Saturday, February 4, 2017

Cara membersihkan throttle body vario 125

Cara membersihkan throttle body vario 125 menggunakan bensin audah bisa. Untuk hasil maksimal menggunakan carburator cleaner. Carburator cleaner sangat ampuh untuk memberaihkan throttle body namun menggunakan bensin juga bagus hanya sabar sedikit saja. Sesekali sobat harus buka bagian penting ini. Pasti setelah dibersihkan tarikan jadi enteng.

Throttle body merupakan pengganti karburator pada motor konvensional. Namun fungsinya hanya untuk memproses udara saja dan urusan bensin sudah ada pada injektor. akan tetapi kerja injektor ini juga tergantug oleh throttle body. Fungsi throttle body ini sangat signifikan terhadap campuran bahan bakar yang akan dimasukkan ke dalam mesin.

Baca juga artikel lain
Penyebab getar pada matic honda beat, scoopy, dan vario

xpada throttle body vario 125 ini terdapat beberapa sendor penting dalam menentukan debit bahan bakar yang akan disemprotkan oleh injektor. yaitu posisi throttle yang sangat berpengaruh terhadap jumlah bahan bakar injektor. kemudian idle sistem yang berguna mengatur putaran stasioner mesin manjadi langsam. keudian di manifold sendiri terdapat injektor yang dipengaruhi beberapa sensor penting, mulai dari jumlah debit bahan bakar yang dikeluarkan dan waktu penyemprotan.

kerak kerak pada trhottle body akan menyebabkan suplai udara yang akan dibakar mesin tidak maksimal. begitu pula putaran mesin stasioner akan terganggu karena kerak pada bagian idle sistem. sehingga jangan menganggap remeh bagian ini.

untuk membersihkan perlu berhati hati pada bagian injektor yang terdapat pada manifold. Hindarkan terjatuh atau terkena kotoran pada selang injektornya karena dapat mengotori bagian dalam injektor. Injektor ini memiliki solenoid untuk membuka injektor pada waktu yang sudah ditentukan. pada ujungnya terdapat lubang kecil sebayak 6 buah yang berfungsi mengabutkan bahan bakar sehingga dapat bercampur dengan baik dengan udara.

Cara membersihkan throttle body vario 125 akan maksimal jika menggunakan carburetor cleaner atau carbon remover. jenis penetrant ini mampu mengikis kerak karbon yang menempel apda ruang throttle body dan manifold. Tidak masalah jika dibersihkan menggunakan bensin hanya mungkin akan sedikit sulit untuk menghilangkan kerak kerak. Untuk menghilangkan kerak jangan di kerok menggunakan besi, siapkan saja kayu seperti gagang ice cream atau semacamnya.

silahkan tonton video pembersihan tanpa reset dan tanpa lepas injektor honda vario 125.


https://youtu.be/MxcMmSpsmyM
https://youtu.be/MxcMmSpsmyM

berikut ini video Cara membersihkan throttle body beat fi dengan mudah tanpa melakukan reset karena soket tidak perlu dilepas.




setelah dilakukan pembersihan degnan melepas soket tentu jangan lupa untuk melakukan reset injeksi. Setting ini diperlukan karena putusnya hubungan setiap kabel sistem injeksi akan mengakibatkan memori di dalam ecm. memori yang terlalu penuh akan membuat ecm pusing. Akan lebih baik jika jangan ditunggu sampai lampu MIL berkedip baru kemudian di reset ECMnya. MIL tidak berkedip pun kadang sistem injeksi tidak berkerja dengan benar.

pbersihan secara lengkap di video bawah ini.
 https://youtu.be/TXNIi_dL8o0

Untuk  mereset ECM dan setting injeksi silakan baca tautan ini
Menyetel klep dan setting injeksi Honda New Vario 125
selamat mencoba
 
salam
bongkar dulu pasang kemudian

Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.com 

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/

tutorial perawatan motor
https://www.youtube.com/rumputteki

No comments:

Post a Comment

Popular Post