Sunday, October 8, 2017

vario 125 bunyi klotok klotok

vario 125 bunyi klotok klotok disebabkan karena part sudah mulai aus, perlu dilakukan penggantian part yang mungkin akan terkaget sebuah plastik sebesar kuku jari akan berharga 13 k IDR dan part tersebut berjumlah 3 buah. belum sama pasangnya rata rata kisaran harga 40 K IDR (Harga ketika pieceslide masih jarang di pasaran bisa naik sesuka hati). maka jika di total bisa sampai 80 K IDR yang sebenarnya bisa dilakukan perbaikan sendiri dengan menggunakan kaleng bekas untuk memperbaiki vario 125 bunyi klotok klotok.

kemudian apa jasa pasangnya gratis? tentu saja bisa gratis dengan bantuan video di bawah ini.



Lihat pula atikel lain.
Cara Reset ECU dan TP Vario LED 125 & 150
Bongkar dan servis cvt vario 150 setiap 8000 km
cara stel klep vario 150

part kecil yang seharga 13 K IDR ini bernama pieclside. Saat ini dengan banyaknya part hanya 8.50 dan  part ini berfungsi untuk meneruskan tenaga dari poros engkol menuju ke bagian rumah roller. part ini juga berfungsi sebagai bantalan geser yang bergerak sesuai kebutuhan roller yang mengatur kecepatan dan torsi mesin. jadi part ini mudah aus sehingga menjadi penyebab keluhan vario 125 bunyi klotok klotok.

Lakukan pemotongan kaleng dengan ukuran lebar sesuai keausan pada piecslide antara 2 mm s.d. 3 mm. dengan panjang potongan kaleng 20 mm. ukuran potongan lebar ini bisa bervariasi sesuai kebutuhan. tidak pasti potongan yang lebih besar akan menjadi lebih baik untuk mengganjel piecslide. tenaga mesin akan mengalami penurunan jika pieceslide terlalu kencang menekan rumah roller.

pemasangan roller yang salah dengan arah yang beda pun bisa menyebabkan vario 125 bunyi klotok klotok. pemasangan roller yang benar ditunjukkan pada link ini Cara Memasang Roller Beat dan Vario yang Benar. pergerakan roller akan terhambat seperti halnya pieceslide yang terlalu kencang mengikat rumah roller.

untuk lebih jelasnya memanfaatkan kaleng bekas untuk memperbaiki vario 125 bunyi klotok klotok di bawah ini.



Untuk lebih kuat pada pieceslide yang keausannya dalam bisa dilakukan pengganjelan dengan ban dalam. ditujukan agar plat yang sudah tidak mampu menganjal bisa digantikan karet yang tebal dan empuk. lebih jelaa kunjungi tautan official youtube kami.
https://youtu.be/DCeggXaBeNY

Namun juga kondisi pieceslide sudah menempel pada ramplate secara kuat masih menyisakan suara berisik. Kondisi cvt sudah dipastikan aman dan baik semua tetapi masih saja berisik bisa terjadi. Berikut ini video sudah memastikan semua part cvt masih bagus tetapi ketika dihidupkan malah berisik belum hilang.


Selain pieceslide bermasalah, saya juga serig menemui kondisi mesin tanpa keusakan sama sekali tetapi bunyi tek tek. Bunyi yang didengar sangat mirip dengan roller dan pieceslide walau keduanya baru. Hal ini trjadi karena kotoran pada salah satu roller yang mengakibatkan roller lainnya bebas. Timbullah bunyi klotok klotok dan untuk menanganinya cukup dibersihkan pasang kembali. Positif tingking saja dan hasilnya bagus suara berisik hilang.

untuk lebih dekan kami silakan subscribe dan pula channel kami di youtube rumput teki. kami juga punya instagram rumputtekichannel

Permasalahan suara klotok klotok pada cvt juga bisa menimpa pada honda beat. permasalahannya hampir sama di abgian puli di depan dimana pergerakannya sudah tidak teratur dikarenakan pieceslide yang sudah gojak. untuk memperbaiki penyebab mesin honda beat berisik bisa di cek di video berikut ini.

.
Selain piecelside yang berbunyi tek tek tebal juga ada tensioner yang lemah bisa menyebabkan suara tek tek.  Ciri khasnya suara tek tek tipis dan tidak beraturan ketika stasioner. Harga dan part di video berikut ini.


semoga artikel ini bermanfaat. sukses!
 
instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.com

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

No comments:

Post a Comment

Popular Post