Friday, November 10, 2017

Merawat Motor Matik Dengan Benar

Merawat motor matik dengan benar harus disesuaikan dengan SOP perawatan yang berlaku. SOP perawatan ini terdapat pada BPR atau Buku PEdoman Perawatan masing masing motor. dan sudah diringkas dengan baik pada buku pedoman pemilik dan buku servis yang diberikan kepada pelanggan pada setiap motor yang dilepas ke pasaran. Dengan mengikuti aturan petunjuk ini maka sobat sudah merawat motor matik dengan benar.

Perawatan yang paling utama pada motor pastinya servis. tapi tahukan bahwa setiap servis kilometer tertentu memiliki perawatan yang berbeda. perbedaan ini disebabkan karena setiap part memiliki umur atau lifetime yang berbeda beda. Sebagai pedoman untuk perawatan sepeda motor matik silakan kunungi tautan di bawah ini.


beberapa part yang paling rutin diganti adalah oli mesin. oli mesin wajib diganti setiap 2 rb km. walaupun pada buku servis oli mesin bisa bertahan sampai dengan 4 rb km tetapi untuk memperoleh keawetan dan ekonomis yang tepat maka penggantian oli dilakukan setiap 2 rb km. dan akan lebih efektif jika penggantian oli dilakkukan melalui filter oli seperti video di bawah ini.



dan tentunya kapan jadwal untuk penggantian oli gardan sangat penting dilakukan sesuaumurnya yaitu 8 rb km sekali. jika dilakukan terlalu sering memang awet untuk gear dan laher gearbox tetapi baut bisa cepat rusak ulirnya. penggantian oli gardan setiap km ini bisa dilakukan seperti tautan di bawah ini.

Cara ganti Oli gardan honda vario 125 & 150

Selain oli gardan terdapat part seperti busi yang juga dilakukan setiap 8 rb km untuk diganti dan pula CVT untuk dibersihkan. busi memiliki kefektifan dalam performa sampai dengan 8 rb km dan akan mengalami pe#nurunan kualitas yang signifikan setelah mencapai lebih dari 8.000 km. hal ini ditandai dengan knalpot sering nembak, tenaga sering terasa tersedak, putaran langsam mati sendiri, dll.

Hal yang paling penting dalam perawatan matik tentunya bagian cvt yang harus dilakukan setiap 8 rb km. dalam perwatan ini semua bagian cvt yang terkeda debu harus dibersihkand dan bagian seal yang mengalami kebocoran harus diganti baik dari bagian oli mesin atau grease. tetapi juga ada part yang harus dibersihkan dan dikasih grease seperti perawatan cvt di bawah ini.



kemudian pada bagian cvt pun harus dibersihkan dengan seksama agar menghasilkan keawetan yang lebih dan pula performa yang meyakinkan. beberapa part seperti v belt harus dipastikan bersih dari debu. pebersihan dengan angin belum bisa mengatasi permasalahan v belt sehingga pencucian belt bisa dilakukan untuk meningkatkan performa dari v belt seperti video di bawah ini.

part pada CVT pasti akan mengalami keausan yang menyebabkan berkurangnya top speed. hal ini tidak bisa hindari karena part dalam CVT ini pasti akan mengalami keausan dikit demi sedikit. gak usah yang sering terjadi yaitu pada rumah roller roller 3 gram per CVT yang bisa menyebabkan turunnya top speed pada motor matic khususnya Vario ESP.

selain pada CVT, dapur pacu pada area seker sudah bisa menyebabkan tenaga berkurang. kompresi menurun secara drastis sehingga top speed pun tidak bisa maksimal. hal ini ditandai dengan berkurangnya oli mesin secara signifikan dalam kurun waktu 2 bulan atau 2000 kilo meter oli berkurang lebih dari setengah botol.

pada bagian yang lain seperti ban tipis pastinya akan menyebabkan putaran roda lebih cepat sehingga pada waktu putaran tinggi kecepatan berkurang. namun walau ban sudah tipis tenaga awalan lebih enteng. pembahasan tentang top speed pada motor matic ini terjadi dirasakan mulai KM 10.000. terutama keausan pada CVT.

penjelasan video ada di bawah ini tentang ngedrop nya top speed motor pada vario 125.



https://bongkardulupasangkemudian.blogspot.com/2017/05/bongkar-dan-servis-cvt-vario-150-setiap.htm
 Untk honda beat atau seri 110 cc kerusakan part cvt juga berbeda karakternya. Berikut ini video kerusakan part cvt honda beat fi, tetapi juga adabyang dikira rusak ternyata normal.



Normal tetapi dikira bermasalah, kadang juga tidak tahu masalah nya dari mana suatu part rusak diganti saja dan dalam waktu tidak lama part tersebut rusak kembali. Normal tetapi seperi tidak wajar di cvt. - as puli belakang seri 110 cc matik honda selalu gojlak, - kampas koplig selalu habis tidak sama, - v belt selalu aus rerak tidak sama antara kedua sisi - v belt tidak bisa molor tetapi menipis - rumah roller harus ganti jika oblak - laher puli belakang dan laher tutup cvt cepat rusak disebabkan mur 19 miring - cvt tidak memiliki filter angin yang ditarik kipas puli depan. - dan masih banyak lagi lainnya.


dengan merawat motor matik dengan benar pada bagian cvt dengan pembersihan, pencucian, dan pemberian grease diharuskan untuk meningkatkan keawetan dan performa motor. masih terdapat perawatan baik sekedar pemeriksaan, pembersihan atau penggantian yang disesuaikan dengan kadaluarsa setiap part pada artikel jadwal penggantian spare part vario 125

semoga artikel Merawat Motor Matik Dengan Benar ini bermanfaat untuk sobat semua

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel
Channel tambahan
https://www.youtube.com/channel/UCVvx0qmgFvZjpzP2xJcL_eg

No comments:

Post a Comment

Popular Post