Monday, October 30, 2017

Mangkok Ganda Aus Bikin Tarikan Ngeden

mangkok ganda aus membuat tarikan ngeden dan terasa motor tidak lekas beranjak ketika awal bukaan gas. motor sudah boros tidak bertenaga pula. segera cek kondisi kampas ganda dan mangkok gandanya. kampas ganda yang aus menyebabkan tarikan terasa gerung dan pula Mangkok Ganda Aus Bikin Tarikan Ngeden.

keausan pada mangkok kopling ganda motor vario atau beat terjadi dengan beberapa kondisi. terdapat mangkok kampas ganda yang ausnya bergaris ada pula yang menjadi bening, dan pula terdapat yang tidak merata. kondisi ini menyebabkan efek yang berbeda pula untuk masalah mangkok kampas ganda yang aus tidak merata bisa cek artikel di bawah ini.


untuk mangkoan yang aus bergaris bisa timbul suara cit cit seperti video di bawah ini.

 https://youtu.be/MfttJ_NNINs

untuk mempercepat dalam menghilangkan keausan mangkok ganda yang bergaris maupun yang tidak merata bisa dilakukan dengan pengamplasan dengan amplas kasar dengan menggesekkan pada bidang kampas pada mangkok ganda yang diputar di as driven shaft nya sehinngga tidak perlu capek capek mengsosokkan .

cara untuk menghaluskan kembali mangkok ganda ini lebih efektif lagi jika dilakukan pembubutan sehingga menghasilkan permukan yang rata sesuai harapan. untuk cara yang bisa dilakukan sendiri dirumah hanya bermodal amplas saja bias dilakukan seperti video di bawah ini. Namun minyak yang dihasilkan oleh grease cvt yang  rembes harus dicuci dengan beraih terlebih dahulu sampai kering akan minyak.

Permasalahan kampas ganda yang aus dan rerkena minyak harus ditangani dengan bener seperti video di bawah ini.


 https://youtu.be/he7kcV12NW4

dengan cara ini tentu tidak akan melelahkan tapi memang kondisi mangkoan akan lebih baik lagi jika dilakukan pengamplasan dengan ampals yang lebih halus. pengamplasan dilakukan istirahat sesekali agar tangan tidak kepanasan ketika memegangi mangkok kampas ganda.

Permasalahan yang sering dihadapi selain keausan mangkok adalah keausan sari kampas ganda. Kampas ganda aus walaupun belum habis akan menyebabkan tarikan awal motor matik menjadi lemot. Mesin meraung tetapi motor tudak berjalan. Hal ini diakibatkan jarak antara mangkok yang sudah ada keausan ditambah keausan pada kampas ganda menyebabkan jarak yang melebar antara kampas dan mangkok. Hasilnya kaitan kampas ganda dan mangkok membutuhkan putarab yang lebih tinggi untuk menghasilkan gaya sentrifugal yang cukup.

Untuk mengatasi keausan kampas ganda yang masih sayang untuk diganti ada beberapa cara. Cara pertama paling sulit memantek atau membuat patokan antar kampas ganda. Untuk mewujudkan ini membutuhkan bor dan baut. Cara yang lebih mudah dilakukan dengan mengganti per sentrifugal pada ketika kampas gandanya dgn rpm yang rendah. Lebih sederhana dengan membuat jeda diantara pernya dengan mencongkel menggunakan obeng minus. 2 tempat pada setiap per sudah cukup. 3 congkelam sudah bisa membuat motor sangat responsif sehingga butuh putaran stasioner yang lebih rendah.

Namun demikian, pencongkelan lebih dari 3 tempat pada per sentri bisa membuat ban belakang ikut muter dengan kondisi stasioner yang kecil pun. Sebagai efeknya, kampas ganda akan cepat aus karena selalu menggesek mangkok. Juga sedikit berbahaya karena tenaga mesin langsung terasa di ban ketika motor berhenti. Selipnya kampas dan belt pasti bikin mesin lebih panas pula.

Berikut ini contoh modifikasi congkel per sentri yang terlalu renggang, malah unfaedah.




Untuk mengembalikan per ke posisi awal sulit juga, tapi mininal bisa lebih rapet dengan cara dipanaskan.  Cara ini bisa juga digunakan untuk merapetkan kembali per lain, seperti per skep.

Cara yang lebih aman bisa mengganjel karet dumper kampas ganda dengan karet atau selang sehingga membuat kampas ganda lebih mendekat pada mangkoknya. Pengganjelan bisa mencapai 2 mm untuk hasil yang maksimal. Cara ini saya lakukan pada motor saya sendiri agar saya tidak kerepotan untuk penggantian per jika dilakukan penggantian kampas ganda selanjutnya. Tentunya hal ini palig aman maka cek video di bawah ini.


 https://youtu.be/F39dfh1hxRY

Cara ganjel karet ini selain bikin awalan responsif juga bisa suara tek tek ketika awalan juga berkurang. Malah bisa dibilang hilang sama sekali. Hal ini bisa terjadi karena timbulnya suara tek tek ini diawali dari suara kampas ganda yang terkena gaya sentrifugal menatap mangkok. Kelonggaran kampas ganda terhadap dudukannya membuat hentakan suara keras. Dengan mengurangi jarak kampas ganda dan mangkok suara hentakan ini teredam hingga tak terdengar.

Berikut hasil dari suara tek tek awalan kampas ganda yang didiagnosa ketika cvt tanpa tutup terdengar jelas menjadi tanpa bubui tek tek dengan cara diganjel.



jika sobat gak mantep dengan kondisi selang di dalemnya, ini video pembuktian selang ini masih aman.
https://youtu.be/8vjFS6q4sdw

selang tersebut tidak rusak, lonyot kena panas mesin ataupun hilang. dn malah saya ganjel lagi biar lebih enteng awalannya.

semoga artikel Mangkok Ganda Aus Bikin Tarikan Ngeden ini bermanfaat untuk semua khalayakk!selamat mencoba.

2 comments:

  1. Punya sya habis amplas mangkok ganda dan kampas ganda tarikan awalnya kok jadi berat ya?

    ReplyDelete

Popular Post