Wednesday, June 7, 2017

starter honda beat esp tidak berfungsi

starter honda beat esp tidak berfungsi bisa disebabkan beberapa masalah baik sistem starter endiri atau diluar sistem starter. apabila mesin tidak bisa dihidupkan karena masalah standar samping yang putus dimakan tikus pasti di kick starterpun tidak akan hidup. Permasalahan starter honda beat esp tidak berfungsi yang berasal darrangkaian starter beat esp sendiri pasti motor bisa hidup dengan kick starter dan tentunya part lain seperti penerangan hidup norma. dengan dua gejala kerusakan di atas maka bisa dikecilkan ruang lingkup perbaikan mengacu pada sistem starter. terdapat dua part utama sebagai penyebab starter honda beat esp tidak berfungsi yaitu antara sekering dan relay.

untuk menganalisa kerusakan dari starter honda beat esp tidak berfungsi lakukan kick starter dan fungsi lampu lampu. Apabila motor bisa berfungsi normal hanya saja masaah starter yang tidak bisa difungsikan maka analisa bisa disudutkan pada sistem kelistrikan injeksinya saja. diantara masalah yang sering terjadi adalah pada sekering 5 ampere putus atau relay starter lima kaki mengalami kerusakan

baca juga artikel lain

penyebab elektrik starter honda beat ngadat
Honda beat injeksi ESP brebet
Perbaikan saklar lampu depan honda matik beat

setelah analisa starter honda beat esp tidak berfungsi di atas telah dilakukan coba cek kondisi sekering 5 ampere. bahan plastik pelindung sekering 5 ampere ini tidak transparan maka langsung ganti saja menggunakan sekering tambahannya. cek kembali starter apakah sudah bisa difungsikan atau belum.

langkah selanjutnya apabila starter honda beat esp tetapi tidak berfungsi maka kemungkinan besar keruskan pada relay starternya. untuk mengecek kondisi dari relay ini maka hanya perlu di ganti relay yang masih bagus. untuk mengecek relay ini tidak mudah, dan walau sobat mengecek tahanan kabel besar yang disambungkan oleh relay starter maka tahannan tetap ada walau tidak terhubung.

demikian pula jika didengarkan dari suara relay starter pada starter honda beat esp tidak berfungsi ini pasti akan ada bunyi yang muncul. bunyi ini sering kaitkan dengan fungsi relay yang normal tetapi ternyata relay yang rusak pun akan tetap bergerak karena kumparan pembangkit tettap bergerak tetap kontak yang disambungkan tidak tersambung dengan baik.

cek video starter honda beat esp tidak berfungsi di bawah ini agar lebih jelas.



setelah memasang realy baru maka starter bisa difungsikan dengan baik. apabila starter honda beat esp tetap tidak berfungsi maka bisa dicoba dengan menggunakan ecm yang baik. jika starter honda beat esp masih belum berfungsi bisa diurutkan kondisi kabel besar yang berasal dari aki atau selanjutnya menuju ecm dan keluar kembali ke stator mengalami hubungan terbuka atau putus.

langkah diatas sudah dilakukan dengan baik dan sudah dilakukan pengulangan tetapi tetap saja starter tidak berfungsi maka dilakukan pengecekan sensor CKP. Sensor CKP mirip halnya dengan pulser, tetapi memiliki tambahan fungsi sebagai starter pula.

perbaikan yang dilakukan pertama kali cukup dibersihkan area sensor, spul dan magnet dari debu debu dan pasir. pasang kembali dan coba beberapa hari. jika mungkin masih terjadi kedipan injeksi 5 2 atau masalah pada sensor ckp ketika jalan kadang mesin mati. hal ini juga terjadi ketika akan distarter terjadi kegagalan dan muncul kedipan 5 2. bisa dipastikan terjadi kerusakan pada sensor ckp dengan indikasi terdapat bintik lubang yang diakibatkan panas berlebih di dalam rangkaian sensornya.

video starter Vario 110 esp ngadat dan motor sering mati di bawah ini.



Untuk review part sensor CKP yang bermasalah bisa diganti hanya sensornya saja tidak dengan spul seperti video di bawah ini.



Sensor CKP PCX150 bisa digunakan untuk sensor CKP V110ESP tetapi ada sedikit perbedaan pada konstruksi dudukan baut L 5 mm nya. Dan yang paling parah, wadidaw... Kabelnya soket cowok harus diganti soket ceweknya bawaan. Berikut ini cara dan hasil kanibal sensor CKP PCX150 untuk V110ESP.




semoga artikel starter honda beat esp tidak berfungsi ini bermanfaat!

salam bongkar dulu pasang kemudian.

15 comments:

  1. mas ak minta kontaknya/WA nya?? boleh ndak

    ReplyDelete
  2. Klo dr relay uda djamper sprti pnjelasan d atas tp msih gak angkat staternya itu knp ya? Aki baru,relay uda baru,saklar dan srkring2 oke smua..mhon bntua sharing2nya .trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijumper bareng dengan starter biasa mas... Kalo jumper tok gak ada reaksi

      Delete
  3. Kenapa motor beat saya pertama di starter gak idup padahal lampu klakson semua oke, terus saya engkol langsung idup, terus saya matiin lagi, saya bawa dulu ke depan komplek, terus saya matiin, terus saya starter lagi, langsung nyala, itu masalah nya dimana ya, mohon pencerahaannya bosku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aki agak ngedrop bisa diatasi dgn memperbesar putaran stasioner agar lebih besar arus pengisiannya

      Delete
  4. permisi mas, punya saya sama persis begitu juga , cuma kata orangnya yg minta di ganti spul nya? gimana mas tanggepane?? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo esp seharunya spull minta ganti pengisiannya juga bermasalah, xari masalah lainnya dulu, ecm rusak juga mungkin

      Delete
  5. Starter hidup tp gak nyantol cek dulu pinnion starternya yang menghubungkan motor dengan puli depan,

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. mas mau tanya motor beat fi saya koq gak bisa pake elektrik starter, tapi kalo pake standar dua elektrik starter nya lancar tanpa harus di engkol...penyebab nya apa ya ?

    ReplyDelete
  8. Di jumper starter bisa jalan tp, dalm keadaan kontak off jg bisa di starter..

    Lampu senja jg ikut²an hidup

    ReplyDelete
  9. Mas, motor beat fi esp saya, bisa di stater asal sensor valve starter yang di Throttle body di lepas . Kalo di pasang soketnya gak bsa di stater . Itu apanya ya

    ReplyDelete
  10. Vario 110led saya kadang di dobel star bisa kadang engak kode mill 52 itu apa ya yg perlu di ganti

    ReplyDelete

Popular Post