Wednesday, July 19, 2017

mesin supra 125 ngelitik sering hilang kompresi

mesin supra 125 ngelitik sering hilang kompresi bisa dirasakan ketika kecepatan tinggi tiba tiba suara kasar di mesin. kemudian yang terjadi motor macet. ketika pertama di selah serin loss kompresinya. permasalahan paa video ini suara ngelitik pada supra 125 ini kerap dirasakan pada putaran tinggi tetapi layaknya motor normal ketika motor kondisi langsam atau putaran mesin sedang. permasalah ini sering disimpulkan kerusakan pada seher sudah rembes tetapi ketika dibuka businya tidak ada kerak atau basah sebagai tanda kebocoran oli.

Suara kasar mengelitik ini tidak dijumpai ketika stasioner, iut merupakan masaah yang berbeda bisa hanya sekedar stelan klep yang belum pas terlalu renggang. permasalhan ini kerap dijumpai hanya pada motor supra 125. dengan diagnosa ngelitik sebagai tumbukan antara klep dan piston ketika kecepatan tinggi. sering pula karena terdapat part dekompresi sering dikaitkan dengan part ini, tetapi pasti tidak ada perubahan ketika perbaikan sistem dekompresi dilakukan.

baca juga artikel lainnya

untuk menganalisa gejala  mesin supra 125 ngelitik sering hilang kompresi  dan sering mati ini. bisa dilakukan gas putaran tinggi ketika motor standar tengah. terjati suarai mengelitik dan putaran mesin stasioner tidak langsam dan sesekali motor manjadi mati. dan bila dicek dengan seksama busi berwarna hitam, tanda campuran terlalu boros sebagai masalah utama kasus ini.

Perbaikan ini tidak bisa dinalar dengan logika karena hanya terjadi pada honda supra x 125. tetapi proses tiimbulnya permasalahan ini akan saya coba narasikan dengan baik. stelan angin yang terlalu basah mungkin nyaman karena tenaga enak tetapi berakibat menumpuknya kerak karbon pada seher dan sebagian pada klep. 

batang klep supra 125 memiliki bagian yang lebih ramping sebagai cara pabrikan untuk menambah debit saluran masuk dan buang. dalam hal ini klep ex bisa bergerak tidak lancar jika terdapat kerak pada bagian ini. kerak ini pasti keras dan kesat sebagaimana sebuah arang. akibatnya ketika putaran mesin tinggi klep ini bergerak tidak secepat kerenggan per klep. akibatnya kompresi tidak penuh dan sering kali terlambatnya kembali, klep tertumbuk piston.

akibat yang dihasilkan dalam jangka waktu lama, seher akan mengalami kerusakan karena bertumbukan dengan klep jika klep tidak juga bengkok. jadi masalah motor supra megnelitik ketika kecepatan tinggi ini juga bisa menyebabkan klep bengkok.

lihat video di bawah ini untuk penjelasan cara memperbaiki  mesin supra 125 ngelitik sering hilang kompresi.



Untuk lebih mantepnya lagi pembersihan harus dilakukan pembongkaran. Bagi sobat yang tidak canggung membuka head silinder bisa dilakukan skur klep sendiri. Skur klep sebenere gak terlalu dibutuhkan jugabpada kondisi normal kebetualn saja supra 125 atau karisma yang memiliki model mesin sama ada kelemahan di situ. Dipertimbangkan pula ya biayablain seperti gasket ori top set yang harganya 63 ribu. Kalo lem saja sebaiknya jangan di buka ya.

Dalam hal skur klep ada yang namanya grinding paste atau obat skur. Sebenarnya ini hanya dibutuhkan untuk klep yang diganti baru atau dudukan klep baru. Pengaitan antara kontak klep dan dudukan belum rapat sangat jauh dari preisi. Layaknya piringan yang aus dipasang kampas rem baru butuh mapan, kalo klep butuh diskur dan jika membersihkan ya hanya dibersihkam saja. Klep juga begitu, hanya dibersihkan sayang sekali kalo diskur malah mengikis klep atau dudukannya sendiri.

Berikut ini cara skur klep yang cepat, aman, dan tentunya tidak mengurangi permukaan klep dengan signifikan.


https://youtu.be/CZ3bBg90dpM

siapkan obeng minus untuk membersihkan batang klep yang terdapat kerak dan juga akan lebih bak jika dibarengi penggunaan karbon remover. dan untuk tindakan preventif harus distel ulang campuran bensin dan bahan bakarnya. dalam keadaan karburator masih bagus untuk supra 125 ini bisa distel pada putaran 1,5 atau s.d. 2 putaran. jika di bawah 1,5 maka termasuk dalam kondisi campuran terlalu gemuk dan rentan terjadi permasalahan seperti ini.

untuk motor yang ngelitik tanpa disertai keluhan mati mati dan selalu bunyi ketika stasioner berasal dari stelan klep dan klep yang sudah njambul. istilah njambul sebagai pendekatan yang aus sehingga klep akan melebar pada ujungnya. kerusakan ini harua diperbaiki secara bersamaan antara klep dan stelannya untuk menghasilkan suara mesin halus jangka waktu lama. untuk mengakali sementara bisa dilakukan cara du bawah ini.

https://youtu.be/V97YI2j7vFod

Permasalahan suara ngelitik pada motor bisa terjadi dari klep tapi jika motor sesekali sisa oli tinggal sedikit sangat mungkin terjadi keausan pada piston atau seher. Pada motor jaman sekarang seperti supra 125, bauk karbu maupun injeksi, beat injeksi atau vario 125, ketahanan seher dari telat ganti oli kurang bagus. Jika dibandingkan dengan vario cw atau vario kebo, beat karbu, atau sekelas supra dan grand jatang terjadi masalah akibat telat ganti oli walau bersisa sedikit.

Kerusakan seher yang oli telat hingga bersisa sedikit biasanya terjadi pada bokong atau belakang seher. Akibatnya suara ngelitik muncul tetapi tidak terjadi kenalpot berasap. Walau berasap tapi tidak banyak sekedar ketika  gas besar atau kondisi tertentu saja. Kerak oli di busi pun hanya sedikit menyebabkan analisa membingungkan. Hal ini butuh pengalaman lebih untuk menganalisa suara seher yang biaa mirip kamrat, klep, atau stang seher. Berikut ini video pembahasannya.



Jika sobat mau bongkar untuk skir klep dan pula pasang kembali sebenarnya untuk motor supra 125 seperti ini sangat mudah. Masalah utamanya hanya membersihkan gasket dan kerak keraknya yang memakan waktu lama. Untuk melepas noken dan pula templar cukup buka baut 10. Untuk melepas klep gunakan kunci T 12 atau T 14, letakkan di penahan per klep dan ketok saja pakai palu. Jangan lupa ganjel klep bawahnya pakai tutup penyetel top magnet. Sedangkan pemasangan gunakan bekas ban dalam sebagai penekan kuku klep agar duduk sesuai tempatnya. Berikut ini video simplenya.




semoga artikel  mesin supra 125 ngelitik sering hilang kompresi  ini bermanfaat.

instagram @rumputtekichannel

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.com 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

4 comments:

  1. Caranya mengetahui karet pada rumah kopling supra 125 harus dganti gmana bro?

    ReplyDelete
  2. Semtara inj belum ada yang rusak mas, suaranya kletek2 mirip kampas ganda gojak

    ReplyDelete
  3. Motor saya Supra 125 karbu. Bulak balik ganti bengkel. Awal di perbaiki bagus sampai seminggu. lalu seterus nya Tetap ngelitik saat panas. Tapi ga berasap. Pelatuk udah ganti. As klep baru. Blok baru serta piston. Seher juga baru. Temeng juga. Tensioner juga pake resing. Saya bingun. Udah banyak habis duit. Bengkel nya yg ga pintar. Atau apa ya?? Mohon penjelasannya Abang..

    ReplyDelete
  4. Bagaimana kalo dudukan pada Bering as klep yg kecil nya sudah tidak padat??
    Motor saya Supra x125 apa itu bisa penyebab suara ngelitik??

    ReplyDelete

Popular Post