Saturday, October 28, 2017

Cara Menonaktifkan Rem CBS

cara menonaktifkan rem cbs tanpa lepas tanpa gati part dan tentunya mudah dikembalikan ke model cbs kembali. dengan cara ini bermodal mur bekas pentil ban yang banyak dijumpai dan gratis kalopun minta dari tukags tambal ban. dengan bahan sekedar mur cbs bisa distel secara mudah untuk dinonaktifkan dan aktifkan kembali.

fungsi rem cbs yaitu untuk mengaktifkan rem depan ketika rem belakang difungsikan. perbandingan yang dihasilkan dari rem cbs ini cukup signifikan dengan perbandingan 70% untuk depan dan 30% untuk belakang. akan tetapi dengan kondisi rem depan yang tanpa penyetelan dan rem belakang yang harus disesuaikan akan mengalami pengereman belakang yang semakin berkurang prosentasenya. 

baca juga artikel lain

Penyetelan rem belakang yang selalu di lakukan berbarengan dengan servis tentu tidak bisa mengantisipasi penurunan prosentaase rem belakang yang selalu menurun. pada kondisi sampai 4 rb km kondisi rem cbs hanya akan terjadi pengereman pada depan saja sehingga penurunan ketidakpakeman sangat drastis.

penyetelan rem cbs sendiri cukup mudah, hanya dengan memutar penyetel rem belakang ke kanan sehingga maju dan rem akan lebih pakem. penyetelan rem yang diharapkan yaitu kondisi dimana rem parkir bisa difungsikan dengan mudah tidak berat tetapi tetap mencengkeram rem dengan baik.

untuk menonaktifkan rem cbs yang dipandang berbahaya ini yang sebenarnya memiliki manfaat untuk menurunkan kemungkinan rem belakang selip ketika rem belakang difungsikan bisa dilakukan dengan mudah cukup bermudal mur ban dalam. mur ini terdapat pada ban non tubeles yaitu mur 12 pada pentil ban dalam.

penggunaan mur ini untuk menggantikan per pada kabel penghubung komponen cbs yang mengaitkan antara handel rem kiri dengan handle rem kanan. kondisi handle rem yang harus kembali untuk membebaskan sistem cbs ditunjang oleh main bebas yang diisi oleh per di bawah master rem ini. main bebas ini akan diganjel dengan mur yang menggantikan posisi dari per sehingga main bebas habis dan menjadikan rem cbs tidak bisa menekan master rem kanan.

perhatikan video Cara Menonaktifkan Rem CBS di bawah ini.





dengan mematikan main bebas dari penghubung kabel ini maka rem kanan tidak akan tertekan oleh rem kiri walaupun rem kiri sudah menarik kabel dengan maksimal maka hanya mengerem bagian belakang saja.

Selain masalah cbs yang belum terbiasa bikin terasa tidak pakem, rem cbs juga akan menemui kendala semakin waktu berjalan. Keausan pada bagian handle ternyata menjadi masalah utama rem cbs ini. Semakin aus dudukan handel semakin main bebas bertambah karena gojaknya ini. Penyetelan rem belakang sudah mentok hampir jadi seret roda belakang tetapi tetap saja rem belakang menjadi dalam.

Rem belakang bermasalah juga dibarengi rem depan yang dalam juga, kausan pada handel menjadikan gojak sehingga rem jadi dalam. belum memaksimalkan tekanan tetapi handel sudah menempel handfat. Hal ini tidak terjadi pada model konvensional karena handel langsung menekan piston. Sambungan yang terlalu banyak pada model cbs ini baik di handle kanan maupun kiri menyebabkan rem dalam dan tidak pakem malah rem jadi seret ketika tidak dilakukan pengereman.

Cara mengakali rem cbs yang semakin tidak pakem berbarengan umur yang semakin tua bisa dilakukan trik sederhana menggunakan plat bekas kaleng penetrant. Cara mengembalikan rem cbs tanpa dimatikan cbs nya masih bisa dilakukan dengan cara video di bawah ini.



Jika dilakukan penggantian handel masing masing kisaran harga 50 ribu rupiah. Jadi dengan cara mengakali dengan ganjel plat ini bisa menghemat biaya 100rb dan jika aus lagi tinggal tambah ketebalan plat nya.

semoga artikel Cara Menonaktifkan Rem CBS bermanfaat!

channel lain untuk belajar teori pada fungsi komponen motor
Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.com 

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/

No comments:

Post a Comment

Popular Post