Tuesday, January 3, 2017

How To Fix Cam Chain Tensioner Rantai Keteng Honda

How To Fix Cam Chain Tensioner Rantai Keteng Honda ini merupakan video untuk memperbaik semua janis silent chain. Silent chain diterapkan pada motor baru honda agar menghasilkan suara yang halus pada mesin, diantaranya: semua motor matik, supra X 125 karburator, semua jenis sport dan Supra 125 karburator. Akan tetapi, silent chain ini tidak diaplikan pada motor bebek PGM FI saat ini, entah apa yang dipikirkan oleh pihak penciptanya. Dengan bermacam macamnya penggunaan silent chain tentunya diperlukan ketrampilan untuk menangani permasalahan di silent chain ini. Oleh karena itu, mari kita bedah satu perasatu How To Fix Cam Chain Tensioner Rantai Keteng Honda.

Video ini memang saya buat secara spontan untuk teman saya yang tidak bisa berbahasa indonesia, Austin Walker. DIa mempunyai masalah dengan motor Honda sh125i 2014 esp yang mempunyai suara kletek kletek tidak konstan pada mesin bagian kiri. Saya teringat kembali permasalahan pada Honda Vario 125 FI ESP 2014 edisi awal dimana terdapat gejala yang sama. Di negara kita sendiri, perbaikan yang dilakukan pada bagian rantai keteng, atau bahasanya Austin cam chain.
Permasalahan utama dari Vario 125 FI ESP 2014 tahun pertama adalah sproket yang tidak center. Dari keolengan sproket ini akan menyebabkan rantai kamrat atau rantai keteng akan menegang dan mengendur.. Ketidakstabilan pergerakan rantai keteng akan menyebabkan kerusakan pada cam chain tensioner. Permasalahan yang timbul adalah tegangan cam chain tensioner menurun dan sebagian kecil pegas cam chain tensioner patah. Malahan pada cam chain atau rantai kamratnya sendiri sering tidak mengalami kerusakan yang signifikan.

Langkah perbaikan untuk permasalahan ini dengan penggantian tiga part; cam chain, cam chain tensioner, cam sproket. Untuk penanganan pertama, bisa dilakukan perbaikan pada cam chain tensioner terlebih dahulu. Lakukan perbaikan jika muncul suara tidak normal ini dengan membersihkan tensioner untuk mengembalikan tegangannya kembali seperti semula.

Permbersihan cam chain tensioner bisa langsung ketika masih menempel pada mesin dan jika dirasa mampu untuk melepas dan memasangnya kembali akan lebih baik jika rendam pada bensin. Pembersihan cam chain tensioner ini juga berlaku untuk motor Supra X 125 karburator yang sering dirasakan suara abnormal yang sama. Perbaikan dengan tanpa pelepasa cam chain tensioner bisa dilakukan dengan hanya membuka tutup baut plusnya. Gunakan mata obeng plus besar ukuran 3 atau ketok dengan obeng minus pada bagian sisinya jika baut terlalu kencang.

Gunakan obeng kecil agar bisa masuk kedalam lubang tensioner yang berukuran baut 10 ini. Putar kekanan hingga berhenti kemudian lepaskan maka akan kembali ketempat semula. Pengembalian inilah yang dimaksud dengan tekanan cam chain tensioner. Semakin kuat dan cepat pengembaliannya maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan. Rasakanlah pergerakannya untuk membedakan dengan hasil perbaikan yang akan dilakukan.

langkah perbaikan jika tanpa pembongkaran dilakukan dengan memberikan bensin dengan kuas pada obeng ketika dimasukkan ke dalam cam chain tensioner. Lakukan sekali pemberian bensin untuk tida kali putar ke kanan dan pelepasan. Akan sudah bisa dirasakan tekanannya meningkat. Lakukan hingga tiga kali cara diatas untuk menghasilkan tekanan yang baik. Cobalah hidupkan mesin apakah sudah ada perubahan. Perubahan suara mesin akan lebih halus tentunya atau mungkin juga akan ada suara sedikit mendengung ketika pembukaan gas dan penutupan gas.

Jika setelah dilakukan perbaikan cam chain tensioner seperti di atas tidak menghasilkan perubahan suara mesin, lepas dua buah baut yang terpasang pada tensioner. Langkah pembersihan dengan merendam cam chain tensioner pada bensin akan melarutkan kotoran yang menempel pada pegasnya. Pegas ini terbuat dari baja tipis yang digulung sehingga pada sela sela gulungannya akan terjadi timbunan oli yang mengering. Lakukan beberapa kali pemutaran cam chain tensioner kekanan dan lepaskan sembari direndam dalam bensin. Pergerakan tensioner ini akan memberikan efek pencucian pada pegasnya. Bisa dirasakan tekanan yang semakin meningkat.

Perbaikan cam chain tensioener dengan perendaman dalam bensin kadang juga tidak berhasil mengembalikan tekanan cam chain tensioner. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembongkaran untuk mengembalikan kekuatan pegas. Pembongkaran dilakukan dengan melepas kancingan baja pada bagian ujung rumah tensioner ini. Lepas semua bagian hingga pada bagian pegasnya dan bersihkan dari endapan oli yang lengket ini. Kembalikan tekanan pegas cam chain tensioner dengan meluruskannya menggunakan obeng min tadi.

Pemasangan dilakukan dengan memasang terlebih dahulu pegas dengan menggunakan dudukannya, ring, dan plastik penahan yang berasa di tengah. Putar obeng minus pada tensioner ini kekanan sehingga pegas akan tertarik. Pegas ini harus tertata dengan baik maka ulangi jika pegas keluar jalur. lakukan pemasangan pegas ini hingga tidak tersisa pegas diluarnya dan tentu saja tertata rapi didalamnya. Langkah selanjutnya dalam merakit cam chain tensioner dengan memasang ujung tendoner ini. Putar kekanan cam chain tensoner untuk mamasukkan kedalan ujungnya. Tekan dengan kuat ketika mentok agar pergerakan dari tensioner mati barulah kemudian kancingan dipasangkan.

Untuk melihat secara langsung, tontong video How To Fix Cam Chain Tensioner Rantai Keteng Honda di bawah ini




Cobalah tekanan cam chain tensioner terlebih dahulu untuk memastikan hasilnya sesuia harapan. Adakalnya daya pegas sudah menurun karena panas dari mesin. Untuk menambah tekanan pegas ini bisa dilihat dalam video di atas. Dengan cara menambah putaran pegas ini maka akan menghasilkan daya pentul yang lebih besar. Akan tetapi, tentu cara ini sedikit lebih sulit karena terkadang pegas akan lepas dan sobat harus memasang dari awal kembali.

untuk motor type K56, seperti CB150R, CBR150R, Sonic, supra GTR banyak dikeluhkan suara mesin yang kasar terutama kondisi mesin dingin saat putaran mesin stasioner. sudah banyak yang menyadari suara ini dari tensioner rantai keteng yang lemah tetapi banyak yang ganti baru padahal bisa disetting lagi. berikut ini cara setting tensioner kamrat agar tonjolan semakin kencang.



Dengan cara yang lebih sederhana, memperbaiki cam chain tensioner bisa dilakukan dengan cara di bawah ini.



baca artikel lain.
Cara Cepat Perbaiki rantai keteng berisik

 Panduan Memilih Oli Mesin 

Silakan pasang kembali cam chain tensioner pada mesin dengan kondisi cam chain tensioner masuk penuh ke dalam. jangan paksakan tansioner masuk kedalam dalam kondisi memanjang karena akan merusak cam cahin tensioner sendiri atau bahkan cam chainnya. Penggantian perpak besi ini dianjurkan jika cat hitamnya sudah retak atau luntur. Bisa pula di gunakan kembali asalkan dibersihkan dengan cermat. Apabila cat rusak, perpak besi ini harus dilem menggunakan lem mesin yang berkualitas baik.

berbeda dengan rantai kamrat silent chain. kadang salah pasang tidak berefek banyak pada kamrat seperti pemasangan roller kamrat yang meleset dari lubang ini.



roller kamrat ini berfungsi seperti rel kamrat yang menekan kamprat agar kencang. seperti halnya rel kamrat yang tidak bergerak, roller kamrat asal tidak lepas tetal berfungsi hanya cepat habis karetnya.

permasalahan bunyi kamrat pada model tensioner hidrolis terjadi karena tekanan hidrolik yang tidk terbentuk. kerusakan terjadi pada klep satu arah yang mengalami keausan. secara visual lewat bagian dalam seperti video di bawah ini harus dipastikan.



setelah kerusakan pada tensioner pastinya sudah ada kerusakan pada roller ataupun kampratnya. memperhatikan tensioner harus teliti seperti video di atas namun demikian untuk keluhan suara yang lain seperti bunyi sreng sreng mirip dengan air mendidih. diperhatikan kondisi dari rollernya. kemungkinan sudah gundul atau sudah mengeras. perhatikan pula kondisi dari gear dari gear oil pump jika gundul harus pula di ganti. berikut ini cara mengganti rantai kamprat Honda Supra grand prima Star secara lengkap.



Selamat mencoba
bongkar dulu pasang kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post