Thursday, November 16, 2017

Mengukur Tekanan Fuel Pump Motor Honda

mengukur tekanan fuel pump motor honda bisa menggunakan AVO meter selain menggunakan fuel pressure gauge. gunakan ohm meter untuk menghitung tahanan yang dihasilkan oleh kumparan fuelpump. dengan pengukuran tahanan fuel pump ini bisa untuk menggantikan dari fungsi pressure gauge yang jarang ditemui dan dari segi harga juga mahal.

hasil penukuran dikaitkan dengan ukuran standar dari tahanan standar dari pompa yang dalam kondisi baik. ukuran tahanan minimal pada fuelpump tidak terbatas karena dalam kondisi minimal merupakan gambaran dari kondisi yang masih bagus. maka ukurang yang digunakan untuk mengukur tekanan fuel pump motor honda menggunakan AVO meter adalah batasan maksimal tahanan yang dianjurkan.

Pengukuran yang dihasilkan dengan pressure gauge tentu lebih akurat dalam dibandingkan dengan menggunakan ukuran tahanan. dengan batasan minimal tekanan fuelpump sebesar 263 kpa. dengan menggunakan pressure gauge pasti akan lebih jelas tekanan real yang dihasilkan oleh fuel pump. berbeda dengan menggunakan ohm meter hanya menggunakan batasan maksimal tahanan yang dihasilkan harus tidak lebih dari 3,3 ohm.

diakatakan tekanan fuel pump masih baik jika tekanan masih di bawah 3 ohm. dan tekanan menurun jika sudah mencapai 3,3 ohm. di atas 3,3 ohm maka layak dilakukan penggantian fuel pump. cek video cara mengecek tekanan pompa bensin menggunakan avo meter di bawah ini.

Video dalam proses editing

berikut ini cek volume debit fuelpump dengan cara sederhana untuk mengetahui tekanan yang normal atau tidak.



debit setiap motor Honda berbeda beda, dan dari CC mesin pun tidak bisa menjadi patokan debit volume yang dikeluarkan oleh pompa bensin.

dalam pengukuran tekanan pompa fuelpump ini perlu diperhatikan bahwasannya pada soket fuel pump ini terdapat 4 pin yang merupakan 2 buah pin untuk fuel pump dan 2 lainnya sebagai pin soket untuk fuel unit ( meter bensin ). warna kabel untuk meter bensin kuning dan hijau, sisanya biasanya coklat dan biru sebagai pin untuk fuel pump. detailnya silakan kunjungi instagram kami.

sebagai kondisi yang sulit dilkakukan jumper atau kabel untuk menempelkan kabel avo pada pin soket fuel pump maka disunakan jumper seperti di video di atas. selain lebih akurat dalam perhitungan juga mengamankan agar tidak terjadi kerusakan pada soketnya.

untuk melakukan pengukuran dengan menggunakan pressuer gauge bisa dilihat pada video di bawah ini beserta cara penggantian fuelpump. di vidio ini fuelpump sudah mengalami penurunan yang signifikan di bawah standar sehingga keluhan yang brebet pada putaran rendah bisa dirasakan. oleh karena itu, penggantian fuel pump layak dilakukan dan hasilnya motor kembali bertenaga pada putaran bawah.

honda beat fi brebet putaran bawah

semoga artikel  Mengukur Tekanan Fuel Pump Motor Honda ini bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Popular Post