Monday, October 23, 2017

sudah benarkah pasang ring piston nya?

cara pasang ring piston yang benar harus sesuai dengan SOP yang diberlakukan pada buku pedoman reparasi. pemasangan yang benar akan menghasilkan tenaga yang nendang dan pastinya akan menjaga keawetannya. bahan dan fungsi dari masing masing ring piston berbeda maka perlu diperhatikan dalam susunan ring piston yang benar.

ring piston memiliki perbedaan antara mesin 2 tak dan 4 tak. perbedaan ini meliputi ring oli, hanya digunakan oleh mesin 4 tak dikarenakan pada mesin 2 tak pelumas sudah di terkait dengan bahan bakar. ring oli sangat dibutuhkan pada motor 4 tak untuk menjaga pelumasan dari piston sehingga akan menghasilkan kompresi yang tinggi dan tenaga yang maksimal.

baca juga artikel lain.

disamping ring oli, motor 4 tak juga memiliki susunan ring piston yang lain. untuk menjaga kompresi tetap maksimal yang tahan terhadap panas dan tekanan maka dibutuhkan ring yang keras kemudian ring ini disebut dengan ring kompresi. ring kompresi ini perlu pelumasan yang baik dimana terdapat oli yang cukup serhingga pergerakannya lancar dan pula menjada kompresi maksimal yaitu sebagaimana fungsi dari ring pengikis oli.

dalam kaitanya piston bekerja pada suhu dan tekanan yang tinggi maka dibutuhkan susunan ring piston yang benar yaitu paling atas yaitu ring kompresi,kedua ring pengikis oli, dan terkahir ring pelumas oli. kebanyakan pada ring piston yang baru tertera tanda atau nomor yang menandakan susunan ring piston dari atas. akan tetapi beberapa ring tidak tercantum urutan yang diharapkan ada oleh mekanik.

dengan kondisi ini yang perlu dibingungkan adalah ring pengikis oli dan ring kompresi. kedua part ini mempunyai perbedaan yang mendasar. dari segi bahan ring piston pasti lebh keras dan biasanya dilapisi bahan yang keras. pada ring pengikis oli maka terdapat bagian ring seher pada lingkar luarnya terdapat kemiringan cetakan. potongan sisi ring yang lebih lancip menghadap bawah yang fungsinya untuk mengikis oli sesuai kebutuhan dari seher dan ring kompresi.
 
Ring seher memiliki substitusinya antara motor honda, untuk matik 110 cc vario karbu, beat karbu, beat esp, scoopy, semua ring seher sama hingga supra KFV dan Grand pun sama rig seher dengan matik honda. Berikut review substitusi ring seher matik dan bebek honda.


dari semua ring piston pasti tidak akan salah pada susunan ring piston pelumas oli karena susunan ring piston yang benar pastilah ring yang berkelok di letakkan pada dalam dari ring yang tipis tipis. sesuai dengan buku pedoman reparasi susunan kedua ring tipis pelumas oli ini sambungannya berjarak 120 derajat dimana ring pelumas oli yang berkelok di pasang dengan sambungan diantara keduanya tepat di atas lubang pen seher. 

simak  videonya di bawah ini alasan mengapa ring seher ini perlu diganti. dari kondisi pasti 2 part sperti kondisi busi dan oli bisa diketahui ring seher sudah bermasalah atau sudah rusak parah.


https://youtu.be/4o20gJfuA4I

selain kondisi dari jumlah oli dan warna kerak busi, juga sering kali bunyi mesin yang kasar menjadi pertanda masalah di mesin. suara mesin khas tek tek dari  bagian mesin sebelah kanan maka kerusakan menjurus kepada seher atau pula stang sehernya. berikut ini video suara mesin yang mengalami kerusakan pada seher yang di ditandai pula dengan sering hilangnya kompresi.



Kondisi kerak di busi dan pula buis yang sering terlihat berminyak sebagai tanda masuknya oli ke dalam ruang bakar. hal ini bisa dipastikan dengan kuantitas oli yang berkurang pula. tidak harus ring seher yang jebol perlu diganti jika penggantian rutin setiap 2 rb km oli masih bisa melumasi mesin. yang palin dikawatirkan yaitu kondisi dimana busi yang jadi sering mati dan pula jika oli sampai kehabisan tentu hal ini akan berimbas fatal.

Dalam kondisi motor yang sehat seharusnya sisa oli yang diganti rutin setiap 2000 km sekali seharusnya menyisakan lebih dari setemgah dari jumlah awal. Beberapa motor yang jarang digunakan bisa mencapai 4 bulan untuk menempuh jarak 2 rb km. Hal ini masih diperbolehkan sampai 4 bulan pemakaian. Dan ini merupakan batas yang bisa diambil untuk masa sekali ganti oli. Setahun 3 kali bukankah ringan? Selain menjaga mesin dalam kondisi optimal pastinya tenaga mesin juga lebih stabil. Seperti video di bawah ini.


https://youtu.be/UhkBEfm0Ibc

Kondisi lebih jelas pada ring piston yang sudah bermasalah bisa mengakibatkan oli motor cepat habis. kondisi ini sudah pasti akan menimbulkan berbagai masalah dikemudian hari. secara visual kondisi ring seher yang aus bisa disesuaikan dari rembesan oli yang memalui ring sampai ke penampang ruang bkar dari psiton seperti video di bawah ini.


https://youtu.be/qDISYdxw9PI

kemudian pada ring pengikis oli dan ring kompersi dipisahkan sambungannya 120 derajat disusun sedemikian rupa sehingga masing masing sambungannya terletak 120 derajat pula dari ring pelumas oli yang berkelok. dengan susunan ring piston yang benar ini maka akan dihasilkan tenaga yang besar karena kompresi maksimal dan pula keawetan yang lebih panjang.

demikian artikel sudah benarkah pasang ring piston nya?ini semoga bermanfaat. jangan lupa untuk share artikel ini apabila bermanfaat untuk teman temannya!

No comments:

Post a Comment

Popular Post