Tuesday, December 19, 2017

Pilih Kunci Busi yang Tepat

Kunci busi yang baik adalah kunci yang mudah digunakan dalam kondisi ruang yang sempit. Memilih kunci busi yang tepat sangatlah penting agar tidak merusak busi itu sendiri dan pasti ulir di mesinnya. jangan abaikan hal kecil pemilihan kunci busi ini karena taruhannya menyangkut pengapian yang bisa menyebabkan motor macet di jalan

Kunci busi yang ideal untuk motor matik adalah kunci busi yang pendek dengan jangkauan penrgerakan pemutaran busi yang panjang agar busi cepat dan mudah dikeluarkan. untuk menghasilkan kondisi ini diperlukan kunci busi yang benar benar pas agar tidak mentok pula di rangka. maka digunakan kunci busi ini yang memiliki pula bentk heksagonal seperti baut yang bisa dipakai ring 19.

Penggunaan kunci ring dalam pembukaan busi diharapkan pergerakan bisa memaksimalkan kondisi ruang yang sempit. Penggunaan kunci ring ini pasti tidak akan banyak freeplay terhadap heksagonal kunci busi berbeda dengan alat yang digunakan untuk membuka menggunakan kunci busi fleksibel yang memakan ruang banyak dengan freeplay yang cukup besar. apalagi kunci bawaan motor yang mempunyai lubang besar dengan penggunaan obeng minus sebagai tuas disamping kuncinya pendek masih pula freeplay lubangnya terlalu besar.

simak video Pilih kunci busi yang tepat di bawah ini.



Selain penting dalam pemilihan kunci busi yang tepat untuk motor matik, ternyata pula bahwa kunci busi model ini cocok sekali dengan motor bebek. letaknya pas sehingga tidak memakan ruang diantara cover samping dan pergerakan juga mudah melalui celah diantara cover dengan mesinnya.

pemilihan alat yang tepat juga sangat dibutuhkan dalam pembukaan busi vario 125. kunci busi ini sangat cocot untuk membuka motor matic ini. perlu diperhatikan dengan seksama dalam pemasangan busi bahawasannya tiidak boleh memasang busi pada kondisi terpasang pada cop busi. hal ini bisa mneyebabkan ulir busi bisa rusak. perhatikan pada video di bawah ini.
Busi yang Cocok untuk Vario 125



selain kunci busi yang tepat pastinya penggunaan busi yang tepat harus diketahui dengan baik. seperti video Kode dan jenis busi motor honda di bawah ini.



Kode busi harus sesui dengan spesifikasi motor bawaan. Akan tetapi, kadang mencari panas yang sesuai sulit. Harus pintar pintar menganalisa penggunaan motor maka kita bisa menggunakan kode busi yang berbeda. Malahan bisa mengambil keuntungan dari tingkat panas yang berbeda. 

Motor jarak dekat cocok pakai busi tipe panas agar mesin mencapai suhu kerja dan terjadi self cleaning. Motor untuk niaga dan jarak jauh lebih cocok pakao buso yang lebih dingin. Berikut ini contoh penggunaan subatitusi busi  yang benar.


semoga artikel pilih kunci busi yang tepat ini bermanfaat!



2 comments:

  1. pak kalau mau ganti busi vario 150, apakah harus bongkar body dari jok dulu? apakah bisa cuma bongkar body samping yang nutup businya saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahpake kunci busi yang seperti video paling atas itu mas, bisa lewat samping tanpa buka cover

      Delete

Popular Post