Wednesday, October 11, 2017

penyebab motor kehilangan tenaga

penyebab motor kehilangan tenaga hanya karena cop busi yang bermasalah. masalah cop busi yang hanya 30 an ribu rupiah ini sering diabaikan karena cenderung menguraikan masalah seputar sistem bahan bakar. banyak mekanik yang mempermasalahkan penyebab motor kehilangan tenaga berasal dari bagian sistem ijeksi dari sensor hingga ijektor. tetapi masalah cop busi masih jarang dicek dengan seksama.

sesuai dengan fungsi cop busi untuk memegang busi dan meneruskan api dari koil yang bertegangan besar menuju ke busi. tegangan yang besar harus ditopang dengan part yang baik dan pula sambungan yang kencang. part yang bagus akan mengurangi hambatan dan tahanan dan sambungan yang baik mengantisipasi terjadinya hubung putus yang menjadi sumber masalah penyebab motor kehilangan tenaga.

baca juga artikel lain.honda beat fi brebet putaran bawah

penyebab motor kehilangan tenaga yang paling ringan dan mudah untuk dilakuka pengecekan yaitu pengecekanran cop busi ini, kemudian menuju pada kabel kabel area sensor ckp pada injeksi atau pulser jika pada motor karburator. selain itu juga bisa mengarah pada pompa injeksi yang lebih rumit dalam pengecekan seperti pada link artikel honda beat fi brebet putaran bawah

pengecekan cop busi meliputi kekencangan cop busi terhadap kabel koil dan pula terhadap busi. kedudukan koil yang menempel pada rangka dan cob busi yang menempel pada busi maka terjadi pergerakan dan pergeseran sebagai efek dari pergerakan shock belakang. sambungan pada part cop busi ini harus bagus sehingga penyebab motor kehilangan tenaga bisa dihindari.

keluhan yang bisa dirasakan dengan kondisi cop busi yang kendor yaitu ketika motor akan dilakukan untuk menyalip terasa tenaga tidak muncul. malahan pada kondisi jalan dengan putaran mesin menengah bisa dirasakan motor terasa batuk batuk seperti akan kehilangan putaran mesin. dengan kondisi seperti ini harus dipastikan bahwa kondisi cop busi kencang baik terhadap kabel dan businya.


kondisi cob busi yang kendor pasti menghambat arus listrik yang akan menuju elektroda busi. busi yang harus diganti setiap 8 rb km sekali sebisa mungkin di cek pula kondisi pada cob businya.

cek video penyebab motor kehilangan tenaga di bawah ini.


pada video di atas telah dijelaskan bagaimana sebuah cob busi bisa mengakibatkan gejala kehilangan tenaga. dalam melakukan pengencangan cob busi terhadap kabel harus diputar dan pastikan ulir tepasang dan hal ini pasti akan berat untuk memutar cob busi terhadap alur. harus dipastikan dngan menarik cop busi dati kabel koil untuk memastikan sudah mengulir dengan baik.


untuk memilih busi yang tepat sesuai motor dalam usaha untuk meningkatkan tenaga dan efisiensi penggunaan bahan bakar silakan klik link ini.

 https://bongkardulupasangkemudian.blogspot.com/2017/04/kode-dan-jenis-busi-motor-honda.html

semoga artikel penyebab motor kehilangan tenaga ini bermanfaat.


instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.online 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

No comments:

Post a Comment

Popular Post