Friday, July 28, 2017

cara menyetel rantai motor yang benar

cara menyetel rantai motor yang benar dibutuhkan agar menghasilkan stelan rantai yang tepat dan tentu saja lurus roda belakangnya. pasti dalam perjalan sering menjumpai motor dengan kondisi roda belakang tidak senter. ban terlihat tidak lurus terhadap slepbor belakang. pula dijumpai rantai yang berisik dan terlihat sangat kendor. penyetelan rantai sebenarnya mudah tetapi sering males atau belum tahu pakemnya. untuk itu saya mempunyai ide untuk membuat tutorial cara menyetel rantai motor yang benar. 

langkah untuk cara menyetel rantai motor yang benar yaitu dengan mengendorkan baut as roda belakang tanpa sampai kendor murnya bisa diputar atau terlihat celah antara mur dan penyetel rantainya. hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pergerakan as roda yang tidak diharapkan sehingga penyetel rantai saat ditarik ke belakang sesuai kebutuhannya saja.

baca juga artikel lain.
How To Fix Cam Chain Tensioner Rantai Keteng Honda
trik jitu cara menyetel rantai keteng supra 125
reset manual motor injeksi honda

langkah yang paling pokok dalam penyetelan rantai adalah main bebas yang diijinkan di baca terlebih dahulu pada arm. untuk motor bebek atau sport rata rata antara 25 mm s.d. 35 cm. dan kekencangan ini dihitung pada rantai yang paling kencang. walau ranti baru sekalipun pasti akan didapati rantai yang paling kencang diantara lokasi yang lain. penyetelan dengan mengambil posisi rantai yang paling kencang ini tentunya dimaksudkan agar ketika arm mengayun akan terjadi rantai menegang.

telah didapatkan posisi rantai yang paling kencang maka langkah selanjutnya dengan memutar mur penyetel rantai kekanan yang berarti akan mengencangkan rantai dengan jumlah yang sama antara kanan dan kirinya. Lakukanlah putaran sebesar 90 derajat di penyetel sebelah kiri dan langsung dipula dilakukan di penyetel yang sebelah kanan.

metode di atas dilakukan agar stelan ban selalu di tengah sesuai dengan posisi semula motor. berbeda halnya jika di lihat ban sudah tidak center terhadap slebor atau pada renkanya. maka penyetelan bisa dicari dulu posisi yang paling lurus. akan tetapi, ban yang tidak segaris dengan slebor bukan berarti ban tidak center ada pula kasus yang slebor belakangnya yaang miring. Oleh karena itu, penyetelan rantai akan bagus sesuai kelurusan motor jika dalam penyetelan mengacu pula standar tengah sebagai titik temu.

cek video di bawah ini untuk  cara menyetel rantai motor yang benar




setelah di dapatkan tegangan rantai yang sesuai ukuran standar motor maka perlu dilumasi terlebih dahulu jika rantai pada kondisi kering. dengan pemberian oli ini maka akan ada perubahan tegangan kembali. lakukan penyetelan kembali untuk mendapatkan rantai yang paling tegang sesuai ukuran.

permasalahan lain yang sering dihadapai dalam cara menyetel rantai motor yang benar adalah pengereman jadi tidak pakem. dalam kondisi tertentu penyetelan rem akan mengakibatkan rem terasa memantul atau seperti layaknya pegas tidak masu mengerem secaara pakem. permasalahan ini terjadi karena posisi panel rem tidak center terhadap tromol. untuk mengatasi hal seperti ini ketika pengencangan mur sudah mencekati kencang tetapi masih sekitar 3 kali penarikan mur lagi dilakukan pemutaran ban dan lakukan pengereman secara kuat. lakukan proses ini hingga didapatkan pengeereman yang pakem dan lakukan pengencangan mur dengan pengereman untuk hasil maksimal.

Video lain cara menyetel rantai seperti di atas bisa lebih cepat dilakukan dan hasilnya pasti benar dengan cara video di bawah ini.


 https://youtu.be/uWhcJQTnB_A

Beberapa motor besar menggunakan rantai motor baru yang lebih kuat dengan tanpa menggunakan sambungan rantai. Dengan permasalahan rantai yang mulai mengendur hingga tidak bisa dilakukan penyetelan maka perlu dilakukan pemotongan rantai. dan alatnya pun sudah tersedia di bengkel resmi bersamaan dengan keluarnya motor tanpa sambungan rantai ini. ini merupakan style baru dalam khasanah rantai motor diluar rantai motor yang tidak terlalu familiar lainnya yang menggunakan rantai dengan karet ban penggerak ( van belt nama bekennya ). Namun demikian, ada style lama yang masih dipertahankan sampai sekarang. dan style tersebut dikenal dengan style tanggal tua, potong rantai agar bisa distel.


https://youtu.be/X0eSxzRXGIU

Ukuran rantai motor supra 420 sedangkan yang lebih besar ada 428 dan yang lebih tebal lagi ada 428H. Dengan cara video diatas masih mungkin memotong rantai 428H dengan tanpa alat khusus. berikut ini cara untuk memotong rantai tebal dengan tanpa alat khusus.



Pemotongan rantai pada modl rantai 428H sepertinya efektif. Karena ketbalan yang mumpuni, rabtai tidak mengalami kencang kendor. Dengan pemotongan ini rantai pun masih memiliki pergerakan yang stabil dan tidak kenceng kendor.

potong rantai menjadi kebutuhan tersendiri ketika rantai sudah mentok tetapi tetap saja rantai masih knedor kenceng sesuai kondisi sebelum pemotongan. dengan cara yang paling mudah menggunakan gerinda untuk memotong sisi kiri mata rantai agar kelalanya datar. hanya dengan paku biasa maka mudah mendorong kaitan antar mata rantainya. berikut ini video tutorial nya.



Perawatan rantai sangat dibutuhkan agar rantai tidak mudah kendor. Penyetelan rantai di atas bisa dikurangi intensitasnya dangan pelumasan rantai yang rutin. Dilihat dari durabilitasnya maka semakin kental pelumas semakin lama bertahan di rantai agar pelumasan maksimal. Grease atau gemuk menjadi pilihan pertama. Kemudian oli mesin yang kental seperi 20w 50 maka pelumas rantai ini akan menempel lama dibandingkan oli mesin yang kekentalannya di bawahnya seperti 10w 30

Chain lube premium memang oke dalam pelumasan tetapi dalam ketahanannya sangat kecil sehingga terlihat cepet kering. Namun demikian kotoran rantai ikut terhempas pula makanya chain lube banyak disukai disamping lebih praktis penggunaannya.

Berlawanan dengan chainlube premium, grease akan menyebabkan kotoran menempel pasa area rantai akan tetapi ketahanan bagus. Melihat kondisi ini paling bisa diambil jalan tengahnya jika pelumasan yang baik menggunakan oli mesin 20w 50.

Dengan pelumasan yang rutin pastilah ada efek positif dan negatifnya, yuk simak video di bawah ini.



Jelas kita tidak perlu beli sebotol oli untuk pelumaaan. Bisa mgnggunakan sisa sisa oli bada botol setelah penggantian. Atau cukup menggunakan oli bekasnya bukan masalah serius apalagi oli bekas yang digunakan pasti akan mengendap kerak kerak mesinnya.

Rutinitas pelumasan paling baik asalah 3 hari sekali atau seminggu 2 kali. Pada motor rata2 penggunaan rutin sehari antara 20 km s.d. 30 km sudah baik. Silakan sobat perkirakan kira kira dalam waktu sehari menempuh jarak berapa.

semoga artikel cara menyetel rantai motor yang benar ini bermanfaat, follow akun instagram kami untuk mendapatkan tips tips menarik seputar merawat motor @rumputtekichannel

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel

blog
http://www.rumputteki.online

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

No comments:

Post a Comment

Popular Post