Friday, October 20, 2017

Pengecekan Sebelum Ganti Aki

jangan keburu ganti aki, pemeriksaan secara lengkap harus dilakukan.  aki yang rusak bisa terjadi bukan hanya dari kondisi aki yang memang sudah rusak. terdapat masalah lain yang harus diperhatikan seperti tegangan pengisian dan tegangan hambatan. perlu dipahami bahwa aki hanya merupakan tempat menampung aru listrik dari sistem pengisian dan mengeluarkan kembali sesuai permintaan beban pada sistem sehingga ketika aki ngedrop harus dilakukan Pengecekan Sebelum Ganti Aki.

sistem pengisian pada motor dihasilkan dari induksi magnet yang berputar pada kumpara yang diam. dengan banyaknya putaran yang dihasilkan maka semakin berlipat lipat besar pula listrik yang dihasilkan. oleh karena itu, dibutuhkan pembatas tegangan agar listirk yang dihasilkan stabil dan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pengisian dan penerangan.

baca juga artikel lain.

Pengecekan Sebelum Ganti Aki harus dilakukan terlebih dahulu charge untuk mengantisipasi aki yang lemah dimungkinkan dari kunci kontak ON yang kepanjer. hal yang sepele tapi sering terlewatkan. sebelum dicharge dan setelah dicharge harus dicek voltase aki sehingga bisa diketahui hasil dari investasi vaktu yang dibutuhkan worted.

ketika motor vario 125 datang ke bengkel dengan keluhan tidak bisa starter maka SOP Pengecekan Sebelum Ganti Aki yang dilakukan adalah pengecekan tegangan aki ketika kondisi OFF, ON tanpa beban dan dengan beban. dalam kondisi ini tidak perlu dilakukan pengecekan tegangan pengisian karena tegangan pengisian tidak stabil jika dilakukan pada motor dengan kondisi aki yang ngedrop.

tegangan aki yang normal tanpa beban minimal 12,4 volt. kondisi di bawah itu harus dilakukan charge. tetapi tidak pula bahwa semua aki yang dicharge bisa kembali normal. charge aki ini dimaksudkan untuk menganulir kesalahan dalam Pengecekan Sebelum Ganti Aki terutama di butuhkan ketika proses garansi claim aki.

kondisi pengisian yang normal ketika mesin berputar pada putaran mesin stasioner adalah ada penambahan tegangan daripada kondisi tegangan aki tanpa beban. kondisi ni bisa didapatkan jika digunakan aki yang belum ngedrop. jika tegangan aki cenderung turun dan tidak ada penambahan teganan ketika di gas maka dipastikan tidak ada pengisian. proses selanjutnya mencari penyebabnya bisa dari kabel atau soket saja yang bermasalah. tetapi tidak menutup kemungkinan seperti spull terbakar atau regulator rusak.

kondisi yang mungkin terjadi adalah kondisi pengisian dan semakin naik ketika di gas tetapi ketika putaran stasioner teganan menurun terus menerus. hal ini disebabkan beban kelistrikan terlalu besar seperti lampu depan yang telah diganti dengan bohlam yang lebih besar dari 25 watt. atau secara sederhana stasioenr yang terlalu kecil.

dengan kondisi tegangan aki yang tidak bisa bertahan pada putaran stasioner ini maka beban atau aksesoris kelistrikan harus distandarkan atau bisa digunakan jika pada kondisi stasioner tidak mengganggu pengisian pada aki. dari kedua permasalahan aki tekor pada vario disebabkan oleh penggunaan lampu depan halogen yang biasanya berdaya 35 watt. hanya selisih 10 watt dari standar tetapi bisa menguras daya aki karena ada lampu 2 di depan jadi naik 20 watt.

jika  Pengecekan Sebelum Ganti Aki harus dipenuhi pengisian standar maka ada pula pengisian maksimalnya. pengisian yang melebihi tegangan maksimal sebesar 15.50 volt pada motor wario 125 ini jarang terjadi. pengisian pada aki pada motor vario 125 biasa maksimal hanya 14.50 volt. dan pada kondisi stasioner biasa biasa sering tercapai minimal 13.10 pada kondisi aki normal.

cek video Pengecekan Sebelum Ganti Aki di bawah ini. perhatikan dengan seksama!




dalam video di atas dengan proses charge standar yang dilakukan pada aki rusak yaitu 3 jam dihasilkan aki tetapi mengalai ngedrop ketika digunakan untuk starter. kondisi aki yang rusak bisa diketahui dengan mudah ketika dilakukan starter elektrik akan terjadi penurunan teganan hingga di bawah 8 volt. oleh karena itu, Pengecekan Sebelum Ganti Aki sangat diperlukan agar SOP penggantian aki terjamin dan tidak banyak keluar biaya pastinya.

aki yang rusak bisa dilakukan perbaikan dengan melakukan pengisian air aki atau accuzuur yaitu asam sulfat yang digunakan pada pengisian awal aki basah. aki yang berumur masih rendah biasanya hanya terjadi penggumpalan gel yang menyebabkan tidak ada keterkaitan antar sel nya. dengan penambahan ini maka sel akan terhubung kembali dan kondisi aki bisa difungsikan kembali.

Lebih mudah lagi pengecekan kiprok dengan cara video di bawah ini.

https://youtu.be/8seG3RcVyxA
https://youtu.be/8seG3RcVyxA

Review dan hatga Kiprok Yamaha Mio J di bawah ini.



aki yang ngedrop secara bertahap dalam kurun waktu sngat dekat hanya 2 s.d. 3 hari bisa disebabkan oleh pengisian yang hilang. untuk honda vario 11 sering terjadi kerusakan pda kiprok sedangkan beat fi terjadi pada kabel spullnya. ada baiknya jika aki yang rusak biarkan beberapa hari sehingga akan tahu masalahnya hanya aki saja atauada part lain.

masalah aki bisa dicek hanya dengan menunggu aki beberapa hari kemudian hingga ada masalah lain yang muncul. selanjutnya penggntian kiprok jika dimungkinkan dengan part asli atau artermarket awprti fukuyama. berikut video review kiprok ori versus fukuyama.
https://youtu.be/qjGlw_97GSI
http://www.rumputteki.com

aki yang telah ditambah dengan acczuur pasti akan menguap. uap ini bukan hanya air atau h20 tetapi pula h2so4. perlud diperhatikan bahwa hal ini akan merepotkan karena akan merusak plastik dan pula akan membuat keropos besi besi. untuk hal ini saya anjurkan untuk tidak menggunakan aki yang sudah dimodifikasi pada motor kecuali sobat bisa mengantisipasi uapnya.

Untuk mngecek motor DC pengapian seprti motor vixion di bawah ini.


Aki yang sering digunakan pada motor baru di atas tahun 2010 adalah aki kering. Penggunaan aki basah masih repot untuk perawatannya. Pengisian air sering kali dilewatjan yang bisa mengurangi umur aki, apalagi uap aki bisa menyebabkan korosi. Besi besi di rangka dan baut menjadi keropos, malah kabel aki dan area sekering juga menjadi masalah serius. Untuk keamanan dan umur yang lebih panjang sangat dianjurkan penggunaan aki kering walau selisih harganya kisaran 50 ribu tetap masih recomended.

Berikut ini review part aki kering yang saya percaya bagus kualitasnya dan pula pemasangan yang tepat untuk keamanan.

,
https://youtu.be/s6FIWgQlLhE

Review aki beda bungkus beda harga kualitas sama. Cek pula harga aki di keterangan videonya.



No comments:

Post a Comment

Popular Post