Thursday, November 30, 2017

Analisa Penyebab Motor Mati Mendadak Saat Jalan

Penyebab motor mati mendadak saat jalan bisa terjadi karena kompresi hilang pada umumnya tapi masih ada dua faktor lain yang bisa menyebabkan motor bisa mati mendadak saat jalan. hal ini bisa menimpa baik motor belum injeksi sampai dengan teknologi injeksi terbaru. faktor lain yang bisa berpengaruh sebagai penyebab motor mati mendadak saat jalan lainnya masih terdapat faktor api dan bahan bakar.

sebagaimana syarat motor bisa hidup dibutuhkan 3 faktor utama yaitu, ada bahan bakar, ada api dan ada kompresi. ketiga faktor tersebut harus terpenuhi jika salah satu faktor tersebut tidak terpenuhi motor tidak bisa dihidupkan. sehingga bisa disimpulkan bahwa hilangnya satu faktor tersebut ketiga motor saat jalan tidak ada.

baca artikel lain.
Upgrade Vario 125 & 150 Harian
Cara menyetel karburator motor supra
ini alasan mengapa  motor matik bergetar
  
faktor yang sering hilang dari ketiga faktor itu ketika berjalan adalah kompresi. dengan sistem klep yang menggunakan per lemah untuk menghemat bahan bakar. kotoran yang mengganjal pada klep tidak bisa langsung hilang seperti layaknya motor bebek yang memiliki per klep kencang. per klep kencang ini dibutuhkan untuk mengantisipasi klep tidak kembali karena motor dulu tidak memiliki limiter. bayangkan motor sekarang ada limiternya semua jadi tidak membutuhkan per klep keras.

untuk menganalisa penyebab motor mati mendadak saat jalan langkah pertama dilakukan kick starter. hilangnya kompresi menyebabkan kick starter menjadi ringan tidak ada tahanan sama sekali. untuk mengembalikan kompresi yang hilang karena kerak karbon yang mengganjal klep ini bisa dilakukan

dengan buka tutup gas sambil dilakukan kick starter atau starter elektirk. secara logika maka angin yang masuk ruang bakar akan tambah yang diharapkan bisa membuang kerak karbon yang mengganjal klep.

jika memang tidak dikejar waktu, untuk menghidupkan kembali motor yang mogok karena hilang kompresi bisa ditunggu hingga 10 menit. dalam kurun waktu ini, kerak yang mengganjal klep akan tertekan dan menjadi lebih rapat kemblai celah klep nya. dengan dilakukan starter maksimal 3 kali maka motor akan hidup kembali.

untuk mempercepat mengembalikan kompresi bisa dilakukan dengan memberikan oli mesin pada ruang bakar sejumpalh tutup botol minuman. oli ini berguna untuk menutup bagian klep yang terganjal maka kompresi bisa muncul dengan cepat.

jika sobat ingin menghidupkan motor mati mendadak saat jalan dengan cara memberikan oli ke ruang bakar ini sebaiknya ketika melepas busi juga cek kondisi api dari busi. sekaligus mengecek kondisi api dimana menjadi faktor lain dalam menjadi syarat motor agar hidup. untuk mengecek kondisi dari api busi pasti sobat tahu sendiri ya.

cek video analisa penyebab motor mati mendadak saat jalan di bawah ini.



Selain karburator, hilang kompresi juga bisa melanda injeksi. Bukan masalah kerak bahan bakar yang menumpuk sebagai penebab utama, malah desain per klep yang ringan. Jadi kebanyakan hilang konpresi tidak melanda motor tua karena didesain dengan per klep keras agar klep tidak menumbuk klep saat putaran mesin tinggi tanpa limit. Motor sekarang limit rpm dibuat rendah karena bahan juga sudah beda, bayangkan saja mesin motor grand dilahirkan kembali sekarang harganya bakalan berapa.

Desain mesin motor dengan limiter disesuaikan menyeeluruh kebagian mesin lain, seperti; seher pendek, konpresi besar,  per klep lemah, dll. Hal ini ternyata bikin kerak ruang bakar bakar ketika lepas dan ganjel klep ex, ya sudah klepnya mengo, terbuka. Beda sama motor jaman dulu, paling kerasa batuk doang atau malah langsung terlidas klep dan hilang. Berikut urutan mengatasi motor macet di jalan.




untuk mengantisipasi motor macet yang hilang kompresi kembali berikut ini caranya.



Analisa dasar di atas sangat efektif dilakukan untuk menangani masalah sering hilang kompresi. Lebih lanjut, berikut ini contoh mesin yang sering hilang kompresi, tidak lain tidak bukan, masalah berasal dari banyaknya oli yang  masuk ruangbl bakar. Jangan tertipu suuara mesin halus dan hanya ngebul sedikit karena knalpot sudah menggunakan cathalityc converter. Cek sisa oli penggantian rutin 2 rb km sekali. Dan hasilnya seperti video di bawah ini.



Dengan ausnya seher di atas ternyata mesinnya mazih halus tapi memang jika diperhatikan terlihat ngebul knalpotnya.

faktor lain yang bisa menjadikan macet yaitu tidak adanya bahan bakar. untuk mengecek menganalisa tidak adanya bahan bakar sangatlah mudah. macetnya bahan bakar yang habis bisa dirasakan ketika motor akan mati terasa brebet dan pastikan kondisi tangki motor sobat masih penuh kagak.

kacang sobat menemui kondisi bensin yang masih di atas E tapi mesin mati yang terasa brebet sebelumnya. tetapi ketika dicek bensin di dalam tangki sudah kosong. kejadian ini sering menimpa motor Supra 125 x jika apung apung bensin nya di tangki bermasalah.

Video lain cara memperbaiki motor macet dan brebet karena faktor pengapian pada moto injeksi.



masalah pada video di atas banyak terjadi pada Honda Beat ESP. koneksi antara sensor ckp dan cmp terganggu oleh kabel yang tidak baik. ada beberapa yang lecet sampai dengan soketnya tidak kencang. 

sediakan tali atau kabel tis untuk memasang kabel menjauhi body mesin dengan memanfaatkan corong botol body atau kabel gas. diharapkan dengan cara ini kabel tidak konslet terhadap mesin.

contoh lain yang terjadi karena adanya korsleting menyebabkan motor tidak bisa hidup dan mati mendadak. kabel pada injeksi sangat rentan dengan jumlah yang banyak berbeda dengan modal karburator. kabel hanya berurusan dengan pengapian dengan injeksi berurusan dengan pengapian dan bahan bakar.

berikut ini video motor Beat injeksi yang macet dengan kondisi mil kedip 12 ( 1 panjang 2 pendek).



memang hal ini jarang terjadi dikarenakan kecerobohan dengan melepas dudukan dari kabel injeksi yang rentan membuat motor macet ketika bermasalah. paling tidak pada setiap sensor atau komponen injeksi memiliki dua kabel. sebagai arus supply dan sebagai arus pengatur daya.

kabel hitam-putih ini memasuki beberapa komponen utama pada sistem injeksi seperti pompa bensin dan injector. apabila terdapat masalah pada kabel ini maka ketika kunci kontak on tidak terdapat bunyi nging pada pompa bensin. dan pastinya kedip 12 sebagai indikasi dari injektor yang bermasalah.

untuk menyelesaikan masalah ini dilakukan perbaikan penyambungan menggunakan solder. karena sensor bekerja dengan hambatan maka kabel harus dipastikan hambatannya 0.b sehingga tidak menggangu kinerja dari ECM.

catatan penting bahwa ketika mengecek kondisi api busi diharapkan menjauhi ruang bakar. hal ini untuk mengantisipasi terjadinya pembakaran diluar. kondisi sistem injeksi yang bisa menyemprokan bahan bakar tanpa ada kevakukam akan menyebabkan kebakaran jika disulut oleh api busi.

Hal spesial bakal terjadi jika kerusakannya korslet. Memang sudah diantisipasi oleh pabrik dengan penggunaan sekering untuk memutus hubungan arus pendek. Namun pada mesin motor injeksi kasusnya bisa gak cuman berhenti di kabel korslet dan sekering saja. Berikut ini kejadian sekering 10 A untuk area Coil, Injektor dan Pompa putus tapi ECU mati.



Pada kondisi nornal ketika kunci kontak ON seharusnya tidak ada arus yang melewati coil yang diindikasikan panas menyengat. Kasus ini spesial karena ECM rusak karena kroslet yang sudah melewati sekering yang putus.

semoga artikel analisa penyebab motor mati mendadak saat jalan ini bermanfaat.
follow rumput teki channel ya!

instagram

blog

subscribe

No comments:

Post a Comment

Popular Post