Monday, January 23, 2017

cara membersihkan karburator motor matic

cara membersihkan karburator motor matic ini dilakukan sama persis untuk semua motor honda matic, seperti; beat, vario, scoopy maupun spacy. Karakter sama untuk semua matic honda hanya berbeda tipis pada part kecil kecilnya. Bebrapa yang perlu diperhatikan lebih adalah per skep dan skepnya.  Dikarenakan bagian ini merupakan part yang bergerak secara otomatis mengatur campuran bahan bakar dan udara. Sehingga mempunyai peran yang amat penting dibutuhkan ketelitian yang lebih.

baca juga artikel lainnya
cara membersihkan throttle body dan setting injeksi honda beat

Mengatasi vario bergetar saat tarikan awal 

Trik Ganti lampu depan beat meleleh tanpa buka cover

cara membersihkan karburator motor matic dilakukan dengan melepas terlebih dahulu bagasi motor. Terdapat 2 buah buat 10 pada manifold dan sebuah baut plus yang menyambungkan karburator dengan karet filter. Jangan lupa untuk melepas kabel gas dan selang bensinnya. Dan untuk chocke otomatis tidak perlu dibongkar karena part yang kecil dengan kontruksi yang rumit bisa menjadikan choke tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan lebih mudah jika melepas karburator diatas mesin jika ingin melepasnya maka lepas pada bagian soketnya saja.

karburator ini sering mengalami baut macet pada bagian penutup spuyer dan vakumnya. Disarankan untuk memakai obeng yang berkualitas baik dan masih baru. jika baut sudah kelewat rusak, bisa dilakukan pembukaan dengan dua cara lagi. Yaitu dengan menggunakan tang untuk menjepit bagian sisi baut dan menetok dengan palu agar terjadi pergerakan baut.

pembersihan karburator matic sama seperti halnya pembersihan motor bebek hanya perbedaan di skepnya. Sehingga spuyer juga dibersihkan sama persis dengan karburator bebek yaitu dengan mengorek dengan menggunakan kabel agar kotoran yang menempel pada kuningan ini tergerus.

Bagian yang penting adalah skep ini, skep yang masih bisa digunakan adlah skep yang memiliki karet yang lentur. apablia terjadi sobek pada skep dan atau karet mengeras maka gantilah skep tersebut. demikian pula dengan per harus sesuai standar. Pengecekan vakum dan per vakum ini penting adanya sebagaimana kerja dari skep ini adalah berdasarkan kevakuman manifold yang diatur oleh throttle valve pada handle gas. kevakuman ini mempunyai daya penarikan skep sehingga per yang keras dan karet yang berlubang atau keras bisa memperlambat pergerakan skep.

Video pembersihan karburator matik menyusul. akan tetapi pastikan saja tidak terdapat bensin yang bocor pada bagian karburatornya. seperti video di bawah ini.
,


Untuk membersihkan karburator motor matik pun bisa dilakukan dengan cara yang sederhana seperti pada video dibawah ini.





bersihkan semua part termasuk bagian luar karburator agar menjadi kebanggaan dengan bersihnya karburator ini. Kemudian pasang kembali part partnya dan perhatikan pemasangan skep agar sesuai kedudukannya. kedudukan skep harus disesuaikan dengan lubang pada skep. lubang pada skep ini berfungsi untuk mengalirkan udara vakum ke ruang diatas skep yang bisa mengatur pergerakan vakum sesuai dengan kebutuhan mesin. jika pemasangan lubang ini tidak berada dekat dengan manifold maka pergerakan skep pun terhambat. akibatnya tenaga yang dihasilkan tidak maksimal.

Untuk membersihkan karburator motor yang menggunakan skep standar seperti motor bebek. pembersihan bisa menggunakan tanpa kompresor dan sebagai alternatif menggunakan pembersih lubang main jet dan slow jet. dengan cara ini karburator bisa bersih maksimal tanpa tiupan angin. video cara membersihkan karburator tanpa kompresor bisa dilihat pada video di bawah ini.



semoga artikel ini bermanfaat .

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.online 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

No comments:

Post a Comment

Popular Post