Tuesday, July 25, 2017

Kuras Air Radiator Vario 125 di Mesin

Terdapat baut penguras di mesin untuk Kuras Air Radiator Vario 125. perlu dilakukan untuk menyempurnakan pengurasan air radiator vario 125 selain di radiator dan tampungannya. baut ini digunakan untuk meguras air radiator di mesin karena air radiator tidak bisa habis ketika menguras di radiator saja.

pengurasan air radiator dilakukan setiap 12 rb km untuk honda varo 125. hal ini dilakukan untuk mengamankan part di mesin dimana terdapat besi yang bisa berkarat karena penurunan kualitas air radiator. kerusakan kualitas air radiator terjadi secara sedikit demi sedikit menurangi keausan part besi.

baca juga artikel lain
cara menguras air radiator vario
cara isi ulang air radiator cb150r
menguras-air-radiator-vario-150-d tampungan

Langkah untuk menguras air radiator vario 125 dilakukan di radiator terlebih dahulu. terdapat baut L bintang 8 atau bisa menggunakan tang untuk melepas baut tap air radiator ini. kemudian lepas tutup radiator sehingga air radiator akan mengucur deras keluar. pastikan kondisi mesin sudah dingin dan cek video pengurasan di bawah ini.




pengurasna juga perlu dilakukan di tampungan atau reservoir radiator dengan tujuan untuk memaksimalkan kondisi air radiator yang baru berkualitas baik tanpa tercampur air radiator lama. pengurasan ini mudah hanya melepas selang yang masuk ke radiator kemudian letakkan posisi yang lebih rendah dari tampungan air radiator.

kemudian untuk  Kuras Air Radiator Vario 125 di Mesin perlu pindah ke sisi kiri motor. baut tap untuk mengeluarkan air radiator di mesin terdapat di sebelah kiri pada blok silinder. pengurasan ini dilakukan dengan kunci T 10 agar memudahkan pelepasan. berhati hatilah karena air radiator akan tergucur secara deras, jangan lakukan pengurasan jika mesin masih panas.

Untuk mengakhiri penggantian air radiator vario 125 ini isilaha air radiator melalui tutup radiator dengan kondisi mesin hidup. air akan mengalir ke bagian pompa mesin dan mengisi seluruh ruanga di jaket jaket mesin. dan isilah tampungan air radiator dengan penuh di atas posisi upper level. hal ini ditujukan untuk mengantisipasi pengisian air radiator kurang maksimal.

Selain pernasalahan diatas, berikut ini permasalahan yang sering terjadi pada honda vario 125 dimana umur motor mencapai 6 tahun. Beberapa masalah yang sering dijumpai yaitu, bocornya waterpump. Hal ini diantisipasi dengan pengecekan rutin area waterpump. Jika pengurangan air radiator mencapai seminggu harus tambah kembali dan pula sampai lampu radiator menyala maka yang sering terjadi adalah silinder head dan blok mengalami kelengkungan. Dan ini sudah banyak terjadi hanya karena mengabaikan radiator yang sering sebenarnya butuh perawatan khusus.

Berikut ini pengecekan yang harus dilakukan ketika menguras radiator yang harus dikuras rutin 12k km sekali.



semoga artikel  Kuras Air Radiator Vario 125 di Mesin  ini bermanfaat

ig @rumputtekichannel


1 comment:

Popular Post