Sunday, September 24, 2017

Cara menyetel karburator motor supra

Cara menyetel karburator motor sebenarnya simple seperti mencari titik imbang dari dua buah titik. karburator harus memenuhi stasioner yang baik yang dipengaruhi oleh lubang slow jet dan putaran tinggi yang baik yang  dipengaruhi oleh lubang main jet. kedua lubang disambungkan dari stelan angin inilah. Cara menyetel karburator motor supra dengan benar bisa bisa memaksimalkan kinerja mesin maksimal dengan bahan bakar yang irit.

Fitur khusus pada motor supra X 125 dimana terdapat soket dari karburator menuju CDI. Trrjadi perbedaan ketika kabel ini dihubungkan yaitu putaran mesin ketika stasioner terhambat. sebagai indikasi jika pengapian sedikit lebih maju ketika soket ini memghubung. cek videonya di bawah ini.




kondisi yang diharapkan dengan Cara menyetel karburator motor supra adalah busi berwarna bersih yang merah bata ketika sudah di gunakan motor tersebut. warna tidak akan mencapai merah bata jika busi baru saja di bersihkan. untuk mencapai warna merah bata harus dilakukan setting karburator yang maksimal antara pilot jet dan main jet dimana kedua part ini disambungkan melalui setelan angin karburator.

baca juga artikel lain.
Batok lampu getar supra X 125 PGM FI
cara menyetel klep honda supra 125
trik jitu cara menyetel rantai keteng supra 125 

dengan kondisi motor standar tanpa ada perubahan antara mesin dan karburator bisa didapatkan stelan standar satu setengah putaran. dengan setelan ini bisa didapatkan putaran stasioner yang langsam rata tidak mudah mati dan pula pada putaran tinggi akan bertenaga. Akan tetapi, putaran satu setengah ini harus dipastikan pula dengan kondisi putaran langsam yang baik dan putaan tinggi yang maksimal.

Namun demikian ada pula penyetelan sudah maksimal tapi tenaga tidak terbentuk. Hal lain di luar area karbu juga berpengaruh seperti insulator di bawah ini.




Kondisi pada penyetelan yang sempurna irit tapi masih bertenaga bisa didapatkan dengan gambaran busi di bawah ini.
 https://youtu.be/On6yCWYyak8 


cara menyetel angin standar yang bisa dilakukan dengan berbagai kondisi motor bisa dilakukan dengan mencari putaran angin tertinggi ketika stelan stasioner dibesarkan pada rpm sedang. langkah yang dilakukan Cara menyetel karburator motor supra yang benar bisa dengan memutar stelan stasioner satu putaran ke kanan maka putaran mesin akan naik. bisa dinaikan lagi hingga rpm 8000 rpm jika menggunakan rpm meter.

setelah setelan stasioner dinaikan maka langkah selanjutnya memindah setelan angin ke dalam hingga mentok maka akan dirasakan putaran mesin akan turun hingga drastis hingga mungkin akan putran mesin akan berhenti. kondisi mentok ini merupaakn kondisi boros dimana suplay angin di matikan sehingga bensin mengucur dengan deras. putarlah kekiri hingga putaran mesin tertinggi dan terasa akan turun lagi. penurunan putaran mesin ini menandakan bahwa stelan angin terlalu banyak sehingga kondisi ini suplay udara lebih bnayak daripada bahan bakar.

kondisi menurunnaya putaran mesin setelah melewati putaran tertinggi maka ini merupakan campuran yang miskin bahan bakar. putaran tertinggi yang telah terlewati merupakan tenaga terbesar yang bisa dihasilkan campuran bahan bakardan udara yang ideal. maka kembalikan kembali stelan angin sesuai putaran tertinggi yang dihasilkan oleh setelan angin tadi.

dalam hal ini belum cukup diputuskan bahwa Cara menyetel karburator motor supra sudah benar. setelah didapatkan stelan angin yang maksimal pada putaran sedang maka perlu juga dicari stelan maksimal pada putaran langsam atau stasioner. dengan campuran ideal pada putaran sedang belum tentu menghasilkan campuran ideal di putaran rendah. mengapa demikian?

hal ini disebabkan karena pada saat putaran tengah kinerja karburator mensuplay campuran bahan bakar ke mesin banyak memanfaatkan fungsi stelan angin dari jarum skep dan spuyer besar atau main jet. pada kondisi stasioner yang berpengaruh banyak adalah stelan angin pada slow jet atau spuyer kecil.  jelaslah bahwa penyetel angin ini merupakan penghubung antara putaran mesin bawah dan tengah..

jika di buat sebuah diagram campuran bahan bakar maka fungsi pada putaran bawah dipengaruhi oleh setelan angin dengan slow jet. putaran sedang antara stelan angin dengan jarum skep. kemudian pada putaran tinggi beralih pada jarum skep dengan main jet. beralihnya fungsi kinerja karburator dari putaran rendah hingga putaran tertinggi yaitu; slow jet, stelan angin, jarum skep, spuyer besar.

kembali lagi untuk menghasilkan putaran rendah yang maksimal bisa dilakukan dengan menyetel putaran mesin melalui stelan stasioner pada rpm yang diinginkan yaitu standar 1200 s.d. 1400 rpm. dari setelan maksimal pada putaran sedang tadi carilah baik kekanan atau kekiri dari stelan angin hingga di dapatkan putaran mesin tertinggi.

mungkin dan biasa yang terjadi adalah kedua setelan rpm sedang dan rengah ini tidak bertemu pada satu titik. oleh karena itu, bisa dicari ditengahnya untuk menghasilkan putaran mesin yang efisien baik putaran langsam yang baik dan pula tenaga yang maksimal pada putaran mesin sedang.

untuk Cara menyetel karburator motor supra yang benar bisa dilihat pada video di bawah ini.


masih tersisa bagaimana cara menyetel putaran mesin tinggi. untuk menyetel putaran tinggi ini bisa dilakukan dengan melihat kondisi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara dari ujung elektroda busi. dengan kondisi warna putih menandakan campuran terlalu irit dan paling baik jika pada ujung elektroda busi yang menjadi tempat menyalanya busi ini berwana merah atau coklat bata.

Permasalahan brebet putaran tinggi bisa karena kurang besarnya lubang main jet atau sudah diganti dengan part lain. Ada pula yang dilakukan ganjel lubang dengan serabut untuk memperkecil debit. Hal ini mnjadikan campuran bahan bakar kurang dan busi berwanra putih pada area elektroda. Namun demikian untuk menyetel karburator yang menggunakan jarum sekep yang bisa disetel bisa diboroskan terlebih dahulu dengan menaikan jarum sekep.

Berikut ini masalah karburator brebet putaran atas.



Kadang pula didapatkan stelan angin tidak bisa standar satu setengah putaran. Hal ini merujuk pada kondisi karburator yang sudah tidak standar. Tepatnya pada bagian pilot jet terlalu kecil lubangnya tau tersumbat menginginkan bensin yang lebih untuk mengimbangi angin yang masuk. Berikut ini cara menyetel karburator tidak standar yang bisa dilakukan sendiri

https://youtu.be/nqquVUsyB7k


Kondisi yang sering tidak diharapkan motor yang mati mati hal ini bisa terjadi karena tersumbatnya spuyer kecil atau pilot jet. dalam beberapa kasus lubang main jet dan pilot jet sudah bagus tetapi setelan tidak bisa didapatkan yang terbaik malahan motor sampai mati mati ketika tutup gas. permasalahhan ini sering terjadi karena settingan pelampung yang sudah berubah karena keausan dari jarum dan pelampungnya.

kondisi jarum pelampung yang aus atau kotor pastinya akan mengalami kebocoran bensin melalui jarum pelampung. banyak yang melakukan perbaikan tanpa penggantian jarum dan tanpa pembersihan yang diperlukan malah keburu menyetting ketinggian pelampung. hasilnya pasti bocor masih terjadi sesekali dan pastinya motor sering mati ketika gas kecil. pahitnya lagi pasti campuran bahan bakarnya tidak sempurna antara putaran bawah dengan atas. Lebih jelas cara membersihkan jarum pelampung dan cara melakukan penyetelan ketinggian pelampung bisa dilihat pada video di bawah ini.


https://youtu.be/5tMeoRsi8ag

permasalahan irit boros pada pelampung bisa lebih fatal sampai dengan brebet. penyetelan pelampung yang terlalu jengat menyebabkan jumlah bensin di karbu menurun jumlahnya. hal ini terjadi karena hal sepele. penggantian jarum pelampung dengan alasan untuk mengatasi karburator yang bocor ada kalanya jadi bermasalah. jarum pelampung yang asli tentu sangat mahal, dengan alternatif jarum pelampung biasa hanya 5 ribuan. akan tetapi jarum ini terlalu panjang yang menyebabkan jumlah bensin di karburator berkurang drastis hingga bermasalah brebet.

Namun berbeda dengan honda GL pro dan Mega Pro memilki batasan ketinggian yang beda pada pelampungnya. Pelampung GL memiliki harus miring agar bahan bakar tidak telat ke dalam pelampung. Konsumsi bahan bakar mesin 160cc pasti butuh lebih. Untuk servis karburator GL dan Megapro video di bawah ini.



cek video jarum pelampung yang dikira tidak menimbulkan masalah bisa jadi problema brekele seperti video di bawah ini.



kondisi ketika busi setelah dibersihkan sangat tidak mungkin menjadi coklat atau merah bata. biasanya dengan kondisi transparan dimana busi terlihat bersih tanpa ada kerak ini merupakan kondisi yang diharapkan dengan busi yang baru dibersihkan. warna busi yang diharapkan seperti pada lingk di bawah ini.
Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi

Untuk video penyetelan angin karburator vario irit bertenaga bisa lihat video di bawah ini.
Setelan Angin Karburator Vario Irit Bertenaga



untuk menyetel angin dari motor beat bisa dilihat pada artikel di bawah ini.
 http://www.rumputteki.com/2017/09/cara-setting-karburator-honda-beat-biar.html 

semoga artikel Cara menyetel karburator motor supra ini bermanfaat.

kunjungi channel
Ari Pranant
lihat pula artikelnya
CVT Vario 150 Berisik


4 comments:

  1. salam kenal gan
    langsung saja saya ada motor vario cw,boros padahal udah ganti vanbel sama kampas ganda.
    cirixx nya kalo di lampu merah di gas bensin langsung turun

    ReplyDelete
  2. salam kenal gan
    langsung saja saya ada motor vario cw,boros padahal udah ganti vanbel sama kampas ganda.
    cirixx nya kalo di lampu merah di gas bensin langsung turun

    ReplyDelete
  3. Ini belum pasti mas dari turunnya jarum bensin tanda bensin nya boros. Karna tegamgan pas berhenti kecil jadi ada efek kendor jarumnya.
    Pastiin saja choke otomatisnya tidak bermasalah. Artikelnya sudah ada disini

    ReplyDelete
  4. Cara agar motor suprafit,tenaga badak gimana ya bang

    ReplyDelete

Popular Post