Friday, February 17, 2017

trik jitu cara menyetel rantai keteng supra 125

berisik pada motor dengan gejala pada pagi hari menimpa motor yang mulai mengalami kausan pada rantai kamrat atau pula bisa tensioner yang mulai kendor. untuk memperbakinya perlu dilakukan perbaikan tensioner dengan menyetel rantai keteng supaya lebih kencang. dengan cara ini pula jika tekanan sudah kencang tetapi mesin tetap berisik berarti terdapat kerusakan pada rantai keteng.

Tensioner yang lemah ini disebabkan oleh panas mesin yang menyebabkan pemuaian tetap pada pegas tensioner. pemuaian ini menyebabkan tekanan pegas berkurang dan seiring kotoran oli yang mengendap pada pegas tensioner dimana tensioner ini tidak dialiri oli sepenuhnya hanya di lumasi oleh putaran rantai kamrat. kotoran ini akan mengendap dan menjadi hambatan bagi pegas untuk mengenggang sepenuhnya.

baca juga

pegas yang mulai menurun tekanannya tidak begitu terasa pada honda supra 125 maka dapat dilakukan trik menetel rantai keteng supra 125 tanpa membongkar tensioner. kotoran yang mengendap pada tensioner ini menjadi tujuan utama yang akan dibersihkan agar tensioner kembali menekan rantai keteng dengan baik. semakin bersih dalam melakukan trik jitu cara menyetel rantai keteng supra 125 ini maka hasilnya akan lebih baik pula.

dibutuhkan bensin untuk membersihka tensioner rantai keteng ini. Oleh karena itu, perlu disiapkan kuas untuk memberikan bensin pada lubang tensioner. gunakan bensin yang masih bersih agar pembersihan tensioner bisa menghasilkan tekanan yang memuaskan.

langkah pertama dalam melakukan trik jitu cara menyetel rantai keteng supra 125 ini adalah dengan membuka tutup tensioner dengan baut plus besar. jika tidak memiliki bisa pula dilakukan denan mengetok dengan obeng minus pada bagian sisi baut plus penutup tensioner ini. setelah dilepas maka gunakan obeng minus kecil, atau obeng penyetel stasioner agar bisa masuk ke dalam bagian tensioner ini dimana merupakan lubang baut 10.

Putar obeng minus ke kanan untuk memutar penyetel tensioner ini, rasakanlah tekanan yang dihasilkan ketika penyetel ini dilepaskan. suara kletek kletek ini dihasilkan dari tekanan tensioner yang sudah melemah ini. sembari memutar tensioner ke kanan dan melepaskan, masukkanlah sekuas bensin ke dalam tensioner melalui obeng minus ini. Lakukan hingga beberapa kali dan rasakan perbedaan tekanan yang dihasilkan.

simak video trik jitu cara menyetel rantai keteng supra 125 agar lebih jelas



Setelah dirasakan tekanan semakin meningkat, cobalah untuk mengecek mesin apakah masih terdapat suara kletek. hasil yang maksimal dari penyetelan ini adalah rantai kamrat tidak bunyi lagi dan pula tidak mendengung. rantai keteng bisa pula mengeluarkan bunyi mendengung yang disebabkan tensioner terlalu kuat menekan rantai keteng.

Untuk model tensiofer yang sama bisa dilakukan hal yang sama pula seperti video vario 110 berisik bunyi tek tek tidak beraturan di bawah ini.
https://youtu.be/QXF5Y77Ue9k

Salam,
team bongkar dulu pasang kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post