Thursday, February 2, 2017

cara cek pengisian motor vario

cara cek pengisian motor vario dilakukan dengan volt meter yang menyatu dalam avometer. pengisian motor standar harus dikenakan aki yang baik. dikarenakan aki yang mempunyai voltase rendah akan menyebabkan pengecekan pengisian akan kacau. jadi percumah mengecek voltase atau tegangan pengisian bateri atau aki di saat aki yang digunakan tidak baik. sehingga dibutuhkan aki normal untuk bisa mengecek pengisian motor vario.


Tegangan pengisian dengan aki 12 volt diantara 13 volt dan 14,5. diatas rentang ini tidak diperbolehkan karena akan mengurangi umur baterai. Jadi perlu diperhatikan bahwa jika sobat membeli charger hp, jangan tertipu dengan charger yang dapat mengisi baterai hp dengan cepat. pengisian yang diijinkan yaitu diatas tegangan aki standar. aki mempunyai tegangan standar minimal 12,4 volt. maka dalam keadaan normal aki akan mengisi dengan tegangan di atas 12,4 hingga 14,5 maksimalnya.

baca juga artikel lainnya

pengecekan pengisian dilakukan dengan menghubungkan positif aki dengan positif volt meter dan hubungkan terminal negatif aki dengan kabel negatif volt meter. cek bahwa terdapat tegangan aki yang menandakan kabel sudah dihubungkan dengan baik. hidupkan motor dan posisikan pada lampu jauh hidup. perikasa perubahan tegangan aki. sehrusnya terjadi kenaikan dan semakin naik tegangannya saat dilakukan bukaan throttle.

simak video di bawah ini untuk cara cek pengisian motor vario



jika tidak terdapat kenaikan voltase aki malah aki cenderung turun ketika digas dapat dipastikan pengisian tidak ada. sistem pengisian yang sering bermasalah adalah kiprok atau regulator regtifier. dalam sistem pengisian, arus listrik AC dihasilkan oleh spul pada kabel yang berwarna putih kemudian masuk ke kiprok untuk disearahkan menjadi DC dan pula membatasi pengisian yang disesuaikan dengan tegangan aki. output dari sistem pengisian ini adalah kabel warna merah.

oleh karena itu, dalam pengecekan kiprok dalam hal mengecek sistem pengisisnanya. hubungkan posistif ohm meter dengan soket kiprok warna putih dan negatif ohm meter dengan denan soket kiprok dari kabel warna merah. kiprok yang baik memiliki hambatan. jika tidak terdapat pengisian pasti tidak terdapat hubungan antara kedua soket kiprok ini. jika demikian maka gantilah degnan kiprok yang baru.

adapula permasalahan pengisian terdapat pada soket kabel putih yang keluar dari spul menuju kabel bodi sering kendor. diantara permasalahan pengisian motor vario hanya dua masalah ini yang sering terjadi.

demikian artikel cara cek pengisian motor vario semoga bermanfaat
salam
bongkar dulu pasang kemudian blogspot

6 comments:

  1. Maaf mas sya mau nanya,sya punya motor honda vario pgm fi 110. Aki mtor baru saya ganti tiba tiba langsung tekor. Gejalanya waktu itu motor sya pakai tiba tiba mati mendadak di jalan di engkol tidk mau di stater tidak mau sdh 2x ganti aki, apakah kiprok nya yg rusak?

    ReplyDelete
  2. Iya ini mas dari kiprok, sebaiknya diganti yang ori, jika lainnya bisa bikin aki cepat rusak karena pengisian sering kebesaran

    ReplyDelete
  3. kalo kiprok yang bukan ori. kiprok apa yang recomemded?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya ori, dan pastikan ya mas sebelum ganti bahwa kabelnya gak da masalah, secara cepat nyarinya mudah, kabel dari spull diurutin bagian itu sering putus,

      Delete
  4. kalo kiprok yang bukan ori. kiprok apa yang recomemded?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mas cari artikel di blog saya dgn keyword beat fi brebet

      Delete

Popular Post