Tuesday, June 13, 2017

Keluhan rem belakang vario cbs tidak pakem

Keluhan rem belakang vario cbs tidak pakem biasa dikarenakan kampas rem sudah tipis. Dan setelah diganti rem pun tidak kembali pakem. Masalah ini kompleks terjadi pada motor dengan model cbs atau combi brake system. Dimana rem kanan dan kiri dihubungkan dengan sutas kawat sehingga ketika mengerem kiri maka rem depan juga ikut mengerem. Malah perbandingannya 70 persen rem depan dan 30 persen rem belakang. Karakter ini membuat rem belakang tidak pakem jika permasalahan pada penyetelan cbs tidak tepat. Dan beberapa keluhan rem belakang tidak pakem karena handle rem kiri cbs ini asudah gojak.

baca artikel lain


penyetelan cbs perlu dilakukan untuk menangani Keluhan rem belakang vario cbs tidak pakem akant tapai sebelum melakukan penyetelan pastikan terlebih dahulu kondis kampas rem belakang dan tuas remnya. untuk kampas rem belakang tipis pastinya akan menghasilkan pengereman yang tidak pakem. dengan adanya tuas handel rem belakang model cbs yang mudah gojak ini akan menyebabkan daya pengereman akan berkurag drastis.

penyetelan rem cbs yang benar adalah terdapat celah antara tuas cbs di handel rem kanan dengan dudukannya ketika rem parki difungsikan. hal ini dimaksudkan agar ketika rem parkir difungsikan akan menghasilkan pengereman rem belakang akan tetapi rem depan tetap bisa berpurar

cek video Keluhan rem belakang vario cbs tidak pakem di bawah ini.



permasahan kampas rem tipis dan handel rem yang gojak harus diselesaikan dahulu sebelum mengambil keputusan menyetel atau membongkar comby brake system. pembongkaran rem cbs biasa dilakukan jika fungsi rem parkir tidak ngancing, atau rem belakang sering bunyi. dan pembongkaran akan lebih maksimal jika dlakukan oleh mekanaik ahass.

selain model cbs, permasalahan rem belakang juga tidak pernah habis. rem tromol dari mulai kampas smpai dengan tromolnya bisa bikin masalah selain rem gak pakem sampai dengan bunyi.



Keluhan selain bunyi, rem belakang yang tidak kembali juga banyak dikeluhkan. kondisi rem yang di area bawah tentu sangat mudah dimasuki air yang menyebabkan grease cepet habis. ketika mengganti kampas rem sebaikbya bagian ini dilumasi untuk menghindari rem keras atau tidak bisa kembali. cara yang tepat ditunjukan pada video di bawah ini.



semoga artikel Keluhan rem belakang vario cbs tidak pakem ini bermanfaat,salam.

rumput teki channel di instagram @rumputtekichannel


5 comments:

  1. Bos...saya pengguna scoopy injeksi...Scoopy saya suara kletek klotok di 10-50km padahal sudah ganti bearing cvt kuningan,lahar bambu,lahar pully blakang,gantirmh rooler,n rooler, vbelt jg udah ganti,kanvas otomatis jg udah ganti...kok msh bunyi ya...pening saya...bs mohon pencerahan...atau bs minta contact bos ke no saya sndr 085762218886...saya sudah berusaha utk hilangin suatlra klotok kretek tsb dgn part asli tapu hasilnya nol jg...Mohon bos balasannya...Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  2. Maaf mau tanya seputaran rem belakang vario 125 fi. Kok rem belakang motor saya gak pakem ya, padahal sudah ganti kanvas, sudah saya bersihkan tp tetap aja gak pakem.

    ReplyDelete

Popular Post