Tuesday, July 4, 2017

ganti kampas ganda vs ganjel per cvt vario

ganti kampas ganda vs ganjel per cvt vario ini dilakukan untuk menambah tenaga di angkatand an di putaran menengah. vario dengan km 50 rb ke atas dimana per cvt yang berfungsi menyipan tenaga mulai lemah dan kampas ganda yang berfungsi untuk memberi daya gedor di angaktan sudah loyo. kedua part ini akan membuat motor terasa gak nyaman selayaknya motor tua yang dipakai ibu ibu ke pasar.

permasalahan per cvt yang sering diganti dengan bukaan telat yaitu rpm 1000 atau bahkan 1500 menurut saya terlalu berlebihan. tenaga bawah sampai ke atas memang enak tapi akan menurunkan top speed secara signifikan. oleh karen itu, penambahan rpm untuk per cvt ini perlu diperhatikan. dengan sedikit ganjelan dar isi dari kabel speedo ini diharapkan tenaga pertengahan mulai kembali muncul tetapi masih bisa mengejar top speed.

cara ganjel cvt dengan mudah cek video di bawah ini.

 https://youtu.be/3tMalZU-sM0 

Cara ganjel per cvt juga manjur untuk motor jenis lain seperti mio soul gt 125 yang menggunakan per cvt lemah dibandingkan motor honda sangat cocok diaplikasikan ganjel kabel speedo. Berikut ino cara dan review nya.



Hal ini juga efektif untuk mengakali motor motor tua yang semakin melemah per cvt nya dimana umurnya kisaran 50 rb km. Penggunaan ganjel per cvt sepertinya wajib untuk mengembalikan performa motor tua yang semakin menurun. Cara jni saya aplikasikan pula pada mio x ride. Keluhan yang dirasakan tenaga tidak responsif. Ketika digas secara cepat untuk meningkatkan akselerasi malah tenaga tak kunjung naik. Ganjel kabel speedo di per cvt ternyata hasilnya pisitif untuk menambah tenaga baik di bawah maupun di atas. Namun demikian butuh waktu untuk memapankan v belt terhadap puli yang dikenakan per yang lebih keras. Akan nyaman kembali pada penggunaan setelah 2 minggu. Berikut ini videonya.




Selain pakai kabel speedo juga bisa dilakukan dengan benda selain besi lainnya, seperti karet seal oring, kabel engkel. Aman dikarenakan memang colar lawan dari collar puli terbuat dari plastik.

Nekat ganjel per CVT pakai seal karet di video bawah ini.
https://youtu.be/hiVGaJRbXuM

Kekuatan karet ini cukup mengesankan hanya terjadi sedikit deformasi pada bagian yang terkena ujung per. gaya per yang ditekan secara terhadap arah aksial ternyata ada pergerakan secara radial. dalam hal ini karet tidak mengalami perubahan sama sekali. silakan dicoba.

buka juga artike lain.
Cara Pembersihan CVT Matik Honda
cara membuka laher bearing cvt Honda
cvt vario bunyi klotok klotok

kemudian dari permasalahn yang membuat angkatan terasa loyo yaitu kampas ganda mulai aus. akibat yang bisa dirasakan karena kampas ganda ini mulai aus adalah gereng pada waktu angkatan pertama. hal ini bisa menyebabkan mangkoan atau rumah kopling aus bergaris. jika sudah aus bergaris maka akan bunyi berdecit seperti video di bawah ini.


dengan penggantian kampas ganda hasil yang diharapkan adalah angkatan lebih ringan dan pula keawetan rumah kopling juga terjaga. kemudian daripada itu, dengan penambahan ganjel per cvt diharapkan motor lebih bertenaga di putaran mesin menengah. serhingga power ketika motor masih baru akan terasa kembali lagi dan motor tua ini akan kembali muda dan beringas.

cek cara ganti kampas ganda vs ganjel per cvt vario di video bawah ini.



part lain yang perlu diperhatikan ketika mengganti kampas ganda ini adalah keausan kampas ganda terhadap as dudukannya. keausan dudukan as kampas ganda ini bisa menyebabkan bunyi ketika motor awal jalan. pula pada seal seal puli belakang perlu diganti jika terdapat grease yang merembes.

Beberapa part yang bisa diandalkan untuk mengganti kampas ganda selain orisinil terdapat part yang harganya dan kualitas yang tidak kalah. lebih dari itu part ini lebih lengkap sudah termasuk dudukannya. yang dimaksud dudukan disini sepaket, yaitu; kampas ganda, per tiga buah, ganjel karet tiga buah dan pastinya dudukan beserta kancingannya, lengkap!



Kondisi kampas ganda yang aus bisa dilakukan perbaikan sementara agar bisa berfungsi seperti kondisi masih bagus. Kondisi yang dirasakan ketika kampas ganda sudah mulai aus adalah motor gerung pada saat gas awal. Antara bukaan gas dan tenaga yang dihasilkan tidak sinergis. untuk mengakali kondisi ini maka dibutuhkan trik yang salah satunya dengan mengendorkan per 3 biji pada kampas ganda seperti video di bawah ini.


semoga artikel ganti kampas ganda vs ganjel per cvt vario ini bermanfaat.
silakan follow instagram kami untuk tips tips menarik
@rumputtekichannel

5 comments:

  1. Ms mw tanya? Motorku vario150, rute perjalanan luar kota jaraknya 50km, setingan yg enak buat jalan jauh gmn ya, akselerasi ke 100km cepat tpi 100km ke atas susah di capai, apa yg perlu di setting, area cvtnya kh atau bisa di akali dengan setting klepny... Ditungggu jwabannya ms, mathursuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk part cvt hanya perlu dibersihkan sja... km berapa mas? seprti filter bis ada jadwalnya penggantian

      Delete
    2. Km ny sdah 30.000 km mtor blum ada setahun mklum luar kota trus jarak tempuh per hari 100km hehe trkhir sdah gnti vbelt,roller dgn filter...

      Delete
    3. Kondisi motor standar dah enak mas, sebulan sekali buka cvt aja mas, cuci beltnya... Kerasa lebih enteng tidak perlu tambah atau ganti part variasi

      Delete

Popular Post