Tuesday, October 24, 2017

Upgrade Vario 125 & 150 Harian

Upgrade vario 125 & 150 harian dengan settingan yang tepat tanpa modifikasi bagian cvt maupun bagian piston, vario 125 dan vario 150 bisa bertenaga. settingan klep yang tepat bisa menghasilkan pembakaran yang maksimal sehingga performa akan meningkat secara signifikan. 

hal yang bisa dilakukan dalam menaikan performa pada vario 125 dan 150 dengan tepat yaitu mengubah stelan klep dari standar menjadi lebih bertenaga dengan penyetelan yang lebih renggang dari penyetelan standar. tanpa penggantian part apapun dengan penyetelan klep yang tepat maka upgrade vario 125 dan 150 harian akan lebih nyaman.

baca juga artikel lain.

gubahan pada penyetelan klep vario ni dari standar 0,1 untuk in dan 0,25 untuk ex untuk kebutuhan upgrade vario 125 dan 150 harian yang aman bisa distel dengan in  0,15 dan ex 25. dengan penyetelan yang lebih kendor maka klep hisap akan lebih cepat menutup sehingga jumlah campuran bahan bakar akan lebih banyak yang terbakar.

cek video upgrade vario 125 dan 150 harian di bawah ini.


vario 125 sering dikaitkan bore up untuk mengganjal tenaga hingga menyamai vario 150. kekuatan vario di awalan yang bertenaga dan napas lebih panjang tentu menjadi pembeda kedua varian vario yang sama persis bentuk dan karakternya ini. selain perbedaan di cc juga terdapat perbedaan pada komponen cvt.

di ara cvt beberapa perbedaan sangat jelas nampak pada berat roller dan tekanan per cvt. roller lebih ringan 2,5 gr dn pula rekanan per CVT lebih keras ditunjukkan dari panjang yang slisihnya lumayan panjang. beikut cara upgrade Vario 125 agar seperti tenaga Vario 150.



Permasalahan bagi para peumula dalam menyetel klep motor matic adalah cara mencari top kompresi. top kompresi harus benar tepat agar penyetelan yang dilakukan juga tepat sesuai keingina. patokan yang bisa diambil untuk semua motor matik injeksi saat ini adalah dua buah sproket rantai keteng bagian depan yang selalu sejajar dengan seal tutup klep atau tegak lurus terhadap sumbu mesin.

untuk mencari top sudah pasti bisa tetapi untuk memastikan kondisi kompresi harus menggerakan klep bahwasannya kedua klep dalam kondisi bebas atau terdapat celahnya. akan tetapi pada motor tertentu tidak memiliki 2 buah baut sproket. namun pasti ada tanda yang bisa digunakan yaitu sebuah garis. pabrik pasti memberikan tanda ini sebagai patokan dalam memasang rantai keteng. pasti ada tanda ini.

simak video cara mencari top kompresi pada honda vario di bawah ini.



untuk menghindari bore up yang tentu saja dibutuhkan biaya yang lumayan dan pastinya motor sudah tidak standar lagi maka pilihan ini sering diurungkan. dengan penyetelan klep ini vario 125 akan lebih responsif pada putaran bawah dan mirip dengan vario 150 tapi pastinya untuk putaran tinggi adan ada perbedaan. selain stelan klep yang bisa dilakukan dengan mengubah per cvt yang dimiliki vario 150 pada vario 125 sehingga tenaga akan lebih berisi.

untuk kebutuhan harian penyetelan ini aman dan lebih mengefisiensikan bahan bakar jadi performa mtoor akan naik dan pula bensin tidak terlalu mengucur layaknya pengubahan upgrade pada cvt. pemampatan tenaga yang dilakukan untuk memampatkan tenaga di putaran bawah pastinya akan banyak menguras tengki. harus dipikir pikir dengan cermat!

untuk menyetel vario lainnya bisa cek video di bawah ini.



Setelah beres menyetel dapur pacu pastinya butuh penyesuaian pula pada cvt untuk memaksimalkan tenaga. Salah satu alasannya karena cvt mulai mengalami keausan baik di bagian puli depan maupun belakang yang menyebabkan pengurangan tenaga. Pada puli depan terjadi keausan dinding puli pengapit v belt yang menjadikan vbelt crpat megar dan pula pada belakang v belty cepat masuk. Puli belakang tidak aus tp tekanan per cvt semakin menurun. Disamping itu bunyi bunyi pada cvt jugabsemakin meningkat. Maka dibutuhkan trik untuk menaikan tenaga yang dilakukan tanpa biaya alias gratis.berikut ini videonya.


semoga artikel  Upgrade Vario 125 & 150 Harian ini semoga bermanfaat.

kunjungi pula.
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 
http://www.rumputteki.com 
https://www.youtube.com/channel/UCVvx0qmgFvZjpzP2xJcL_eg

14 comments:

  1. Kalo roler Varled 125 standard 18gr ya mas? Biar tarikan lbh enak klo diganti roler vario 150 bisa? Xukup ganti roler thok apa perlu ganti per cvt jg?

    ReplyDelete
  2. Yang terbaru ini memakai roller 15,ending ganti pernya saja dulu pake vario 150 atau pcx

    ReplyDelete
  3. Apakah ngorbanin topspeednya ini mas ?

    ReplyDelete
  4. Kalo kondisi motor std tengah digas masih sama dengan kondisi sebelumnya, beda kalo pake roller atau per pasti turun mas top speeed pas std tengah. Kalo pas jalan gak berani mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake per cvt pcx old mas, topspeed ketahan ya?

      Delete
    2. iya mas, ada penurunan top speed

      Delete
  5. Mas mau nanya ki, vario 150 bunyi tek tek dari bagian mesin kedepan. Bukan dari cvt. Baru 500km, bunyi muncul di range 20-40kpj. Apa setelan klepnya ya?? Kondisi saat mesin mulai panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja mas besok servis pertama dikeluhkan, biar stelan klepnya distandarin, memang servis pertama nanti cek klep. tp juga bisa mas hal seperti itu normla. rata rata matik agak berisik normal

      Delete
  6. Mass mau tanya,mtr sya vario150 sdh boreup gnti piston sonic..setelah jdi,saya bwa jln kok ada suara ngelitik2 gitu di daerah mesin depan dan tenaga kempos,kadang2 lambamg warning panas mesin nyala?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... Kompresinya dibikin berapa mas? Masalah kompresi ini yang mungkin jadi penyebab, ngelitik dan cepat panas.
      Tapi pastikan dulu ada kabel rerputus atau tidak soket ectnya dan pula klepnya ini sudah pas velum stelannya,

      Delete
  7. Saya pake vario 150 fi mas, kalo tarikan pertama dr posisi idle ko bunyi cekikik2 gitu, tiap habis servis si normal, tp 1mnggu/2mnggu balik lagi.. Pemakaian normal, hampir jarang jarak jauh, mohon pencerahan mas

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum mas , ini pengaruh ke BBM juga ga? Apakah lebih irit atau boros?

    ReplyDelete
  9. MAS INI KAN DIGANJEL KABEL KLO MAU GANTI PER ENAKNYA
    PAKE PER APA?

    ReplyDelete

Popular Post