Thursday, November 24, 2016

Matik Goyang Perbaiki dengan Setel Komstir

Sering ngrasain motor goyang-goyang pada vario 125 atau 150 yang terbaru? Goyang tersebut biasanya dirasakan seperti motor sulit dikendalikan. Banyak pelanggan bengkel yang mengeluhkan motornya kerasa berat dibelokkan dan sebagian merasakan motor sulit dikendalikan. Team BDPK lebih meyakini menaiki motor dengan keluhan seperti ini layaknya motor kena ombak laut. Sebelum memulai perbaikan keluhan motor goyang, pastikan bahwa memang yang sobat rasakan adalah komstir yang kendor. Langsung saja ke tahap pertama

Tahap 1


Pengenalan Jenis-Jenis Goyang

Goyang pada motor yang sering dirasakan pengguna motor vario 125 atau vario 150 bisa dikategorikan berdasarkan part yang bermasalah. Perbedaan ini lebih mudah, kenapa? Karena yang terpenting untuk pengguna adalah sembuh. Untuk memperbaiki maka kita butuh part tersangka yang harus dilengserkan. Terlebih dulu untuk mengencangkan baut baut pada kaki kaki untuk memastikan gara gara baut kendor pusing pale ente…
Part apa yang bisa menyebabkan goyang? Cek langsung…
1.
      Laker roda/ bearing
Keolengan dari laker atau bearing yang rusak bisa dirasakan dengan mudah hanya dengan mendorong motor dengan stang dibelokkan sehingga melingkar. Dalam kondisi laker rusak maka motor lebih berat didorong ketika dibelokkan ketimbang ketika lurus. Untuk kondisi dikendarai maka terasa motor kadang terasa tertarik ke arah kiri atau ke arah kanan dengan intensitas dan waktu yang tidak tetap.
Diantara keluhan oleng, paling mudah menentukan kerusakan laker. Hanya dengan menggerakkan ban depan atau belakang tegak lurus terhadap putaran ban sudah dapat diketahui laker tersebut gojak atau tidak. Untuk kasus laker yang rusak terlalu parah maka tanpa menggerakkan roda sudah bisa diketahui bahwa laker tersebut rusak atau tidak. Cukup dengan melihat pada bagian poros velg, jika terdapat karat yang tercecer dari pusatnya pastilah laker sudah rusak parah.

2.      Velg
Ketika dikendarai, keolengan velg mudah dikenali dengan jalan 20 km/jam s.d. 50 km/jam. Stang akan terasa goyang rapat sekali hingga pada setang akan terasa mirip dengan keder jika kecepatan semakin dinaikan. Mudah sekali mengenali velg oleng kan? Cukup dilihat pada bibir velg tempat ban dipasang.

3.      Ban
Keolengan ban bisa dikenali mirip dengan keolengan velg, hanya saja akan jadi permasalahan yang rumit jika velg yang digunakan jari jari bilamana pada motor bebek spoke. Keolengan velg yang sedikit apakah akan berpengaruh hingga pada ban yang goyang. Maka sobat akan stres membedakannya tetapi tidak demikian dengan honda vario.

Dengan makin banyaknya motor yang keluar dari pabrik, sangatlah mungkin pembuatan ban semakin cepat. Kecepatan ini sering menyebabkan kualitas ban menjadi buruk, tidak sedikit ban yang mudah oleng meskipun batikan atau garis garis ban masih dalam alias ban masih tebal. Ceknya mudah, putar ban saja ban sembar melihat keolengan yang terjadi. Bagian yang paling mudah untuk mengenalinya adalah garis tengah ban. Dengan memastikan bahwa velg tidak bengkok atau goyang dan kondisi garis tengah ban berliuk liuk, dapat dipastikan ban oleng.

Beberapa jenis ban menjadi petaka pembawa goyang khususnya ketika belok seperti ban pada review di bawah ini!




4.      Bos Mesin / bantalan mesin
Mengenali kerusakan bos atau bantalan mesin bisa dibilang sulit karena untuk vario 125 dan vario 150 terdapat 6 bos yang bisa berpengaruh terhadap keluhan goyang. Goyang sering dirasakan dengan tertariknya ke salah satu arah saja dan bunyi pada sekitaran mesin jika melewati jalan yang tidak rata. 2 buah bos pada ujung shock breaker belakang, dua pada link engine hanger, dan dua lagi pada mesin yang berkaitan dengan link engine hanger. Termudah dikenali pada bos mesin, cukup dilihat maka sudah terlihat kondisi bos mesin tersebut. Untuk bos link engine hanger, dapat dipastikan tidak bermasalah dikarenakan kontruksinya lebar sehingga lebih awet. Mengenali bos shok breaker belakang gojakk termasuk sulit, karena harus dengan menstandar tengah sembari menjatuhkan ban belakang ke lantai untuk merasakan gojak pada bantalannya.

5.      Komstir kencang
Gejala ini dapat dirasakan dengan berjalan pelan, sobat akan merasakan bergerak sendiri ke kanan dan kekiri. Jika motor berat ke kiri kemudian sobat coba tari kekanan, maka motor akan tertarik ke  kanan-kiri-kanan lagi hingga berulang-ulang. Jika terkena angin dari bus atau truk arah yang berlawanan maka motor akan sangat tidak setabil. Komstir kencang mudah dikenali dengan memposisikan motor standar tengah. Turunkan ban belakang hingga menyentuh lantai agar ban depan bebas. Putar stang kearah kiri dan kanan. Komstir yang terlalu kencang, stang tidak terasa berat jika dibelokkan penuh dan atau stang tertahan ditengah. Jika stang tertahan di tengah maka ketika digerakkan dari kiri ke kaanan atau sebaliknya maka pada pergerakan melewati stang lurus, akan terasa tertahan.

Tahap 2

Penentuan permasalahan

Dari keterangan jenis-jenis oleng di atas, pasti bisa membayangkan oleng yang diderita motor vario sobat. Dengan urutan di atas, untuk motor di bawah 20.000 km pasti permasalahan terdapat pada komstir. Karena memang untuk komstir setiap 5.000 km perlu disetel (bukan berdasarkan perawatan berkala) berdasarkan pengalaman. Lakukan langkah ke 5 dengan baik maka  dapat disimpulkan bahwa komstir terlalu kencang. Akan muncul pertanyaan, mengapa komstir bisa kencang? Kenapa tidak kendor? Jawabannya akan diuraikan pada tahap penyetelan.

Tahap 3
Siapkan Alat yang dibutuhkan
Alat yang dibutuhkan hanya 3 saja untuk proses setel komstir ini, sebagai berikut.
1.      Obeng plus
2.      Obeng min besar
3.      Palu besi
Kok gak ada alat untuk menyetel komstirnya sendiri? Karena ini tutorial untuk bagaimana cepatnya, dan pastinya sobat gak punya alatnya. Kita ambil jalan paling mudah dan cepat sehingga alatnya pun bisa dikurangi.

Tahap 4

Penyetelan Komstir


Posisikan motor pada standar tengah dan buka terlebih dahulu 2 baut pada front top -dasi- atau cover dudukan plat nomor pada bagian belakang di bawah setang. Tidak perlu melepas plat nomor karena dudukan plat nomor hanya menempel pada front topnya saja. Setelah baut terlepas maka tarik bagian depan front top. Letakkan tangan sobat di depan plat nomor dan tarik tegak lurus terhadap cover lampu. Akan terdengar suara klik maka klip sudah terlepas, kemudian tinggal tarik kedepat melawan arah arah baut belakang.
Pelajari bahwa terdapat dua buah mur pada komstir dengan sebuah ring di antaranya. Mur atas berbentuk hexagonal (segi 6) sedangkan mur bawah berbentuk seperti gerigi besar. Ambil obeng minus besar pada tangan kiri dan palu tangan kanan. Ketok mur bawah terlebih dahulu kearah kiri –berlawanan arah jarum jam dari atas- yaitu sebelah kanan dari komstir hingga mentok. Yang dimaksud mentok jika suara yang timbul dari hantaman palu menjadi berat.

Ada pertanyaan, mengapa dikencengkan mur bagian bawah ke atas? Inilah ciri khas honda matik, saya tidak tahu persis kenapa hal ini bisa terjadi. Tapi kasus mur kendor ini sering terjadi malah pada motor motor kilometer rendah, brojol dari pabrik. Dan akan berulang lagi kilometer 6000 an. Selain tidak nyaman dikendarai komstir yang kenceng dengan sendirinya ini, juga akan bermasalah komstir akan cepat aus.
Untuk video tutorianya sebagai barikut:

https://youtu.be/uk3TztojDJ8



Proses di atas bisa dianggap selesai… Alhamdulillah. Dengan syarat, pada kondisi ban depan terangkat, stang tidak seret jika dibelokkan maksimal ke kanan atau ke kiri dan tidak terdapat ganjalan pada posisi setang lurus. Dengan demikian, jika masih terdapat salah satu permasalahan tersebut maka proses akan lebih panjang. Langkah selanjutnya begimana?
Putar mur bawah (gerigi) pada komstir dengan obeng min dan palu di kanan kearah kanan-searah jarum jam hingga posisi gerigi bertukar disebelah kanannya-untuk tujuan mur atas lebih kendor. Cobalah pukul mur yang di atas berlawanan arah jarum jam (kendorkan) cukup satu bidang hexagonal saja. Dengan arah yang sama lakukan pada mur bawah hingga muncul suara berat. Kemudian cek hasilnya seperti paragraf “Proses dianggap selesai…” di atas dan akan berulang lagi jika stang masih kencang. Akan tetapi pada proses ini biasanya sudah selesai.
Untuk video nya silakan lihat di vlog kami di


Belum selesai sampai point ini, mungkin stang sudah kendor. Akan tetapi, apakah stelan komstir tidak terlalu kendor. Ngeceknya mudah, turunkan standar kemudian pantulkan sok depan sekuat tenaga –tarik tuas rem depan untuk pantulan yang maksimal- hingga muncul suara jedok pada bagian komstir. Setelan dianggap baik jika tidak terdengar suara jedok tersebut.
Bilamana terdengar suara jedok maka komstir perlu disetel kembali. Kencangkan komstir dengan mengendorkan dulu mur geriri (bawah) searah jarum jam. Dengan arah yang sama putar mur atas setengah bidang hexagonal –setengah dari pengencangan di atas- untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kencangkan mur bawah terhadap mur atas dengan memukul mur bawah ke kiri-semakin menekan mur atas- untuk mengencangkan penyetel komstir tersebut.

Penyetelan di atas akan menimbulkan beberapa kemungkinan:
Kemungkinan pertama
Setang dirasa tidak terganjal pada posisi lurus dan mampu dibelokkan penuh tanpa hambatan. Dan kemudian apabila dipantulkan sok depan tidak terdenar suara jedog pada komstir maka disimpulkan penyetelan berhasil.
Kemungkinan kedua
Setang dirasa masih terganjal pada posisi lurus dan mampu dibelokkan penuh tanpa hambatan. Dan apabila dipantulkan, sok depan terdengar suara jedog pada komstir maka penyetelan selesai dan sobat berhasil menganalisa keausan komstir. Di mana komstir sudah tidak bisa lagi disetel dengan benar maka ganti komstir dengan yang baru.

Tanggal masih muda tapi uang tinggal receh… pilihan mana yang harus dipilih pada kondisi komstir aus? Setel kendor saja biar aman dan tidak mengganggu pengendaraan sobat. Efek suara komstir “jedog” ketika pengereman atau jalan yang tidak rata tidak akan membuat komstir patah. Sekedar suara saja yang tidak nyaman… bolehlah.

Komstir yang sudah rusak bisa dilihat dan dipahami ciri cirinya seperti video di bawah ini.


Silakan mencoba penyetelan komstir di atas, mudah saja… bongkar dulu… pasang kemudian…. Selamat mencoba.

 Pembahasan penyetelan honda beat melalui link di bawah ini.
http://bongkardulupasangkemudian.blogspot.com/2016/11/cara-setel-komstir-honda-beat-all.html

Terakhir yang bisa menyebabkan motir goyang atau oleng berasal dari segitiga yang bermasalah. Segitiga bisa miring dikarenakan tekanan yang besar dari kecelakaan yang besar. Untuk mengatasi segitiga miring harus dipress baik dengan hidrolik maupun panas. Namun demikian biaya yang dikeluarkan cukup besar bisa sampai 500 rb rupiah. Sebagai cara cepat pres segitiga yang terlihat miring bisa dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

https://youtu.be/cPoy_sfEFrM




semoga artikel ini bermanfaat

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel
blog
http://www.rumputteki.online

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputtekihttps://www.youtube.com/rumputteki


2 comments:

Popular Post