Tuesday, September 5, 2017

masalah motor matik getar hanya karena mur 5 ribu perak

permasalahan motor matik getar merupakan awal dari kerusakan dalam jangka waktu singkat pada bagian cvt. mur 19 ini yang seharga 5.000 rupiah bisa mengakibatkan keluah getaran, bunyi mendengung, bunyi gemretek, bunyi kasar yaitu pada bagian yang berhubungan dengan laher, drive shaft, seal puli dll. dan sumber dari berbagai masalah di bagian cvt tersebut termasuk  masalah motor matik getar hanya karena mur 5 ribu perak.

permasalahan mur ini memunyai keterkaitan yang erat dengan drive shaft atau as puli belakang.  shaft drive oleng sebagai penyebab berbagai  masalah motor matik getar hanya karena mur 5 ribu perak ini. berlanjut keolengan shaft drive ini menuju pada bagian laher laher yang cepat aus pada pui dan tutup cvt. bagaimana ini bisa terjadi mari kita pelajari dengan seksama.

baca juga artikel lain.

bagaimana as puli belakng ini bisa oleng? sangat jelas bisa dipahami karena pengaruh mur yang  miring. ketika pengencangan mur ini harus dengan momen maka setiap sisi harus mengisi pada ring pada mangkoan. sehingga akan menjadi berubah arah sesuai mur ini menempel pada amngkoannya. akibatnya as puli belakng mengikuti pergerakan dari mur miring ini hasilnya as menjadi oleng, inilah  masalah motor matik getar hanya karena mur 5 ribu perak tetapi dalam perbaikannya harus dilakukan teliti bagaimana mengikir yang menghasilkan mur yang lurus dengan benar.

untuk perbaikan masalah motor matik getar hanya karena mur 5 ribu perak ini dapat dilihat pada video di bawah ini.



permasalahan lain yang pasti akan segera terjadi karena mur 5 ribu perak ini yaitu keausan pada laher puli belakang, yaitu; laher bambu dan laher tutup cvt. pada penggunaan yang lama akan berpengaruh pada laher puli yang berada di ruangan gearbox. jadi ketika menemui permasalahn laher bambu atau laher tutup cvt sering rusak dalam kurun waktu yang tidak lama maka perlu di curigai terdapat maslah pada mur ini.

pada beberapa kasusu permsalahan yang yang ditimbulkan oleh mur miring ini juga menjadikan seal cvt puli belakang mudah aus karena pergerakan dari puli sendiri mengikuti as yang oleng. dan pada kasus yang lebih berat akan terjadi keausan pada ujung as ini yang menjadi oleng secara permanen. jadi untuk penggantian bisa menyeluruh beserta asnya pula.

semoga artikel masalah motor matik getar hanya karena mur 5 ribu perak  ini bermanfaat
Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.online 

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/
 

8 comments:

  1. motor vario 125 led bergetar di rpm 40 ke atas
    rasanya nger..nger..nger.. sprti bering roda yang oblag..
    sudah saya gnti di bagian cvtnya dengan yang baru keculai pully bagian belakang saja yang masih yang lama.
    laher bambunya juga sudah baru
    tapi tetap saja bergetar upnormal
    bbm bakarnya juga boros
    tolong petunjuknya
    trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mas masalahnya berasal dari mur ini, kalo km sudah panjang, hasil benerin mur mungkin tidak maksimal karena keausan mangkoan sudah tidak rata, aus sebeah, bisa sekalian ganti mangkoan mas...

      Delete
  2. Mas v125 masih getar dikit.saya ngetes asnya tanpa mur g oleng kalo dliat kasat mata tapi saya ukur pake kunci t saya tempelin di bagian samping ujung ko aga oleng dikit apa harus ganti as nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menangani getaran tujuannya bikin keausan mangkok merata... Nahasalah bisa karena mur 19 ini tp pastikan kalo pakai feeler gak ada pake seng saja bekas kaleng susuatau minuman. Kalo lurus pun kadang masih nunggu agar mangkok kembali senter kembali menunggu keausan merata

      Delete
  3. Ok siap mas bos ..thanks penjelasanya..
    Haaa iya mas saya pake bekas pocari akkk..

    ReplyDelete
  4. Ok siap mas bos ..thanks penjelasanya..
    Haaa iya mas saya pake bekas pocari akkk..

    ReplyDelete
  5. Om mur nya sudah bolak balik saya ganti , as puli juga sudah 2 kali ganti yang ori . Tapi gregel di kecepatan 60km ga hilang juga . Bagai mana solusinya om . Vario 150 2019

    ReplyDelete
  6. Mantap bos ku aku udah pusing. Ganti ini itu ternyata bukan getaran dibawal masih saja ada. Mudah" Han cuma mur nya doang.. Nanti saya coba sehu terimakasih atas masukan nya . Sangat membantu

    ReplyDelete

Popular Post