Tuesday, December 12, 2017

Penyebab Vario 125 Ngorok

Penyebab vario 125 ngorok atau suara mengelitik tidak beraturan berasal dari bagian rantai keteng yang kendor. tensioner yang kotor menyebabkan tekanan kepada rantai keteng menurun sehingga menimbulkan suara mesin yang mengelitik tidak beraturan dan kadang pula seperti orang ngorok.

Untuk menganalisa keluhan ini bisa dilakukan pengecekan pada kondisi putaran mesin stasioner akan terdengar suara ngorok pada mesin sebelah kanan. pada saat mesin masih dingin suara mesin lebih kasar dengan suara yang lebih mirip kletek kletek yang tidak teratur. suara ini bunyi tidak teratur seperti suara klep atau suara injektor yang bunyi secara kontinyu. 

jika suara tersebut sudah terpenuhi maka bisa dipastikan kerusakan terjadi pada tensioner. tidak menutup kemungkinan juga bisa kerusakan terjadi pada ranti keteng atau rantai timing chain. untuk memastikan kerusakan mana yang terjadi cukup melepas tensioner dan menegangkan maksimal kemudian dipasangkan ditempatnya. jika ketinggian lebih dari 1 cm maka dipastikan kamrat atau rantai timing masih bagus. maka tensioner menjadi tersangka utama penyebab vario 125 ngorok dan kletek kletek.

Solusi untuk Vario 125 Ngorok ini bisa dilakukan dengan pembersihan tensioner. setelah dibersihkan dengan bensin maka tensioner akan menegang kembali. penyebab kotornya tensioner ini karena uap dari oli yang menempel pada tensioner. plak yang menempel ini tidak terlumasi dengan baik oleh oli karena memang tidak ada alur perputaran oli dan pula cipatran oli dari rantai kamrat terhalang oleng ril kamrat.

cek video Penyebab Vario 125 Ngorok di bawah ini.
.


Bisa mungkin juga dengan pembersihan lifter tensioner ini tidak mengalami perubahan tekanan yang diharapkan. Hal ini bisa dipastikan dengan memasang kembali tensioner dan hasilnya masih terasa mesin Vario 125 Ngorok maka lifter tensioner ini harus ditegangkan secara manual seperti video How To Fix Cam Chain Tensioner Rantai Keteng Honda.



dengan perbaikan ini pasti suara mesin akan lebih halus dan keluhan vario 125 ngorok akan teratasi. Dan coba pastikan tenaga mesin akan lebih enak pada awal gas dan putaran tinggi. Hal ini bisa terjadi karena pembukaan dan penutupan klep lebih tepat perputarannya.

baca juga artikel di bawah ini.
Penyebab vario 125 bunyi kletek kletek
trik jitu cara menyetel rantai keteng supra 125
Rantai keteng supra x 125 berisik

semoga artikel Penyebab Vario 125 Ngorok Kletek Kletek
bermanfaat. jangan lupa follow akun instagram rumput teki channel untk update berita terbaru dan tips tips menarik lainnya.

No comments:

Post a Comment

Popular Post