Monday, January 2, 2017

Pembersihan Filter Oli Vario

Pembersihan filter oli vario berlaku untuk semua honda matik seharusnya. Akan tetapi untuk vario 125 led dan 150 tentunya lebih mudah dalam perawatan saringan oli mesinnya sehingga bisa dicek rajin rajin. Dengan kontruksi yang sama dengan vario 125 old maka perawatan untuk pembersihan filter oli vario mudah dilakukan.

Saringan oli atau filter oli vario ini terbuat dari rajutan kawat baja sehingga kuat dan tidak perlu penggantian. Perawatannya bisa dilakukan setiap ganti oli mesin karena pembuangan oli melalui baut 12 lebih sulit dilakukan. Dan ketika pembukaan filter oli vario ini setiap penggantian oli mesin sering didapatkan kotoran seperti sisa lem, serabut kapas dan juga bram.

Alat yang digunakan kunci 17 ring atau kunci T 17. Penggunaan kunci pas tidak disarankan karena akan merusak kepala tutup baut filter oli ini. Dan perlu diperhatikan bahwa penggunaan ring yang sudah tidak baik akan merusak kepala baut filter oli ini yang terbuat dari alumunium alloy.

Gunakanlah nampan yang cukup untuk menampung 1 liter oli. Agar tidak tercecer maka sebakknya naikan wadah hingga oli habis. Seperti yang terlihat di video di bawah ini walaupun sudah diganjel pakai wadah oli masih saja tercecer. Ingat bahwa ketika jaman sekolah dulu ada sifat suatu cairan kohesi dan adesi. Dengan sifat oli ini yang melindungi permukaan mesin maka jelas bahwa oli memiliki adesi yang kuat. Maka demikian, oli tidak akan lurus turun ke bawah langsung tetapi akan tertarik oleh bagian mesin si sebelahnya.

Untuk melakukan pembersihan filter oli mesin vario cukup gunakan air gun atau juga bisa di bersihkan manual. Pembersihan juga dilakukan di tutup filter bagian sealnya agar seal tidak rembes. Perhatikan juga kodisi sealnya apakah masih lentur, masih menonjol, rembes atau tidak ketika terpasang. Ganti saja jika dirasa sudah jelek, harga seal cukup murah janya 1000 perak yang imitasi.

Video pemberishan filter oli di bawah.


https://youtu.be/rKJA1hzUBsU

Untuk memaksimalkan pembuangan oli bisa dengan memiringkan mesin tapi perhatikan aliran olinya tepat pada tempatnya. Dengan penggantian oli melewati filter oli maka pemasukan oli juga harus penuh yaitu 800 ml atau satu botol penuh. Oli yang diijinkan untuk memaksimalkan tenaga dan konsumsi bahan bakar adalah SAE 10W- 30. Dengan kualitas minimal SL.

Dalam kondisi motor yang sehat seharusnya sisa oli yang diganti rutin setiap 2000 km sekali seharusnya menyisakan lebih dari setemgah dari jumlah awal. Beberapa motor yang jarang digunakan bisa mencapai 4 bulan untuk menempuh jarak 2 rb km. Hal ini masih diperbolehkan sampai 4 bulan pemakaian. Dan ini merupakan batas yang bisa diambil untuk masa sekali ganti oli. Setahun 3 kali bukankah ringan? Selain menjaga mesin dalam kondisi optimal pastinya tenaga mesin juga lebih stabil. Seperti video di bawah ini.


https://youtu.be/UhkBEfm0Ibc

Kapasitas mesin berbeda beda tidak pasti sama jumlahnya dengan sebotol oli yang distandarkan untuk motornya. Misalnya beat fi maupun esp menggunakan oli 700cc yang jelas kuramg dari botolnya yang 800cc. Jika diisikan semua akan menjadikan motor lebih awet namun tenaga mesin mungkin akan mengurangi tenaga yang dihasilkan. Begitu pula dengan cb150r yang bervolume 1,1L olinya jangan sampai diisi 1,2 sesuai botolnya atau 1 L sesuai kapasitas oli cb old.

Kapasitas Oli Mesin Vario 150


BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA
Cara Pasang Roller yang Benar
Kontroversial Busa untuk Filter Udara Vario

Filter motor honda kebanyakan terbuat dari kasa baja. Berbeda dengan merk lain seperti suzuki terbuat dari kasa kertas. Penyaringan oli dengan kasa pastinya lebih baik dalam penyaringan partikel yang kecil. Namun, penyaringan yang baik hingga partikel yang terkecil ini akan menimbulkan filter oli menjadi tersumbat jika kotoran menumpuk. Alhasil motor akan cepat panas dan pula pelumaaan tidak maksimal. Lebih jelasnya cek video di bawah ini.



Kapan Filter Oli Motor Harus Diganti
https://youtu.be/PvW0EZMXj9Y

Bersihkan puka seal colok oli dari pasir dam debu. Bagian ini sangat mudah di hampiri debu dan pasir karena bagian ini sangat mudah terkena kotoran dari ban. Bersihkan pula lubang olinya dengan lap hingga bersih. Akan lebih baik jika dipastikan untuk mengecek kembali ketinggian oli. Kencangkan tutup oli dengan kencang agar tidak lepas dan tidak rembes. Adapun masalah rembes pada tutup colok oli dam cara perbaikannya seperti video di bawah ini.

masalah sepele yang sering menjadi trobel brekele yaitu ring baut tap oli. walaupun sekedar ring perapat oli, ring ini hanya sekali pakai. kadang malah sampai gepeng masih diertahankan.



masalah baut dol pada honda supra bisa ditangani dengan cara di bawah ini.


https://youtu.be/njxjT9pACe8

Masalah baut oli yang slek bisa dipastikan untuk dikencangkan jangan terlalu kencang karena memang gak bisa kencang. Namun demikian dengan pemberian pennganjel yang pas pasti baut kenceng dan rapat. Pemberian kebanyakan solatip atau seng sebagai penguat malah akan mengakibatkan masalah lebih serius seperti retak. 

Silakan mencoba...

Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel

suzuki sudah, honda apalgi. ini yang terjadi pada motor yamaha,


 https://youtu.be/5k5XTA3TVR8 

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.com

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/

tutorial perawatan motor
https://www.youtube.com/rumputteki

2 comments:

  1. pagi mas.. mau tanya saya ada vario 150 hampir setaun pemakaian.. kenapa yahk mas bbrapa bulan ini oli saya berkurang setiap ganti oli? padahal setiap pengantian oli tidak sampai 1500km, dan dyg dipakai oli motul matic., makasi mas sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin lama kan semakin keausn semakinbesar, normal klo berkurang semakin besar, asalkan pas di tab olinya tidak kurang dari setengah masih aman,

      Delete

Popular Post