Saturday, May 6, 2017

cara setel angin injeksi

cara setel angin injeksi motor honda terdapat bapa baut plus hitam yang terbuat dari plastik dengan per yang tedapat di bagian luarnya. penyetelan angin ini dimaksudkan untuk menyetel langsam motor agar memnuhi standar yang diperlukan yaitu 1400 rpm untuk bebek dan 1700 rpm untuk matik. besarnya rpm ini dibutuhkan untuk menjalankan oli mesin dengan benar, menjada lampu menyala terang dan pula roller menjadi lebih awet utuk matik. penyetel untuk motor bebek terdapat pada bagian samping kanan melalui lubang di bawah filter. gunakanlah penerangan agar terlihat dengan baik.

beberapa macam kendaran injeksi honda memiliki penyetel angin yang berbentuk baut plastik ini yaitu generasi injeksi honda akhir akhir ini. untuk penyetel injeksi pada generasi pertama seperti yang terpasang pada honda supra pgm fi lawas penyetel angin menggunakan baut kuningan yang berbentuk silangan garis tapi penyetel tetap menggunakan obeng minus dan hampir sama metode penyetelannya dengan model baru ini.

baca juga artikel lain

cara setel angin injeksi dengan langkah langkah berikut ini. Langkah pertama, cari baut hitam yang terdapat pada throttle body berkepala baut plus dengan salah satu garisnya memanjang sehingga bisa pula distel menggunakan obeng minus. akan lebih baik jika dalam penyetelana angin injeksi ini juga dibersihkan throtle bodynya sehingga alirang angin akan lancar dan sensor bekerja dengan baik.

apabila dirasa tidak mampu membersihkan throttle body maka bisa dilakukan dengan membersihkan penyetel anginnya ini dan pula lubangnya. bisa menggunakan bensin atau menggunakan carburator cleaner untuk hasil yang lebih baik. Oleh karena, itu perlu dilepas penyetel angin ini.

Langkah selanjutnya memasang kembali penyetel angin dengan sedikit dilumasi pada bagian ulirnya menggunakan oli agar masuk dengan benar. dikarenakn ulirnya ini yang kecil bisa menyebabkan kerusakan penyetel angin ini jika tidak benar dalam mengulir pertama kali. putar penyetel ini hingga mentok dan keluarkan kembali 2 putaran dan seperdelepan.

simak video cara setel angin injeksi di bawah ini.



Biarkan hingga 20 detik sampai perubahan putaran langsamnya tidak berubah. benar memang sensor pada trhotle position dan iacv perlu merespon terlebih dahulu beberapa saat untuk mendapatkan putaran yang sesuai dengan ecm. apabila putaran mesin sudah baik maka penyetelan sudah selesai. masalah yang timbul pada penyetelan angin injeksi ini sering terjadi putaran yang terlalu kecil pada putaran penyetel standarnya.

permasalahan putaran motor yang tidak bisa langsam atau tidak sesuai putaran mesin yang dipastikan bisa dilakukan perbaikan dengan mereset ecm dan tp. dengan reset ini pasti bisa dipastikan bisa maksimal. hanya sedikit kasus motor yang tidak bisa langsam karena permasalahan part pada injeksi motor logo bersayap ini.

semikian artikel cara setel angin injeksi ini semoga bermanfaat.salam

rumput teki channel

3 comments:

  1. #oot
    Gan mau tanya, saya habis ganti stang piston Supra 125, saya bongkar sendiri, sesudah saya pasang,engkol bermasalah, kayak blong. Saat as engkol saya puter dan per engkol saya pasang cuma dapet satu kali engkol, setelah itu di engkol blong lg, sampe kaki posisi bawah baru dapat lg, apanya yg salah gan ?
    Mohon pencerahannya dan salam dari jambi . Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok sepertinya pemasanga kampas koplingnya belum bener mas, jadi kerasa selip,stelannya sudah dibenerin belum mas

      Delete
  2. Om...mau nanya donk.klo setingan langsam cbr fi...posisi ny di mana ya.soal ny rpm di angka 1700...pengen di turunin.di 1400 biyar mesin stabil

    ReplyDelete

Popular Post