Sunday, January 29, 2017

bagian cvt yang harus dilumasi grease DIY

pengecekan v belt dibutuhkan untuk mengetahui kerusakan yang akan terjadi.  hindari motor  macet dengan kondisi v belt putus. dikarenakan tidak semua bengkel mempunyai alat pembuka v belt yang baik dan benar. kondisi v belt dengan ciri ciri ada keretakan pada sisi dalam perlu dilakukan penggantian.namun tidak hanya v belt yang harus di cek ketika membuka v belt. pemberian pelumas grease pada bagian yang dibutuhkan diantaranya pinion starter dan gear kick starter agar penghidupan mesin mudah.

baca juga artikel lain

Buka CVT tanpa treker


pemberian pelumas ini dibarengi pula dengan pengecekan v belt. kondisi v belt yang sudah rusak adalah terdapat retak pada bagian dalam. semakin keras v belt sesuai penggunaan jarak jauh akan menyebabkan v belt cepat retak. penggunaan motor untuk jarak dekat akan lebih awet. kondisi v belt seperti ini sebenarnya akan terasa responsif pada saat akselerasi akan tetapi punya akan terasa getar ketika jalan langsam.

pemberian grease pada cvt dilakukan pada beberapa titik tanpa melakukan pg bongkaran seperti video di bawah ini.



tetapi jangan pernah melakukan pelumasan pada bagian roller. ataupun bagian rumah roller secara berlebihan karna akan menciprat ke bagian roller seperti video di bawah ini cara pemberian Gris pada bagian rumah roller.




bagian bagian ini harus diberi pelumas untuk menunjang performa mesin. untuk bagian utama lain juga perlu dibongkar untuk setiap 8000 km seperti bos dan rumah rollernya. namun dalam kondisi di bawah ini hanya bagian seperti pinion, laher cvt, kick starter dan bagian yang mampu dijangkau saja. dlaam kondisi standar pemberian grease bisa dilakukan ketika pembersihan v belt. akan tetapi bisa di sesuaikan dengan kondisi selah kick stater yang macet.

Pemberian grease juga harus disesuaikan dengan jenis greasenya. Tidak diperbolehkan grease yang bukan khusus untuk CVT digunakan karena akan mudah meleleh. Grease CVT dikeluarkan oleh Pabrikan motor, AHM Grease, SGO Grease dan Yamaha Grease. Jangan gunakan grease biru ( tidak perlu sebut merk juga dah pada tahu ) tidak cocok untuk CVT baik untuk puli depan dan belakang. Bahannya tidak kuat terhadap panas dan tekanan tinggi.

Penggunaan grease / vaselin / gemuk / stempet biru merk itu di puli belakang CVT akibatkan grease merembet ke v belt dan kampas kopling ganda. Akibatnya tenaga mesin berkurang melorot di video berikut.



untuk masalah lain yang sering dikeluhkan adalah bunyi cvt yang berlebih beberapa kawan di youtube sering mengeluhkan suara kasar ini dengan solusi diberi grease. hal ini malah akan menyebabkan v belt selip. untuk memaksimalkan kondisi cvt yang bertenaga dan masih kondisi suaranya senyap bisa dilakukan trik seperti video ini.

Solusi CVT Berisik Ngorok



semoga artikel bagian cvt yang harus diberi grease ini bermanfaat.

Pelumas yang digunakan pada bagian cvt ini disebut dengan grease cvt. berbagai macam grease cvt dibuat oleh masing masing pabrikan motor. mereka memiliki grease yang hampir sama dari kesemuanya, berbahan dasar grease yang ebrwarna kuning transpasan dan pula tidak terlalu lengket. pada honda dan suzuki hanya mengandalkan sebuah grease cvt untuk semua bagian dari cvt berbeda dengan yamaha yang menggunakan 2 buah macam grease; primary sheave grease dan secondary sheave grease. bagaiman perbedaan dari grease masing parbrikan dan apa bedanya grease yang dikelaskan sendiri, cek video berikut ini.
.


salam
rumput teki channel

2 comments:

  1. Mas....klw penyebab Vario 125 old lampunya redup kenapa y?sy udah coba ganti lampu ahm Dr yg 18 Watt SMP 25 Watt n merk2 lain.tetap aja redup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda bgt apa mas dari vario lainnya?
      Vario ini full wave kalo ngecek kiprok harus coba ganti kiprok lainnya, soalnya gak bisa ngukur2nya,

      Delete

Popular Post