Saturday, November 26, 2016

Cara ganti ruji dan setel velg roda depan

Ganti ruji untuk motor bebek maupun mati sebenarnya mudah, hanya saja untuk setel velgnya agar lurus itu yag sulit. Mengganti ruji mempunyai perbedaan antara roda depan dan belakang. namun, untuk penyetelan velgnya sama. Terdapat rumus untuk memasang ruji, berbeda antara roda belakang dan depan juga berbeda untuk roda ring 14 untuk matik atau ring 17 untuk bebek dan 18 untuk sport. Jaman kini malah ada yang mempunyai ring 16 dan 19. Mari kita bahas satu persatu bagaimana mempermudah mengganti ruji dan setel velg yang lebih mudah.

Kriteria Permasalahan Ruji atau jari jari

Ruji dikatakan rusak jika patah, macet atau berkarat, kadang melihat rujinyang berkarat sering merasa risi. Ruji berkarat ini biasanya terjadi pada jari jari yang diluar orisinil, awalnya dilapisi chrome tapi karena ya dinaklumi merek dagang murah pasti kualitas pelapisannya jelek.

Ruji memiliki perbedaan pada panjang, besarnya diameter ruji, dan besarnya nipple. Panjang ruji dibedakan berdasarkan ukuran ring roda nya dan besar kecilnya hub. Besar kecilnya diukur dari jenis motornya, motor cub memiliki rujinyang lebih kecil dibandingkan tipe sport demikian pula dengan nipple. Untuk memilih ruji aaltau jari jari yang tepat lebih baik jika ambil sebuah contoh serta nipplenya untuk membeli rui yang baru.

Terdapat dua kelompok dalam sebuah paket ruji, jari jri dalam dan kari jari luar. Namun sebagian untuk tipe tromol tertentu hanya memiliki satu maxam saja. Tromol yang memiliki sejenis jari jari saja sering disebut tromol blimbing, sesuai dengan namanya, bentuknya mirip belimbing yang berbilah bilah.

Untuk model teromol depan supra 125 ini menggunakan jari jari dengan nipplen yang kecil. Sering kali disamakan dengan supra 100 biasa. Jika menggunakan nipple yang besar dipastikan sobat harus memperbesar lobang velgnya atau dengan memaksanya.

Pemasangan Jari Jari





No comments:

Post a Comment

Popular Post