Friday, August 11, 2017

Cara Memasang Roller Beat dan Vario yang Benar

Roller dalam kaitannya dengan masalah tenaga memiliki pengaruh yang signifikan. berat roller mempunyai pengaruh yang besar hanya beda 1 gram saja sudah dapat dirasakan perubahan tenaganya. dalam kaitannya pemasangan, dengan pemasangan yang salah akan menyebabkan pengaruh pula ke tenaga yang dihasilkan. dan tentu saja pengaruh yang besar terhadapat pengaruh keawetan yang signifikan jika Cara Memasang Roller Beat dan Vario yang Benar dilakukan sesuai buku pedoman.

permasalahan yang sering dihadapi pada roller ini adalah kurang perawatan. jadwal pembersihan untuk bagian cvt adalah 8 rb km sekali dengan tentunya dengan Cara Memasang Roller Beat dan Vario yang Benar. perawatan jarang dilakukan dan ketika dilakukan malah dengan cara yang salah maka hasilnya juga tidak sesuai harapan. tenaga tidak dapet dan roller cepat aus.

baca juga artikel lain.

Cara Memasang Roller Beat dan Vario yang Benar tidak berbeda antara keduanya. dengan ukuran roller vario yang lebih besar dibandingkan beat tetapi dalam metode pemasanan tetap sama. pemasangan di lakukan dengan membersihkan bagian roller dan rumah roller dengan seksama dan pula memastikan pieceslide masih bagus. pasang roller dengan bagian sisi yang lebar sebagai tumpuan gaya sentrifugal.

pemasangan roller degnan mengarahkan beban roller terbesar ditimpakan pada bagian sisi roller yang lebih lebar agar tekanan yang dihasilkan tiap luasan mm nya lebih merata sehingga tekanannya lebih ringan. ketiak dalam kondisi rumah roller menghadap atas ketika akan dilakukan pemasangan roller maka sisi yang lebar ini diletakkan melawan arah jarum jam.

lihat Cara Memasang Roller Beat dan Vario yang Benar di bawah ini.



dalam pemasangannya tidak hanya arah tetapi maintenance juga perlu diperhatikan. lebih  jelasnya untuk pasang roller motor matik Honda di bawah ini.



Dengan Cara Memasang Roller Beat dan Vario yang Benar maka roller akan bergerak dengan bebas dan pastinya akan lebih awet. cobalah bandingkan dengan posisi kebalikannya pasti roller akan cepat peyang karena roller sulit berputar.

kesalahan fatal yang sering dijumpai adalah pemasangan roller menggunakan grease. memang dalam kaitan denan tujuannya adalah agar roller dapat berpindah degan muda ketika dilakukan percepatan. dikarenakan licin ini maka roller tidak mau berputar maka hasilnya roller akan aus sebelah.

Ukuran roller antara vario dan beat karbu maupun injeksi sama berat dan dimensinya. Akan tetapi, roller beat esp dan seri esp 110 cc lainnya memiliki ukuran yang berbeda yakni 15 gr lebih berat daripada vario 2 gram masing masing rollernya. Berbeda pula dengan vario 150 dengan berat yang hampir sama 15,5 gram tetapi memiliki dimensi diameter dan lebar yang lebih besar. Roller yang lebih dimensinya sama yaitu dengan vario 125 led namun neda kembali dengan roller vario 125 old yang memiliki berat 18 gr.

Jelas adanya antara roller vario 125 dan vario karbu memiliki besar perbedaan pada dimensinya dalam diameter dan pula lebarnya. Namun demikian dengan pengikisan pada teflon lebarnya, roller vario 125 dan 150 bisa muat ke dalam vario 110 atau beat esp. penggunaan berat yang hampir sama misalnya antara vario 125 atau 150 Led ke dalam beat esp mungkin bisa menjadi solusi menaikan top speed. Dengan diameter yang lebih besar maka akan mengasilkan perbandingan yang lebih kecil antara belakang dan puli depan. Dari segi tenaga akan terjadi pengurangan tenaga di awal namun akan lebih enteng di atas. Mungkin demikian?

Pada kesempatan ini saya bereksperimen mengganti roller vario 110 karbu dengan roller varion125 lawas. Dengan berat dan ukuran yang lebih besar, bagaimana dalam hasil tenaga yang dikeluarkan? Cek video di bawah ini.


 https://youtu.be/q0nOafmcDB8

Dengan hasil ini bisa dilakukan kenaikan performa dengan penggunaan roller vario 150 yang lebih ringan untuk mengatasi tenaga bawahnya. Bagaimana hasilnya, tetap staytuned di rumput teki, tunggu eksperimen selanjutnya.

Eksperimen selanjutnya pada vario 110 saya dengan mengurangi berat roller. Roller bawaan motor yang 13 gr dikurangi 2 gram masing2 rollernya sehingga berkurang 12 gr. Keterbatasan dana maka dikurangi roller sebiji seberat 13 gr. Dengan ini maka akan terhadi kesanaan berat hanya selisih 1 gr saja. Tenaga yang dihasilkan seperti halnya roller 11 gram pada masing masing rollernya.

Simak video eksperimen roller pake 5 biji di bawah ini sebagai modal pemikiran sobat yang bermaksud menurunkan berat roller.


 https://youtu.be/q0nOafmcDB8

Hasilnya memang menakjubkan. Angaktaan terasa ringan sampai dengan kecepatan 90 masih bertenaga. Namun demikian unuk keluar dari kecepatan 90 ini agak sulit. Terasa mentok gasnya tinggal gereng saja. Dan pastinya ketika motor diajak santai akan terasa tidak nyaman karena tenaga yamg disimpan roller terasa berlebih.

Eksperimen lepas roller satu ini lebih cocok untun tutup buka gas tentunya di daerah perkotaan. Dengan beban berat pembonceng mungkin menjadi solusi yang oke untuk keseharian. Namun demikian efek yang ditimbulkan roller 5 biji ini masih menjadi pekerjaan rumah. Dalam kesempatan lain akan saya buka roller 5 biji ini dan bagaimana kondisi yang dihasilkan.

Lebih lanjjut eksperimen dengan permainan di sektor roller dengan biaya nol rupiah berlanjut. Kali ini roller dikurangi 3 biji sehingga menyisakan roller 3 saja. Dari awal roller 13 gr kali 6 yaitu 78 gr sekarang menjadi 13 gr kali 3 yaitu 39 gr. Penggunaan roller ini bisa diperkirakan menjadi roller 7 gr tiap rollernya. Dan hasilnya seperti video di bawah ini.



Dengan borosnya bensin yang dihasilkan motor karena penggunaan roller yang lebih ringan, maka perlu disiasati penggunaan roller yang berat untuk menghemat bahan bakar. Hal ini sangat dibutuhkan misalnya untuk motor matik berkarburator yang pastinya sangat boros bensin.

Aplikasi roller lebih nerat pada motor dengan roller yang lebih ringan ditampilakn pada video di bawah ini.


https://youtu.be/JqoTZPLTako

Penggunaan roller yang ringan pastinya akan menjadikan motor lebih bertenaga karena lebih menahan putaran mesin. Begitu pula roller yang mulai aus, v belt berkurang ketebalannya dan pastinya ban belakang yang berkurang diameternya. Semua part tersebut mengalami keausan yang menyebabkan bensin semakin boros walaupun tenaga yang dihasilkan semakin meningkat.

Solusinya maka bisa dilakukan penggantian roller yang lebih berat agar cepat merenggang sehingga tenaga mulai diuraikan untuk mengahsilkan putaran rida yang lebih tinggi. Memang ada kelemahan munculnya tenaga yang menurun. Akan tetapi, penurunan yang dihasilkan masih bisa dianggap normal layaknya honda beat esp yang sering dirasakan kurang tenaga di bawah daripada beat fi. Namun demikian konsumsi bahan bakar semakin irit.

semoga artikel Cara Memasang Roller Beat dan Vario yang Benar ini bermafaat
Rtch mantap!

7 comments:

  1. Kalo cara pasang bos pully depan,itu yg ada ulir coakan di bagian dalam itu di posisikan di bagian dalem apa di luar mas yg bener nya

    ReplyDelete
  2. Min cara ganti pully depan honda beat harus bongkar mesin ga ?

    ReplyDelete
  3. Mas klo ukuran dimensi roller utk semua tipe matic honda sama? Kecuali vario 150. Kebetulan py saya scoopy esp ring 12

    ReplyDelete
  4. Mas bro mw tanya nih mas kalo Vario 125 yg LED semua kelistrikan normal mas bro terus lampu mil nya ga hidup dan klo di starter dia ga mw nyala meskipun di engkel tetap jg ga mw nyala mas bro,.kira2 apa penyebab nya ya mas bro??? Tolg donk info nya soalnya udh hampir 2 Minggu motor ga hidup,.makasih

    ReplyDelete
  5. Kalo roller beat di pasang di vario 150 bisa aja kh bro

    ReplyDelete

Popular Post