Thursday, November 24, 2016

Perbaikan Motor Matik Getar dan Geret

Pernahkah sobat ngrasain motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150, atau matik lainnya getar? Benar adanya memang terdapat getar pada kecepatan 30 km/jam s.d. 60km/jam. Tapi tidak semua motor matik getar, hanya beberapa yang bermasalah seperti itu. Sekala getarnya pun bervariasi, ada yang sampai boncenger kerasa, ada pula yang bikin kaki semutan.penyebabnya apa sih? Mari kita bongkar, pasangnya kemudian. Kalo gak nyoba bagaimana bisa...

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA
Buka CVT tanpa treker

Menyetel klep dan setting injeksi Honda New Vario 125

Cara matikan speedometer digital honda matik

Tahap 1

Pengenalan Masalah

Apakah masalah yang kita akan perbaiki tentang motor getar ini menunjukkan permasalahan yang sama. Patikan bahwa motor yang dimaksud adalah matik. Dalam hal ini kita akan membahas ruang lingkup di motor Honda Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, Vario 150, injeksi maupun karburator. dalam hal ini tidak dibedakan antara Honda yang ESP atau Idling Stop, Semuanya sama.  Kalo keluhannya berbeda pastinya perbaikannya beda pula. Keluhan ini bagaimana sih? La ini kita kenali dulu. Biasanya permasalahan getar ini nampak pada kecepatan antara 40km/jam sampai dengan 60km/jam. Akan lebih terasa jika pada keadaan jalan datar setelah deselerasi (nglorot gas) kemudian mempertahankan gas maka akan keluar resonansi getaran yang tidak enak. Resonansi ini berlanjut hingga kecepatan pindah ke 80 km/jam maka getaran ini akan hilang.
Pada kasus yang sama ada yang mengatakan dengan sebutan geret ada pula yang mengatakan gredek. Team BDPK (bongkar dulu pasang kemudian) lebih suka dengan kata geret. Jadi seringnya disebut geret geret karena kalo buat jalan ada bagian yang halus / smooth ada yang getar. Masalah ini bisa dijumpai sampai dengan 30 persen motor mengalami hal ini. Dan selebihnya terdapat getaran tetapi rata jadi disimpulkan saja bahwa itu normal karena bisa sembuh dengan sendirinya setelah digunakan diatas 5000 km.

Tahap 2

Pencarian Part Bermasalah

Nah.. sekarang waktunya untuk mencari mana sih part yang bermasalah?. Sebagai catatan, biarkan motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150 dingin terlebih dahulu minimal hangat hangat biar tangan tidak terluka. Permasalah geret ini pastinya bukan dari bagian poros engkel ke atas. Mengapa demikian? Karena jika terdapat keolengan dimporos engkol atau bagian pembuat tenaga maka akan berimbas pada tenaga bukan getaran. Kita persempit lagi. Karena tidak terdapat keluhan pada handling misalnya; oleng, berat,semi, atau banting maka bisa dipersempit bahwa bukan pada pelek ke bawah. Kini tinggal bagian penggerak yaitu CVT atau bagian v belt dan puley. Mengapa kita singkirkan bagian gardan karena permasalahan gardan hanya muncul jika getaran yang dihasilkan rata atau pada semua kecepatan dan tidak berresonansi. Jika pun bersuara maka suara yang ditimbulkan dari motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150 tersebut stabil (mungkin mengeras ketika untuk akselerasi atau beban berat).

Perbaikan keluhan getaran cvt ketika angkatan.
https://youtu.be/OvYr37RHYLA



Sudah didapatkan cvt yang kita sudutkan untuk dijadikan tersangka. Maka apakah v belt yang bermasalah atau drive face atau mungkinkah dirven face. Drive face unruk puli depan dan driven face untuk pulley belakang. Sebelum dibongkar alangkah baiknya motor dihidupkan ketika cover cvt dibongkar. Tidak masalah jika menghidupkan motor dalam kondisi tutup CVT dengan catatan tidak untuk jalan. Untuk tipe motor matik yang belum ESP pada Honda maka tahan pillion starter dengan tangan agar pillion starter tidak lepas.


Perhatikan apaka terdapat permasalahan yang tidak normal, misalnya; suara, pergerakan v belt,  perputaran pulli. Untuk kasus geret ini, akan terlihat v belt bergerak tidak stabil dan cenderung bergelombang secara bergantian dengan amplitudo yang bervariasi yang menunjukan adanya geret ini. Pastikan lagi bahwa ketika diputar maka terlihat poros driven face atau poros belakang oleng ketika berputar. untuk memutar poros belakang cukup dengan memutar roda belakang maka akan terlihat keolengan ini.


Akan tetapi apakah keolengan ini berasal dari porosnya yang bengkok? belum tentu. dan kasus yang banyak terjadi maka keolengan poros hilang ketika mur pully ini dilepas. bisa dengan memgang as poros belakang ini sembari memutar roda belakang maka tidak akan nampak keolengan. Bisa diajukan hipotesis bahwa keolengan berasal dari mur yang ketika dikencangkan akan menimbulkan keolengan.



Untuk memastikan hipotesis ini maka bisa dilakukan dengan menggunakan feeller 0,10 mm atau bisa juga digunakan feeler hingga 0,25 mm untuk mengetahui keolengannya. Caranya mudah, cukup dengan meyelipkan feeler ini antara mur dan ring yang terpasang di poros driven face. Kemudian putar secara perlahan-lahan poros belakang ini dengan memutar mangkoan kampas ganda. Mengapa tidak memutar roda belakang? dikarenakan putaran akan lebih cepat dikarenakan perbandingan gigi yang terdapat pada gigi-gigi gardan. Akan dihasilkan hasil yang mencengangkan, bahawa terdapat celah yang longgar dan celah yang sempit.

Dimpulkan bahawa mur 19 ini oleng. Pastnya akan timbul pertanyaan mengapa tidak menyalahkan mangkoan kampas ganda yang tidak oleng? karena jika diputar tanpa mur ini maka akan terlihat bahwa mangkoan ganda ini tidak oleng. Bagaimana pula bisa sebuah mur tidak lurus alias oleng? dikarenakan proses pemberian lapisan nikel yang putih tersebut terlalu panas alhasil mur menjadi tidak presisi.

Tahap 3

Solusi Perbaikan

Solusi dari permasalahan ini tentu saja dengan cepat kita akan mengganti mur ini. Akan tetapai, apakah bisa dipastikan mur pengganti akan lurus dan persisi? kemudian mudahkah mencari ukuran mur tersebut. tentu sulit mencari mur ukuran 19 dengan drat seukuran mur 14. mengapa tidak kita gunakan mur 14 saja? tentu saja dengan torsi 49Nm bisa merusak drat dikarenakan kekuatan mur 14 lebih kecil dibandingkan mur 19. Dan untuk menjaga mangkoan ganda ini tentunya tidak bisa dipercayakan pada mur 14.

Perbaikan yang digunakan team BDPK dengan meluruskan mur tersebut dengan menggunakan kikir. Bagian mana yang akan dikikir? kikirlah permukaan mur yang menghadap ring yang memiliki celah sempit. Oleh karena itu, mur perlu ditandai dengan tip ex atau juga bisa dengan alat yang tersedia,yaitu dengan kikir bagia yang akan dikikir. Lakukan pengikiran hingga terlihat bahwa hasil pengikiran sobat lebih dalam pada bagian yang sempit untuk menghasilkan celah yang sama.

Apakah hanya sekali saja cukup? setelah dikira cukup, coba dites dulu mas bro... pasang mur dan letakkan feeler diantara ring dan mur. Hasilnya pasti masih terdapat perbedaan celah yang signifikan. maka perhatikan permukaan mur yang masih sempit untuk dikikir kembali. Lakukan beberapa kali hingga menghasilkan permukaan yang sama kerenggangannya. timbul pertanyaan, berapakali proses kikir-periksa, kikir-periksa? bisa sampai 7 hingga 10 kali tergantung dari feeling sobat semua.

Untuk lebih detailnya silakan tonton video berikut ini saja ya...



Perbaikan getaran geret matik honda ijeksi Esp vario, beat, scoopy, maupun karburator karburator

jika tidak berhasil, coba link yang ini,

https://youtu.be/QnhQpmyc1Po

penggantian mangkok atu kampas ganda bisa disubstitusi menggunaan part di bawah ini.
seri mangkok besar
Harga mangkok KVB vario 110 109 rb.
Haga mangkok KWN-901 vario 125 123 rb.
Harga mangkok KWN-900 279 rb.
Seru mangkok kecil
K81 new beat 102 rb
K25 beat fi 114 rb
Kvy beat cw 79 rb

Harga substitusi kampas ganda vario 150
Kwn 132 rb
K35-V00 322 rb
K35-V01 133 rb

Harga kampas ganda Beat
Beat FI 132 rb
Beat ESP K81 129 rb
K44 118 rb
.


Diupdate tanggal 25 februari 2019

namun demikian ada pula kerusakan pada cvt yang membuat angkatan getar. periksa kondisi kampas kopling jika terdapat cipratan minyak berasal dari minyak  Grease dalam puli belakang. minyak ini tidak akan hilang dengan mudah pada kampas dan mangkok koplingnya. penggantian menjadi kampas ganda menjadi solusi utama.

berikut ini video beat yang gerar gredek dan akselerasi lemot.



penggantian part untuk cvt terutama pada seal kruk as dan seal puli di bawah ini.



Tahap 4

Evaluasi

Kayak tes aja ada evaluasinya. Ya tentu saja kalo tidak dievaluasi gimana bisa sembuh. Sebelum ditutup rapat-rapat, dibaut semua baut 8 tutup CVT nya maka akan lebih baik jika dites dulu. Kan gak mau juga bongkar pasang tutup CVT. Pengecekannya terdapat dua faktor, jika dua faktor ini tidak terpenuhi pasti hasilnya tidak maksimal.

Faktor pertama.
Dalam keaadaan mur yang sudah lurus permukaan yang menghadap ke ring mangkoaan ganda maka torsi pengencangan tidak akan mentul. Mentul disini dimaksudkan pengencangan hanya sekali tarikan sudah mendapat torsi yang diinginkan yaitu 49. Untuk pengencangan yang terasa ngaret alias kenyal (mentul ini yang dimaksudkan) maka jelaslah pengikiran belum maksimal. Mengapa demikian? kemungkinan pemeriksaan menggunakan feeler masih belum berperasaan, alias perasaan sobat belum tajam. lakukan pengikiran kembali hingga maksimal.

Faktor kedua.
Jika pengencangan mur 19 ini sudah dirasa mantap tanpa ngaret, pastikan bahwa poros tidak oleng. caranya dengan memutar perlahan lahan poros ini dengan kasap mata maka akan terlihat keolengan ujung poros ini. Apabila masih terdapat keolengan, padahal hasil pengikiran sudah maksimal maka apa yang bermasalah lagi?. Pastikanlah sobat membersihkan kotoran residu pengikiran pada drat mur dengan bersih.

Untuk video Cara Memperbaiki motor matik honda getar - geret - gredek vario beat scoopy vario ijneksi esp
https://www.youtube.com/watch?v=QnhQpmyc1Po

lainnya dapat di buka di link berikut:

https://youtu.be/Il4MIZZW3VM

Jika kedua faktor ini terpenuhi maka akan sobat rasakan tidak ada lagi geretgeret di motor matik sobat. Bilamana hasilnya tidak sesuai harapan maka masihkah ada permasalahan lainnya? Cobalah cek apakah dalam keadaan CVT terbuka masih terdapat pergerakan v belt yang tidak tenang. Jika masih terdapat pergerakan v belt yang tidak stabil dengan kondisi bahwa ujung poros belakang tidak oleng maka bawalah motor motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150 sobat ke bengkel terdekat. Bisa dipastikan keolengan berasal dari movable driven face. bagaimana semudah ini menyimpulkan? Dikarenakan keolengan yang disebabkan oleh mur ini sudah terlalu lama yang mengakibatkan keausan yang terjadi pada dinding dalam movable driven face tidak rata terhapat permukaan driven face.

Team BDPK menyarankan untuk sesegera mungkin jika terasa geret atau getaran tidak normal dilakukan segera perbaikan. Team yakin sobat bisa melakukan sendiri karena alat yang dibutuhkan hanyalah;
1. T8,
2. Kunci Moment
3. sok 19
4. kikir ( kikir halus lebih baik)
5. Feeler, dan
6. Penahan Poros belakang.

Kerusakan pada laher area belakang harus diperhatikan penyebabnya seperti video penggantian laher bambu puli belakang di bawah ini.



Pengalaman penggantian yang berulang ulang menyimpulkan bahwa laher puli belakang ini percepatan keausan atau bunyi yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh kemiringan mur. Semakin miring mur semakin miring pula asnya. Semakin miring as maka tekanan yang tidak merata pada laher puli semakin besar. Dengan diperngaruhi pula oleh tarikan v belt maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan.

Pentingnya mengecek kondisi mur ini hanya dengan feeler sehingga keolengan drive shaft dapat terlihat jika kondisi masih miring. Namun demikian, terdapat pula as yang sudah miring sehingga oleng ketika diputar tanpa mur 19 ini. Penggantian mur sebaiknya uang bukan ori atau mur roda saja yang lebih lurus daripada bawaan aslinya.

Sillakan bongkar saja, tidak akan meledak. Pasang kemudian motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150 kalian, kalo gak bisa tinggal telpon bengkel terdakat...
Silakan Mencoba...

16 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. yg di maksud movable driven face yg mana mas ? movable driven face yg depan atau yg belakang, karena di bagian CVT klo ga salah ada 2 movable driven face (depan & belakang).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Driven face yang diam, movable driven face yang geser,
      Itu belakang semua, kalo depan movable face comp,

      Delete
  3. Gan, kalo mur pada CVT tersebut diganti dengan mur as roda 19 ulir 17 bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas ukurannya sama, silakan dicoba,
      Bantuin like dan share ya....

      Delete
    2. Gejala di atas sembuh setelah saya pake mur roda kunci 19 drat 17. Mantap pak, terima kasih

      Delete
  4. Gan, vario 150 sy jg getar di 40-60kpj. Pdhal Mur puli blk sdh sy ganti dg mur roda depan. Itu knp y gan? Apa kondisi roller yg sdh aus pengaruh jg ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Getar nya konstan atau ada kerasa vibrasi muncul hilang. Ter ter gitu?

      Delete
    2. getarnya krasa mucul ilang klo pas di kecepatan 40 km sampe 70 km itu knapa bang ??

      Delete
  5. Mas bro. Mau tanya, kemaren saya habis ganti kampas kopling ganda sama tali puli dan roller, ternasuk gnti laher2 yg ada di bagian kampas kopling.
    Nah sebelum di servis td getar di kaki hanya ada kceptn 70km/jam. Setelah di servis malah getar dikaki pada keceptan 30 km/jam keatas udah terasa. Apa kasus ini sama kaya artikelnya mas? Untuak getrannya terasa seperti vibrasi. Motor saya beat karbu th 2012. Mohon petunjuknya bos. ��

    ReplyDelete
  6. Masih sama mur 19, mungkin masangnya ini terlalu kenceng jadi efek mirignya tambah kerasa, sebaiknya dilurusin dulu mas, dan pula v belt cuci air biasa seperti saya nyuci belt tidak pwrlu di bongkar

    ReplyDelete
  7. Kalau diganti pakai mur 17 drat 14 apakah bisa?

    ReplyDelete
  8. Gan mau nanya,,
    Vario 125 LED ane kmren habis ane ganti mangkok (yang udah di lubangi pinggirnya) + ganti kampas ganda relineling (kampas lebih panjang dari yang orinya),, dan sebelumnya jg udah pernah ganti roller 12gram + per CVT nya, nah pas pergantian mangkok + kampas ganda kmren motor ane jadi berisik agak kenceng ketika jalan dari 20km/jam ke 25-30km/jam pas di kecepatan itu rasanya gas gak bisa loss ada seperti nahan dr 20km/jam ke 25-30km/jam
    Mohon pencerahannya gan...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya saya jg gt mas ganti mangkok custom sama kampas reniling berisik pake roler 14 gram sekarang roler saya naikin 16 gram gak terlalu berisik

      Delete
  9. Mas mau nanya ,motor baru apa bisa geret di kecepatan 40-60 , soalanya saya hbs beli vario 110 esp baru pemakaian sehari sudah terasa geret2 di kec 40-60 ..

    ReplyDelete

Popular Post