Friday, June 16, 2017

cara servis injeksi manual honda beat fi

cara servis injeksi manual honda beat fi bisa dilakukan dengan sederhana. Sekedar membersihkan sedikit bagian penyetel angin sudah bisa mengasilkan putaran mesin yang stabil. Hal ini bisa dilakukan untuk sobat yang masih ragu ragu dalam membersihkan throttle body. Tanpa membersihkan throttle body, motor sudah bisa langsam dengan baik dengan cara servis injeksi manual honda beat fi ini.

Karakter motor injeksi yang membutuhkan reset seperti kondisi langsam terasa tidak rata, motor sering mengalami mati ketika stasioner atau motor terasa boros. kondisi ini terjadi karena kondisi dari sensor yang tidak bekerja secara maksimal dan pula ecm menyimpan terlalu banyak data. Oleh karena itu bisa dilakukan pembersihan bagian penyetel angin ini dan melakukan reset injeksi untuk menghasilkan putaran mesin yang stabil.

baca jgua artikel lain

langkah pertama yang dilakukan untuk cara servis injeksi manual honda beat fi ini adalah dengan membuka stelan angin pada throttle body yang berupa baut plastik dengan per yang berada di luar. cuci dengan bersih menggunakan carbon cleaner jika tersedia atau menggunakan bensin yang bersih. kemudian bagian lubangnya juga perlu dibersihkan agar kotorannya tidak menghambat laju angin.

selanjutnya dilakukan setting injeksi dengan mereset ecm dan throttle body. sebelum melakukan reset ecm lebih baik jika dilakukan terlebih dahulu inisialisasi kerusakan yang terjadi pada sistem injeksi dengan menjumper dlc yaitu soket yang berwarna merah dengan menggunakan kawat atau potongan penjepit kertas. pilih warna hijau dan coklat. tidak semua kabel berwarna sama agar lebih mudah dalam mencari kabel yang akan dilakukan jumper sebelah kiri dari penjepit yang berada di atas.
.
setelah jumper terpasang langkah selanjutnya untuk cara servis injeksi manual honda beat fi ini dengan memposisikan kunci kontak ON. maka lampu injeksi akan menyala terus, akan tetapi jika terdapat histori kendaran misalnya soket sistem injeksi pernah dilepas, kabel putus nyambung, atau ada permasalahan di sistem injeksinya. kedipan ini menandakan ada permasalahan tersebut dan lokasinya tentu sesuai dengan kode kedipan yang berlaku. 

apabila permasalahan telah ditemukan maka untuk menghilangkan kedipan ini dengan kunci kontak OFF kembali kemudian posisikan ON, dalam waktu 3 detik jumper dilepas. 3 detik dipasang kembali dan reset ecm berhasil jika kedipan mil secara cepat berlangsung. akan tetapi jika tidak ada histori kedipan ini tidak terjadi kedipan, lampu hanya manjer saja.


langkah selanjutnya adalah dengan seting throttle position yang di singkat tp. untuk memaksimalkan hasil cara servis injeksi manual honda beat fi ini maka dilakukan setting ini, yaitu dengan kondisi jumper masih terpasang di dlc. lepas konektor engine oil temperatur atau disingkat eot. sambung dengan jumper soket kabel eot dengan jumper. gunakan jumper yang lebih kecil dibandingkan jumper dlc misal seperti peniti, jarum, atau bisa mengamplas sejenis jumper dlc tersebut.

untuk proses setting tp ini posisikan kunci kontak ON, lihat kedipat pada MIL hingga tiga kali kemudian lepas jumper pada EOT. hasilnya akan terjadi kedipan cepat dan hingga kedipan ke lima kali kunci kontak diposisikan OFF. pasang kembali soket EOT dan reset TP sudah selesai.
.
untuk setting altitude jumper masih terpasng di DLC, kemudian posisikan kunci kontak ON menggunakan tangan kiri karena tangan kanan digunakan untuk membuka penuh gas. tunggu hingga ada kedipan 2 kali kemudian lepaskan gas. maka ini disebut seting mode altitud 1. untuk menghaslkan mode altitute 2 maka lakukan hal yang sama seperti di atas hanya saja ketika gas dilepas hitung kedipan 2 kali kemudian tarik kembali. penarikan gas ini selama dua kedipan pula kemudian lepas maka terjadi seting mode 2. berhasilnya seting mode ini bisa dilihat dari kedipan yang dihasilkan setelah gas dilepas. untuk mode 2 pasti akan ada kedipan 2 kali kemudian akan diulangi kembali dengan jeda yang panjang.

untuk seting mode 3 da 4 yang bisa dicoba dalam cara servis injeksi manual honda beat fi ini dengan menambah bukaan gas dengan durasi bukaan 2 kedipan dan durasi penututpan 2 kedipan. dan bisa dicoba putaran mesin yang dihasilkan oelh motor sesuai mode maka akan terasa ada brebet. hal ini terjadi karena setting mode ini berkaitan dengan ketinggian dari permukaan laut.
.

Setting Mode Altitude Beat FI

Untuk model motor yang berbeda seperti vario 125 dan vario 150 untuk melakukan servis ringan pada injeksi bisa pula dilakukan degnan cara di atas. Dikarenakan sistem injeksinya masih generasi yang sama hanya berbeda dengan sistem acg starternya saja. untuk jelasnya silakan tonton video di bawah ini.

Servis Ringan Motor Injeksi Matic Honda


8 comments:

  1. Maaf mas saya mau tanya,motor ku honda spacy mogok karna kehabisan bensin.udah dibawa ke bengkel katanya hrs ganti injektor.Injektor udah di ganti tapi tetep aja.Motor kadang idup tapi di gas malah mati.Mohon pencerahan nya mas,apa yg harus saya lakukan.mau di bawa ke bengkel resmi jauh,soalnya saya di pegunungan.Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Maaf mas saya mau tanya,motor ku honda spacy mogok karna kehabisan bensin.udah dibawa ke bengkel katanya hrs ganti injektor.Injektor udah di ganti tapi tetep aja.Motor kadang idup tapi di gas malah mati.Mohon pencerahan nya mas,apa yg harus saya lakukan.mau di bawa ke bengkel resmi jauh,soalnya saya di pegunungan.Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaknya malah dari fuelpumpnya to mas, identik masalahnya kalo gas awal motor malah mati kadang gas telat,
      Tekananstanarnya 294,ininal 263

      Delete
    2. Tapi mas bensin keluarnya nyembur agak jauh,tapi gatau juga standarnya kaya gimana.

      Delete
    3. Gak bisa buat patokan mas,
      Paling efektif itu cek tekanan pompanya, mudah dan efisien,

      Delete
  3. Apa mungkin mas kotoran mesin naik ke injektor,soalnya setelah di stater,dibongkar injektor nya selalu kotor.padahal filter udara udah bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kotorannya timbul karena pas pasang bongkarnya, dipastikan dulu saja tekanan pompanya mas pake fuel pressusre gauge, ada tutorialnya, coba xari artikel. Penyebab beat fi brebet putaran bawah

      Delete

Popular Post