandanya.

berikut ini kondisi Vario 150 yang tidak gredek.



Video di bawah ini juga sebagai pandangan bagaimana kondisi yang diharapkan pada mangkok dan kampas ganda yang tidak gredek


semoga artikel Penyebab Vario 150 Bergetar  ini bermanfaat jangan lupa untuk follow akun instagram kami ya!

https://www.instagram.com/rumputtekichannel

Channel tambahan
https://www.youtube.com/channel/UCVvx0qmgFvZjpzP2xJcL_eg


 

No comments:

Post a Comment

Popular Post