Sunday, July 30, 2017

Sumber Masalah Motor Matik Bergetar

sumber masalah motor matik bergetar berasal dari mur 19 puli belakang. mur ini tidak selurus yang diharapkan. padahal sangat dibutuhkan part yang benar benar lurus untuk mendukung kecepatan yang nyaman tanpa ada getaran. miringnya mur ini menjadi penyebab utama gejala getaran yang merupakan awal dari kerusakan laher laher area puli belakang.

Getaran ini merupakan indikasi kerusakan yang akan terjadi pada CVT. getaran ini muncul pada motor akan jalan sampai dengan kecepatan sedang. pada motor dengan rumah kampas kopling yang lebih lebar pada vario 125 series akan terasa getaran pada awal angkatan. pada part rumah kampas kopling yang kecil pada beat fi series terjadi pada kecepatan sedang. pahamilah gejala yang terjadi sehingga bisa melakkan tinggakan preventif untuk masa datang.

baca juga artikel lain.
Penyebab Tarikan Awal Vario Getar
motor matic bergetar saat rpm rendah BEAT
penyebab mesin motor matic bergetar dan perbaikannya

Setelah kita bisa mengenali permasalahan getaran pada varian motor matik maka kenalilah part utama sebagai Sumber Masalah Motor Matik Bergetar. Permasalahan getaran berasal dari as puli belakang yang oleng. Olengnya as ini tentau akan mengakibatkan permasalahan pada ketidak balance pada pergerakannya serhingga mengakibatkan getaran. Mur 19 puli belakang menjadi penyebab utama keolengan shaft puli belakang ini. cobalah cek kondisi as tanpa mur!

Part yang akan rusak karena mur 19 sebagai Sumber Masalah Motor Matik Bergetar ini antara lain; laher bambu, laher diding cvt, dan pula laher shaft drive ini. keausan pada laher bambu dapat diketahui dengan memutar roda belakang motor matik, jika terdengar suara mendenging atau mendengung merupakan gejala keausan part ini.

permasalahan laher dinging tutup cvt bisa dirasakan ketika motor akan dijalankan akan timbul suara trek trek sesuai tarikan gas. pada kasus keausan laher tutup cvt yang lebih parah akan terasa ketika berjalan normal terjadi suara kasar pada bagian belakang krek krek secara berlanjut. jika dibiarkan lebih lanjut maka kerusakan akan menjalar pada laher drive shaft yang berada di balik sealnya di dalam gear box cvt. kerusakan pada laher ini akan membahayakan gear box pastinya.

Perbaikan untuk Sumber Masalah Motor Matik Bergetar ini bisa dilihat di video di bawah ini.




dalam perbaikan tidak semudah seperti yang diharapkan yaitu getaran langsung hilang karena akibat dari mur ini sudah pasti berimbas pada keausan mangkoan, kelurusan as, dan seal puli belakang. oleh karena itu, masih butuh penyesuaian lagi untuk perjalanan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. dengan perbaikan ini maka kerusakan yang dikahwatirkan akan tidak muncul dalam waktu singkat.

akan lebih baik jika dalam kurun waktu 1000 km, motor dibuka kembali untuk mengecek keausan baru yang terjadi setelah mur diperbaiki. perbaikan kedua ini sebagai revisi untuk perbaikan sebelumnya. sehingga hasil bisa maksimal.

semoga artikelSumber Masalah Motor Matik Bergetar ini bermanfaat.

instagram @rumputtekichannel

No comments:

Post a Comment

Popular Post