Saturday, January 28, 2017

penyebab elektrik starter honda beat ngadat

penyebab elektrik starter honda beat ngadat terjadi karena beberapa hal yang harus diteliti. bagian utama sering terjadi adalah kerusakan sistem tombol starternya, diantaranya kabel yang putus atau switch rem yang putus. ada pula yang terjadi kerusakan pada bendik starter atau relay starter. akan tetapi pada akhirnya ada pula yang rusak hingga pada motor starternya. video ini merupakan perbaikan starter yang terjadi kerusakan pada motor starter.

baca juga artikel lainnya

gejala penyebab elektrik starter honda beat sering ngadat biasanya terjadi kerusakan pada aki yang mulai ngedrop. pada bagian lain sering pula tombol starter yang kotor sehingga koneksi kadang tidak nyambung. namun, ada yang telah memastikan semua hal tersebut tetapi tidak menemukan hal yang menjadi tersangka.

untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya ketelitian dan tentu saja timing yang tepat. segera dicek ketika motor tidak bisa starter. aki yang ngadat bisa dicek dengan melakukan starter terdapat gejala lampu speedometer yang berkedip. namun jika tidak demikian, kemungkinan besar adalah tidak nyambungnya koneksi hingga massa untuk menggerakkan motor starter.

untuk memeriksa tombol starter tingga dilangsung saja menggunakan kawat atau jarum pada konektornya. jika starter tidak hidup maka tombol starter tidak masalah. langkah selanjutnya lepas bendik starter atau relay starter untuk dicek jika motor starter dihidupkan secara langsung. gunakan kawat atau jarum atau kabel untuk meyambungkan konektor kabel besar yang dari aki menuju motor starter. Jika tidak juga starter hidup maka dipastikan kerusakan pada sikat motor starter.

sikat starter ini memiliki karakter yang sama seperti halnya tombol starter yang rusak. sama sekali tidak ada tanda kedipan lampu yang menandakan ada kontinuitas pada rangkaian starter. pembongkaran motor starter terdapat di bawah filter dibaut oleh dua buah baut 8 dengan 3 buah baut plus sebagai cover motor starter.

penyebab elektrik starter honda beat ngadat ini jarang ditemui sikat starter yang habis. akan tetapi, dikarenakan masa yang rusak. baut kecil yang memegan masa sering kali kendor dikarenakan plat yang dijadikan pengunci momennya mengendor. akibatnya terdapat sedikit pergerakan pada baut. pergerakan ini tentu saja menjadi aliran listrik terhambat dan terjadi bunga api akibat kontak yang sering kali terputus. terlalu lama dibiarkan baut yang dialiri listrik ini menjadi gosong. tumpukan karbon akibat baut yang tidak kencang ini mengakibatkan aliran arus listrik terhambat. alhasil starter mati.

untuk melihat kondisi penyebab elektrik starter honda beat ngadat ini silakan tonton video dibawah ini. sebagai referensi untuk masang sikat starter yang sulit ditahan, dibutuhkan holder seperti video di bawah ini.



Ketika sobat membuka starter ini pasti terkaget dengan kondisi sikat starter yang masih tebal. ketika mau melepas sikat starter negatifnya ternyata malah putus bautnya. pasti pusing kepala mikir bagaimana nyambung masanya. nah kali ini pas kasusnya. siapkan saja sikat starter yang baru, kalo bisa yang orisinil bawaan kalo tidak ada yang lain saja yang penting orisinil biar awet. 

sambung aja sikat starter yang lama dengan yang baru menggunakan baut. kenapa tidak di solder? dengan arus yang besar pada kabel ini sangat riskan jika disambung menggunakan solder. akan lebih aman jika disambung menggunakan baut. kemudian panjangnya kabel ini kita manfaatkan untuk menggapai dudukan baut yang satunya. dengan ini maka masa motor starter kembali kencang seperti semula.

pasang kembali satu persatu part yang dilepas, akan terasa akan lebih sulit untuk memasang sikat motor kumparannya dikarenakan sobat harus menahan sikat starter yang terdorong per. bisa juga pada saat ini sobat meminta bantuan teman disebelah sobat. hehe,,,

Permasalahan yang sering terjdi pada motor starter lainny adalah lepasnya magnet. hal ini tidak menimbulkan starter elektrik mati tetapi menjadi berisik. kondisi ini juga menjadikan starter terasa berat sehingga tidak bisa cek greng. untuk memperbiaiki magnet dinamo starter yang mati bisa cek video di bawah ini.


 https://youtu.be/Xa8F9cwkyrs 

perlu diperhatikan pula posisi magnet jangan sampai tertukar agar motor tidak berputar terbalik. jika pun motor terbalik tidak perlu melepas magnet kembali, hanya dengan memutar 180 derajat dudukan magnet ini maka motor akan kembali ke putaran normal.

kadang permasalahan bukan berasal dari sistem elektriknya. starter bisa nyala tapi terdengar terbebani dan ketika di kick starter pun terasa berat. jika kedua cara menghidupkan mesin ini terasa berat maka masalah berasal dari dekompresi yang tidak bekerja.

pada motor Honda Beat injeksi baik yang stater kasar ataupun yang ACG starter, memiliki konstruksi dikompresi yang sama. terdapat dekompresi pada noken as yang tidak berfungsi.

berikut ini video masalah electric starter dan kick starter Honda Beat injeksi berat.



permasalahan dekompresi Honda Beat injeksi yang tidak bekerja ini disebabkan oleh kehabisan oli. mesin yang kehabisan oli pasti panasnya sangat tinggi menyebabkan pelat atau pir yang kecil-kecil rentan menjadi lemah. termasuk juga pada per dekompresi yang ukurannya sangat kecil ini. bisa dikira-kira kondisi sehernya sudah macet kalau dekompresi bisa sampai bermasalah.

perbaikannya cukup menekuk per ini sehingga tekanannya akan meningkat. bisa dipraktekkan dengan menarik di kompresi dan melepaskannya kembali maka kembalinya akan lebih cepat. maka setelah di kembalikan dikompresi ini ketika menggunakan kick starter akan lebih ringan seperti layaknya motor baru.

semoga artikel penyebab elektrik starter honda beat ngadat ini bermanfaat.
bongkar dulu pasang kemudian.


Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.online 

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/

tutorial perawatan motor
https://www.youtube.com/rumputteki

3 comments:

  1. kalo motor honda beat tdk bs mati mesinnya gmn ? standar sdh di ksh turun, kunci sdh di lepas. jd hrs lepas aki
    stater lengket sprtinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba relay utamanya dilepas, atau kalo ad amotor honda lainnya yang injeksi dipinjem. Buat nyoba

      Delete
  2. Beat saya kalo mesin panas kadang elektrik stater nya ga bisa jadi harus pake kick stater juga kaya keras apa itu masalah motor stater nya mas?

    ReplyDelete

Popular Post