Tuesday, August 8, 2017

cara pasang komstir beserta tips berhasilnya

motor sudah terasa berat pada pergerakan stangnya kemudian masih ditambahi dengan bunyi jedog ketika dilakukan pengereman. hal ini merupakan indikasi kerusakan dari komstir. dalam kondisi ini motor pada kapasitas berbahaya perlu dilakukan penyetelan dengan pengendoran komstir untuk memberikan keamanan. dengan penyetelan maka yang komstir akan ringan tetapi bunyi semakin keras. dalam tingkat ini motor aman tetapi suara yang ditimbulkan bikin tidak nyaman.

untuk melakukan penyetelan komstid bisa di lihat pada link link di bawah ini. 

dalam hal pelepasang pasti semua sudah mengerti, yang pasti adalah pembukaan cover depan dan pembebasan rem cakram dan tentunya kabel speedometer. lepas stang dari segitiga dan biarkan menggelantung tidak masalah. pastinya sok tidak perlu dilepas untuk mempersingkat waktu sekedar bagian yang menempel pada shock depan saja.

kemudian dalam pelepasan dudukan laher pada segitiga bisa digunakan obeng minus yang diketok menggunakan palu. dan untuk melepas bantalan laher komstir yang berada pada rangka bisa digunakan bekas as shock depan. lakukan dengan pemukulan yang berpindah pada sisi sisnya agar pelepasan lebih mudah. tekanan pada setiap sisi harus sama agar bantalan tidak pecah dan tidak merusak dudukannya.

dalam pemasanan yang perlu dan sangat diperhatikan adalah masuknya bantalan pada dudukan di rangka. harus dipastikan masuk tepat maksimal pada dudukannya. untuk memastikan ini perlu pengalaman dalam hal membedakan suara pukulan yang timbul dari suara nyaring hingga teredam. kemdian hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan laher ini harus menggunakan bekasnya. oleh karena itu dalam pelepasan jangan sampai pecah.

penggunaan bantalan  bekas ditujukan agar pemasangan tidak merusak bantalan baru karena pukulan palu dan tekanan yang tidak merata. demikian pula bantalan pada segitiga harus menggunakan bantalan bekasnya juga sama tujuannya agar tidak merusak bantalan baru.

setelah bantalan terpasang maka langkah selanjutnya untuk cara pasang komstir beserta tips barhasilnya yaitu dengan memasang bola baja dengan jumlah yang benar yaitu 29 untuk bantalan yang bawah dan 23 untuk bantalan yang atas.

cek video cara pasang komstir beserta tips berhasilnya di bawah ini.


https://youtu.be/D8HXIjd2iwI

dalam pemasangan segitiga komstir ke tempatnya harus diperhatikan kondisi dari bola baja pada bagian bantalan atas. dalam hal ini sering ditemui kondisi pemasangan yang sering mengalami kegagalan yaitu bola baja keluar dari jalurnya. perlu dilakukan oleh dua orang untuk memasang segitiga dan mengulir murnya. pemasangan ini dilakukan dengan seorang memgangi segitiga dan lainnya memutar mur komstir.

lakukan pengencangan pada mur komstir bawah ini hingga komstir terasa berat saat dibelokkan. kemudian pasang ring pembatas dan pastikan masih terdapat tonjolan dan pasang mur yang di atasnya. pada langkah ini dikatakan tidak mengalami kendala jika terdapat main bebas stang pada komstirnya paling tidak 1 mm.

Untuk lanjutan dari video di atas lihat vieo di bawah ini.



pasang semua part dari stang sampai dengan ban tanpa dengan covernya untuk memasikan berhasilnya pemasangan lakukan pengecekan dengan menggerakkan stang ke arah mentok kanan dan kiri terasa bebas. dan dalam kondisi ini motor jika di rem mendadak tidak terasa bunyi jedog.

Berikut ini contoh kesalahan yang terjadi pada penggantian komstir yang mengakibatkan stang terasa kencang dan masih bunyi jedog. Pada umumnya gejala yang dirasakan oleh pengguna berupa tidak ada perubahan yang terjadi antara sebelum dan sesudah penggantian. Keluhann umum konstir seperti goyang, gleyor, bunyi jedog, sulit dikendalikam, masih dirasakan.

.

Part yang digunakan yang sudah pasti baik hasilnya pastinya yang original tetapi dengan banyaknya pemalsuan komstir seperti pada ulasan di televisi nasional berakhir pada kebingungan. Tanda komatir asli dan palsu bisa dibedakan tetapi memang sulit. Namun demikian tidak separah seperti yang sudah pernah diulas bahwa dari 5 hanya 1 yang orisinil. Hal ini perlu dipelajari lebih lanjut untuk mempelajari part yang asli dan palsu seperti video di bawah ini.

bn)

demikian artikel cara pasang komstir beserta tips berhasilnya ini semoga bermanfaat.

follow instagram kami @rumputtekichannel

1 comment:

  1. Mas bagusan pake komstir bambu apa komstir biasa yg ori buat vario125. Kelebihan dan kelemahannya apa ya buat komstir bambu dan ori?

    ReplyDelete

Popular Post