Thursday, February 9, 2017

cara menyetel klep honda supra 125

cara menyetel klep honda supra 125 sangat bisa dilakukan sendiri dengan celah yang dikehendaki antara 0,03 mm sampai dengan 0,05 mm. dengan penyetelan lebih kendor akan menghasilkan tenaga akselerasi yang responsif. akan tetapi akan memliki kelemahan serperti klep mudah rusak yang ditandai dengan suara klep yang kasar. sering kali dengan penyetelan yang kendor akan ada suara nglitik pada bagian kop. dengan demikian stelan kelp harus dikurangi celahnya.

cara menyetel klep honda supra 125 merupakan standar bengkel resmi. Alat yang digunakan juga harus baik. gunakan obeng minus untuk membuka tutup magnet yang masih baik dan pula kunci ring 8 yang masih baik. batu 8 tutup klep ini mudah rusak jika dilepas menggunakan kunci yang mulai soak. Alat lain yang dibutuhkan adalah kunci T 17, feeler gauge, stelan klep.

baca jgua artikel lain

putar poros engkol ke kiri sesuai putaran mesin hingga terlihat tanda T setetlah F yang merupakan TMA Titik Mati Atas dan pastikan kedua klep dalam posisi renggang. keadaan ini di sebut Top Kompresi. Jika dicek tidak ada celahnya maka itu merukan keadaan over laping. kebalikan dari top kompresi sehingga harus diputar sekali putaran lagi dan pastikan tepat pada tanda T.

Stel klep menggunakan feeler 0,03 untuk stelan standar ketika motor dingin. Jika dalam kondisi mesin panas bisa distel menggunakan feeler 0,05 dengan kondisi celah klep atas lebih renggang dibandingkan celah klep ex. Untuk menhasilkan performa yang responsif bisa digunakan celah 0,05 ketika dingin atau lebih renggang.

Simak video ini untuk cara menyetel klep honda supra 125.


Dan selanjutnya lakukan penyetelan dengan memutar dua kali putaran untuk mendapatkan top kompresi kembali. tapatkan lubang pengintai pada T. lakukan pengecekan celah kembali apakah berubah atau tidak dari stelan sebelumnya. lakukan penyetelan kembali jika celah klep berubah drastis.

Namun demikian stelan klep yang sudah kencang dan rapat tetapi mesin suara masih ngelitik atau bunyi tik tik dari bagian klep artinya ada hal yang tidak normal atau keausan di dalam mesin bagian yang berhubungan dengan sistem klep. Salah satunya klep yang rusak pada ujungnya yang menyebabkan suara berisik tik tik saat motor dingin atau tek tek saat motor panas pun tetap terasa. Seperti dalam video di bawah ini.


 https://youtu.be/7w5tGR3vqcI

Bunyi berisik klep dan rantai kamprat berbeda karakter. Untuk bunyi klep lebih berat dan stabil sedangkan bunyi rantai kamprat kendor cenderung ringan dan tidak stabil. Dan kemudian jika di gas maka suara klep akan bertambah sedangkan suara rantai kamprat akan berkurang. Untuk lebih jelas perbedaan bunyi keduanya tonton video berikut ini.


Supra 125 jarang ditemui bunyi kerusakan yang disebabkan oleh klep atau stelan klep. Tensioner kendor yang banyak dikeluhkan bunyinya dianggap part lain yang bermasalah. Jadi tidak salah jika tensioner rantai kamprat di cek pebih dahulu sebelum cek part lain.

demikian artikel tentang cara menyetel klep honda supra 125. semoga bermanfaat.

salam
team bongkar dulu pasang kemudian

1 comment:

Popular Post