Wednesday, October 25, 2017

Penyebab Starter Beat Berisik

Penyebab starter beat berisik bukan dari bendik starter atau pinion starter tetapi malah dudukan starternya yang bermasalah. wealau asal masalahnya bukan dari dudukan starternya tetapi dalam kaitan bunyi beat cekring pada saat distarter kadang mau ikut berputar kadang ngelos ini harus diperbaiki adalah dudukan pinion atau bendik starternya. Dan utama yang bermasalah sebenarnya adalah blok mesin yang melengkung sebagai penyebab starter beat berisik.

selain pada starter beat, permasalahan dari starter beat berisik ini juga di alami motor seperjuangannya yaitu vario cw atau vario tekno. perbaikan yang dilakukan sama dengan cara yang akan kita kupas satu persatu permasalahan yang termasuk kategori memusingkan ini.

baca juga artikel lain.
Penyebab Kelistrikan Honda Beat Kadang Mati
penyebab elektrik starter honda beat ngadat
starter honda beat esp tidak berfungsi

 permasalahan starter honda beat berisik ini dialami setelah beberapa tahun penggunaan motor tetapi tidak semua motor ini mengalami hal yang sama. jadi permasalahan ini memang terjadi karena faktor penggunaan yang berbeda beda dari pengguna motor. tetapi masalahnya bukan juga karena starter yang sering digunakan atau jarang. mesin yang melengkung ini jelas karena penggunaan dengan beban berat atau seringnya jarak jauh yang menyebabkan mesin terlalu panas.

solusi untuk membuat halus starter vario atau beat kasar ini cukup mudah. tdak perlu penggantian bendik starter yang sering disangkakan rusak. dengan kondisi per pengembali gear pinion atau bendik yang masih normal maka cukup di lumasi saja menggunakan oli. penggunaan oli dimaksudkan agar pergerakand dari pinion starter ini semakin  halus. tetapi pemberian pelumas ini belum cukup untuk menghaluskan suara beat yang sering bunyi kring atau kadang tidak mau memutarkan mesin atau ngelos.

langkah selanjutnya untuk menghaluskan suara starter beat yang kasar ini yaitu dengan memberi main bebas antara bendik dan kipas puli depan lebih besar. permasalahan kasar ini dikarenakan jarak bebas yang menurun dari kedua part ini sehingga bendik tidak bisa masuk dengan benar. jikapun sudah masuk akan sulit keluar dan suara yang timbul pasti bletrak ... kring...

untuk memperbesar jarak antara bendik atau pinion dan kipas cvt ini maka dilakukan pengurangan sisi atas dari dudukan pinion. dengan demikian maka pinion bisa bergerak ke atas dan main bebas terhadap puli depan akan lebih besar. pengurangan sisi atas ini bisa dilakukan dengan pengamplasan atau dengan pengikisan. pengurangan bisa dilakukan sampai dengan 1 mm.

untuk lebih jelasnya silakan tonton video penyebab starter beat berisik di bawah ini.



hasil yang diharapkan pada rumah bendik starter ini bisa bergerak atau kocak naik turun dari kondisi semula yang span atau kencang terhadap blok mesinnya. jika dalam percobaan starter masih dirasakan bunyi maka amplas atau kikis kembali bagian atas dari rumah bendik starter ini hingga gojak bertambah. pasti jaminan starter akan normal kembali seperti dulu kala.

lebih ringan permasalahan dari starter yang kasar terjadi pada kasus di bawah ini.
http://www.rumputteki.com/2017/10/penyebab-starter-beat-berisik.html


selain kondisi pinnion starter seret juga sering terjadi  kondisi pinnion starter yang macet. ketika starter difungsikan terdengar starter jalan tetapi tidak memutarkan mesin. hanya terdengar suara mendesing desing.

berikut video cara mengatasinya starter bunyi mendesing tidak nyantel.



Masalah suara berisik pada motor starter bisa terjadi langsung pada motor starter yang memang berisik. permasalahan dinamo starter yang bisa berisik ini bisa dicek dengan cara menghidupkan motor starter dengan melepasnya tanpa terhubung dengan mesin. permasalahan yang menjurus pada dinamo starter yang berisik bisa terjadi beberapa part yang mengalami keruskan.

suara nguk nguk yang terjadi pada honda 100 cc bebek seperti supra, grand, prima, revo, masalah nya terdapat pad video bawah ini



solusi utama dari permasalahan di honda supra tersebut denga menggnati bushing motor starternya dibubut disesuaikan dengan armaturnya. sudah sangat familiar di tukang bubut jadi tidak perlu risau.

Dinamo motor starter yang mengalami suara berisik bisa bersumber dari magnet yang lepas. lepasnya magnet ini akan mengakibatkan motor starter tidak berpurat dngan lambat karnea tertahan magnet yang menempel pada kumparan. peristiwa ini tentunya akan mengakitkan suara berisik karena motor bergesekan degan magnet.

Perbaikan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki lepasnya magnet ini perlu diperhatikan dengan seksama pada bagian pengeleman. pembersihan dari bekas lem dan pula minyak akan menghasilkan pengeleman yang kuat dan bersih. silakan tonton cara memperbaiki dinamo starter motor yang berisik di bawah ini.

 https://youtu.be/Xa8F9cwkyrs 


masalah dinamo starter yang kasar terjadi karena magnet yang lepas. ada pula yang sampai lepas tapi tetap bisa di lem asal kebersihan dijaga. permasalahan magnet yang lepas hingga mnjdi bunyi kasar silakan buka video di bawah ini.



semoga artikel penyebab starter beat berisik ini bermanfaat!


KUNJUNGI PULA

blog

Channel tambahan

No comments:

Post a Comment

Popular Post