Thursday, November 24, 2016

Perbaikan Sepion Gojak



Spion gojak bisa menimpa siapa saja karena tidak memandang siapa dan apa motor yang digunakan. Masak sepion gitu? Mau belok gak bisa lihat, masih lagi gerak gerak gak jelas. Dalam masalah ini Team BDPK memilih sepion yang paling mahal diantara sepion di Motor Honda yaitu sepion Honda Supra 125 karburator. Sepion yang hampir sama juga digunakan pada Honda Vario 110 lama. Kesamaan dari sepion ini adalah ada tutupnya. 

Berapa harga banderol sepion jenis ini? Harganya fantastis men, Rp. 55.000,-. Seharga ini bisa buat sepion orisinil sepasang men. Itu hanya untuk satu buah sepion bro, kanan, atau kiri saja –boleh beli sebelah saja- dapatnya. Kalo beli mitasi dapat 2 pasang bro. Jadi itulah kenapa perbaikan sepion supra atau vario ini jadi penting. Karna kalo rusak ya gak bisa dipakai lagi kecuali mau diperbaiki dulu. 

Perbaikannya mudah hanya beberapa menit saja, silakan lakukan tahap tahap di bawah ini.

Tahap 1



Persiapkan Alat dan Bahan

Siapkan sepion yang mau diperbaiki, lalu siapkan alat-alat yang dibutuhkan:
1.      T8 (alternative kunci ring 8)
2.      Kunci pas 14
3.      Cutter
Sudah siap? Langsung eksekusi.

Tahap 2



Peerbaikan Sepion

Sepion yang mau diperbaiki lepas dulu cover yang terdapat catnya. Mudah dilakukan dengan mencongkel dengan kuku –sama seperti ketika membuka cover HP atau smartphone belakang- jari kanan atau bisa menggunakan cutter yang sudah disiapkan. Pastikan cover tidak terkena cutter dan penjepitnya dilarang patah. Kalo patah nempelnya jadi kendor, tetapi dengan penjepit  2 saja yang masih utuh cukup biar gak lepas.

Lubangi sepion yang tertutup cover tersebut biar gak kelihatan kalo covernya dipasang kembali. Lubang yang tepat adalah dengan membuat dua buah garis potongan yang menyudup pada bagian pergelangan sepion. Mengap demikian?  Dikarenakan dengan begini sobat tidak perlu baya lubang yang dibuat dan efektif. Kemudian seberapa jauh goresan yang perlu dibuat? Penting jika kedua potongan harus bertemu pada titik yang ditentukan dan yang penting T 8 masuk dengan baik. 


Alternatif yang bisa digunakan jika T8 tidak masuk bisa juga menggunakan kunci ring 8 dengan konsekuensinya buat lubang yang lebih besar. Seberapa besar? Selebar cover tutup sepion dan sedekat mungkin dengan pergelangan sepion. Got it!

Jika kunci T sudah masuk, ya tinggal diputar ke kanan saja dengan tangan kiri memegang batang sepion. Kencangkan baut tersebut hingga seberapa kuat pergelangan tersebut anda inginkan. Apakah bisa merusak sepion jika dikuatkan? Tidak bro, hanya jika terasa macet atau berat, kasih minyak pelumas dulu.

Untuk melihat video tutorialnya silakan lihat video di bawah ini…

https://www.youtube.com/watch?v=PYa12NfaGtM

 

Tahap 3



Pemasangan

Sepion sudah kencang maka langkah selanjutnya benarkan potongan tadi serata dengan sepion kembali. Kemudian langkah terakhir memasang tutup sepion, selesai. Oh no… sepionnya gak bisa diputer dengan bebas? Mudah saja kendorkan lagi sepionnya dengan T8. Mungkin yang akan terjadi adalah patah cover sepionnya. Untuk perbaikannya cukup dengan lem G atau Alteco hanya pada bagian kait covernya saja…. Biar rapi…

Pemasangan ini menjadi tahap yang penting dikarenakan dengan memasang sepion dengan sudut yang benar maka sepion tidak mudah kendor… jamin dah. Yang benar seberapa derajat pasangnya?  Yang terpenting adalah bahwa daun sepion alias kacanya lurus terhadap batang sepion. Kalo diperhitungkan maka batang sepion sekitar 5 derajat hingga 10 derajat di depan  grip handle atau stang jika dilihat dari atas. Hasilnya baik jika tanpa menggerakkan pergelangan daun sepion maka sudah terlihat dengan tepat motor yang dibelakang. Terus apa gunanya pergelangan kalo gak digerakkan? Tetap digerakkan bro tapi hanya memutarnya sesuai dengan kebutuhan dan dilarang keras menggeser pergelangan ya bro… biar awet…


Selesai sudah cara memperbaiki sepion, tinggal pasang saja di motor supra 125 atau vario 110 sobat. Silakan mencoba…! Bongkar saja, pasang kemudian…

No comments:

Post a Comment

Popular Post