Tuesday, May 30, 2017

cara stel klep vario 150

cara stel klep vario 125 dan 150 memiliki cara dan ukutan yang sama. celah standar kerenggangan klep vario LED ini 0,10 mm dan 0,25 mm. kesamaan celah klep antara vario 125 dan vario 150 ini merupakan identik dari cc yang tidak berbeda jauh. penyetelan klep dilakukan setiap 4 rb km. dengan stelan ini maka molllltor akan lebih bertenaga merata pada semua putaran mesin.

stelan klep ini sering mengalami perubahan menjadi longgar karena keausan yang terjadi pada klep dan par  yang berkaitan. kelonggaran stelan klep bisa menyebabkan kerusakan pada bagian ujung klep yang bersentuhan dengan stelan klep. keruskan ini akan permanen sehingga dibutuhkan turun mesin untuk menggantinya.

baca artikel lainnya.
Menyetel klep supra agar bertenaga
cara menyetel klep honda supra 125

Langkah pertama untuk llmenyetel klep vario 150 dengan membuka tutup klep yang terdiri dari baut 10 sebanyak 4 buah. akan lebih memudahkan dalam mencari top dalam kondisi busi terlepas sehingga engkol lebih enteng, Putaralah engkol hingga terlihat pada bagian sebelah kanan dari sproket atau gear rantai kamrat noken as ada tonjolannya.

cara stel klep vario 150 berikutnya mencari top komresi. tanda dari top kompresi adalah tonjolan pada noken as yang terhubung dengan sproket menghadap ke depan secara sejajar dengan poros engkolnya. putar poros engkol dengan killck starter hingga terjadi langkah hisap dimana klep di atas bergerak turun.

Langkah selanjutnyua dalam cara stel klep vario 150 ini dengan memperhatikan pergerakan klep hisam hingga menutup maka akan terlihat tonjolan mulai terlihat pada bagial noken as ini. putarlah terus hinnga tonjolan ini segaris dengan poros engkol. kemudian periksa kembali apakah templar atau penyetel klep ini sudah bisa bergerak atau tidak. jika bergerak ini adalah posisi top kompresi dan jika kedua penyetelnya ini tidak bergerak maka pada posisi overlaping.

Putar satu putaran kembali apabila pada posisi overlaping agar kembali pada posisi top kompresi. sialakan simak video cara stel klep vario 150 di bawah ini agar lebih jelas.

 https://youtu.be/WMmddYTGzhA

setelah di dapatkan top kompresi selanjutnya dalam menyetel klep vario 150 ini adalah dengan mengecek celah klep in dan ex nya. celah standar untuk vario LED ini adalah 0,10 mm dan 0,25 dalam kondisi mesin dingin. celah klep akan bertambah besar seiring dengan panas mesin meningkat. oleh karena itu, penyetelan mesin lebih baik menunggu hingga mesin menjdi dingin agar penyetelan sempurna.

penyetelan untuk menghasilkan terikan yagn responsif dilakukan dengan cara stel klep vario 150 ini menjadi 0,15 dan 0,25. Dengan celah ini maka akan terasa tenaga lebih terisi pada km 20 s.d. 80. Cara ini lebih efektif daripada penggantian roller yang memakan biaya pula dan dengan penggantian roller yang lebih ringan maka akan mengakibatkan tenaga tidak bisa maksimal pada putaran tinggi.

untuk kondisi mesin panas akan terdapat perbedaan dengan kondisi mesin dingin. pemuaian mesin sehingga klep menjadi lebih renggang. pemuaian pada setiap motor berbeda-beda sehingga salahnya pun kerenggangannnya tidak selalu sama. semua yang yang terjadi menyebabkan klip bisa merancang dari 0,01 sampai dengan 0,05. hal ini sangat tergantung pada tipe motornya.

untuk vario 125 maupun vario 150 peregangan yang terjadi biasanya kecil masih di antara 0,01 s.d. 0,02 dikarenakan mesin motor ini termasuk tebal. untuk penyetelan klep caranya ada di video bawah ini.



lebih lanjut untuk menyetel klep motor sport sering ditemui masalah klep yang berisik. hal ini sering terjadi pada motor yang belum mengadopsi model templar laher atau bearing rockker arm. penyeteln klep yang lebih kendor dari setandarnya guna mencari tenaga lebih adang mentok. namun demikian bisa diakali dengan caa penyetelan yang terpilih. aksudnya dari 4 klep motor pada motor sport tidak semua berisik, hanya satu sebagai pengecualian yang berisik. oleh karena itu, 3 klep lainnyabbisa distel diluar standarnya

cara stel klep motor 4 klp juga tidak muda paati desain mesin sedikit ribet seperti halnya motor vixion seterti video di bawah ini.
https://youtu.be/36G8j61b5A4

semoga artikel cara stel klep vario 150 ini bermanfaat dan selamat mencoba pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

bongkardulupasangkemudian.blogspot.com

8 comments:

  1. Mas, kalo aku tanya sama mekanik ahass disini, katanya celah klep untuk vario 150 itu in: 0,12 ex:0,18. Katanya sesuai buku pedoman reparasi.
    Gimana tuh mas?

    ReplyDelete
  2. Kayane kok 0,10 dan 0,25, stelan segitu lemotas amgkatannya

    ReplyDelete
  3. setahu saya in 0,15 ex 0,25 lebih enak,,

    ReplyDelete
  4. Iya mas, lebih responsif di buka tutup gas

    ReplyDelete
  5. Iya memang untuk power motor lebih berasa cuma suara mesinnya agak berisik

    ReplyDelete
  6. Maaf mas, kalo mesin panas bukannya besi akan memuai dan membuat celah klep akan semakin menyempit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas pemuaian alumunium lebih panjang daripada besi, mein lebih panjangn dari klepnya.. jadi lebih renggang pas panas

      Delete
  7. Bukannya kalo memuai akan memanjang dan membuat klep jadi rapat.. Biasanya motor akan tiba2 mati saat mesin panas,los kompresi karena klep terlalu rapat

    ReplyDelete

Popular Post