Friday, September 22, 2017

honda beat fi brebet putaran bawah

honda beat fi brebet putaran bawah memiliki karakterisitk berbeda tergantung part yang bermasalah. permasalahan gas yang telat bisa berasal dari part dalam cvt jika tenaga yang dihasilkan ada tapi tidak responsif. akan berbeda kasus bila di gas tenaga motor telat naik. dan pula kadang mau mati. penggunaan motor pada kasus seperti ini gas harus dibuka secara perlahan.

sesuai dengan namanya, motor injeksi diambil dari nama sistemnya dimana bahan bakar disuntikkan. berbeda dengan motor dengan karburator yang memanfaatkan kevakuman untuk menarik bahan bakar. motor ini juga memanfaatkan kevakuman untuk sensor tetapi pada sistem bahan bakarnya memanfaatkan tekanan dari bensin yang dihasilkan oleh pompa bensin. jadi ibarat manusia, pompa bensin ini sebagai jantung yang memopa darah ke seluruh tubuh.  Oleh karena itu, dengan rusaknya pompa bensin akan menyebabkan honda beat fi brebet putaran bawah.

baca juga artikel lain.

gejala yang dirasakan pada honda beat fi brebet putaran bawah ini yaitu ketika gas akan di buka maka terasa mesin tidak mau naik putaran mesinnya. dan terjadi lebih parah jika di buka secara tiba tiba. untuk tekanan pompa yang sampai menurun drastis dalam keadaan mau menghidupkan mesin saja sudah sulit.

khusus motor injeksi honda memiliki rata rata tekanan 294 kpa. baik yang bebek, matik maupun sport memiliki tekanan yang sama. dengan ambang batas minimal 263 kpa dan maksimal 312 kpa. jarang dikeluhkan tekanan yang kelebihan sudah dipasangkan alat untuk membatasi tekanan. hal ini bertujuan menghemat bensin dan pula part yang berhubungnan, pompa sendiri, injektor dan selang pula. yang biasa bermasalah yaitu ketika tekanan pompa menurun contohnya, honda beat fi brebet putaran bawah, atau bahkan sulit dihidupkan.

kemungkinan lain yang terjadi seperti injektor kotor yang menyebabkan honda beat fi brebet putaran bawah masih jarang ditemukan. untuk semua model motor honga injeksi masih sangat jarang ditemui injektor kotor yang mengakibatkan permasalahan.

Alat yang bisa digunakan untuk mengecek tekanan pompa adalah pressure gauge dengan rentang hingga 400 kpa. alat ini mirip dengan pengecek tekanan ban. hanya saja alat ini tidak bisa untuk memompa hanya sekedar mengecek tekanan yang dihasilkan suatu part. dalam hal ini, yaitu mengukur tekanan pompa bahan bakar.

untuk mengecek tekanan pompa bensin yang bermasalah pada honda beat fi brebet putaran bawah maka perlu dipelas selang pada injektor. kemudian dihubungkan selang dengan alat pressure gauge dan posisikan kontak on. lakukan beberapa kali hingga angin pada selang keluar hingga didapatkan tekanan pompa yang terbesar.

lakukan penggantian pompa bensin jika tertera tekanan di di bawah batas yaitu 263 kpa. namun perlu juga dicurigai jika saja alat pengukur sudah tidak akurat. dalam hal ini kondisi alat harus dilakukan pengecekan secara rutin agar selalu dalam kondisi terbaik.

silakan tonton video cara penggantian pompa bahan bakar pada honda beat fi brebet putaran bawah yang bermasalah di bawah ini.
VIDEO DALAM PROSES EDITING

dalam penggantian atau pekerjaan yang berkaitan dengan pelepasan dan pemasangan pompa bensin dianjurkan menggunakan seal pompa bensin yang baru. hal ini dianjurkan dalam kaitannya seal yang telah terkena bensin akan memuai dan pula part ini sangat rentan mengalami kerusakan dalam pemasangan.

kerusakan dalam pemasangan dikarenakan memang seal ini bentuknya besar dibandingkan ruang jarak antara pompa dan tangkinya. tidak sedikit permasalahan seal pompa bensin rembes yang bisa di lihat ketika kondisi tangki penuh maka bensin akan terus mengucur melalui seal ini. pengecekan yang dilakukan biasanya kondisi seal robek karena terjepit dalam pemasangan.

langkah pemasangan pompa injeksi pada honda beat fi brebet putaran bawah bisa dilakukan dengan menggunakan sedikit oli pada seal ini sehingga ketika dilakukan pemasangan seal bisa mapan dengan baik. apabila terlihat mengelipat lebih baik dibenarkan terlebih dahulu.

namun demikian masalah brebet bisa karena part lain juga. yang paling berpengaruh dan sering bermasalah berasal dari kabel sensor ckp.



Permasalahan motor tertahan pada putaran bawah ini disebabkan pompa bensin yang sudah menurun tekanannya. namun demikian jka motor mengalami brebet pada putaran tinggi dan top speed malah nyendat sangat dimungkinkan terjadi karena masalah filter yang mulai kotor. Filter sebagai penyebab tertahan pada putaran tinggi bisa terjadi seperti pada video di bawah ini.




semoga artikel honda beat fi brebet putaran bawah ini bermanfaat.

kunjungi instagram kami
 https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

7 comments:

  1. gan beat saya brebet. udah bolak balik ahass smpai bbrp montir nyerah. ganti part sana sini mulai dr fuel pump, busi, kpala busi, o ring, filter udara, injektor juga dah d bersihin, tp sembuh nya cm pas di reset, lalu bbrp hari kmudian rata rata 2 hari kumat lg. reset lg smbuh lg. kira2 dmn mslh nya ya gan

    ReplyDelete
  2. Bang beat fi saya kok gk mau nyala yaa, kadang nyala tp di gas gk mau naik, trus karbunya di kop batu mau naik gasnya, apa ya bang kendalanya

    ReplyDelete
  3. Bang beat fi saya kok gk mau nyala yaa, kadang nyala tp di gas gk mau naik, trus karbunya di kop baru mau naik gasnya, apa ya bang kendalanya

    ReplyDelete
  4. Mas beat saya udah injexi ganti kuil ganti tapi masih bebet apanya ya mas

    ReplyDelete
  5. Punya saya juga brebet pada putaran bawah masuk bengkel seminggu sembuh kumat lagi..sudah 2x masuk bengkel sama cuma tahan seminggu brebet lagi...bermasalah dimananya ya gan..

    ReplyDelete
  6. Kasus sama..brebet putaran bawah 2x masuk bengkel cuma tahan 1vminggu brebet lagi..apanya tu gan

    ReplyDelete

Popular Post