Friday, March 3, 2017

beat bergetar di tarikan awal

bengkel spesialis getaran matic disematkan pada artikel ini dikarenakan begitu banyak yang mengeluhkan getaran di motor matic. hampir 50 persen keluhan seputra getaran pada motor matic yang masuk. berbeda dengan tahun kejayaan honda sebelum adanya motor matic yang kebanyakan kasusnya cover getar. memang jika diperhatikan masalah utama dari getaran matic ini adalah part yang tidak mendukung. dengan harga motor yang masih bertahan di belasan juta rupiah maka kualitas part pun dipertahankan untuk memenuhi kebutuhan pasar. jadi sekarang ini getaran matic ini menjadi hal yang lumrah masuk ke bengkel. jadi timbulah bengkel spesialis getaran matic.

Masalah getaran matic ini banyak yang mempengaruhi dari kondisi v belat, kampas ganda, dan mur, hingga puli belakang yang oleng. pada kasus ini disebabkan oleh pemasangan cvt yang tidak benar. Banyak terdapat grease yang menempel pada bagian v belt dan bagian dari kampas ganda. Memang pertama keluhan yang muncul adalah getaran di putaran sedang akan tetapi karena part yang di perbaiki hanya dengan mengamplas kampas ganda maka tidak ada hasil yang diharapkan.

baca juga artikel lain

Hasil dari keluhan getar berirama pada putaran mesin sedang malah bertambah menjadi getaran di putaran bawah ketika motor beat di gas pada tarikan awal. Jadi bisa dikonklusikan bahwa terdapat permasalahan di v belt dan kampas ganda yang menyebabkan tarikan awal bergetar.

Perbaikan yang dilakukan adalah pasti pengikiran mur untuk menhasilkan mur yang persisi untuk meniadakan getaran dikecepatan sedang. permasalahan ini masih menjadi permasalaan merata di motor matik dengan keluhan getar di kecepatan sedang. Akan tetapi karena ada permasalahan getaran di tarikan awal maka perlu dicek pula kampas gandanya. pada kasus ini, pembersihan kampas ganda terlihat oleh bengkel yang menangani motor ini sebelumnya. akan tetapi karena bengkel sebelumnya tidak memperhatikan grease yang tercecer pada bagian tengah rumah kampas ganda ini maka dengan gaya sentrifugal menyebabkan grease menjalar pada kampas ganda.

Grease yang terkena kontaminasi ke kampas ganda pada jumlah kecil akan menghasilkan getaran pada tarikan awal karena grease ini menghambat pengereman kampas ganda pada rumah kampas ganda. sedangkan jumlah yang besar biasa berasal dari grease yang rembes dari seal yang bocor. hal ini selain tarikan terasa selip juga bisa mngakibatkan kerusakan pulley belakang yang kehabisan grease. Permasalahan seperti ini baiknya diperikasakan ke bengkel agar tertangani dengan cepat sebelum menjalar dan merusak keseluruhan part cvt.

Untuk penanganannya maka kita bersihkan dahulu v belt, baiknya di sikat, digosok, dan di bilas. jangan sampai menyisakan kotoran dari sabun karena permasalhan getar tidak akan terselesaikan. untuk bagian kampas ganda juga harus di amplas dengan amplas basah air sabun ini agar minyak hilang maksimal. pastilah pada rumah kampas ganda juga dilakukan amplas dengan air sabun agar bersih maksimal.
pasang kembali pada mesin dan pengeringan tidak perlu hingga kering karena pada saat mesin dihidupkan pastilah akan kering karena gesekan dan panas mesin.

Untuk langkah selanjutnya dalam menangani beat bergetar di tarikan awal adalah dengan memperbaiki mur agar gertaran hilang sama sekali. untuk alat yang dibutuhkan adalah feeler atau potongan kaleng tidak masalah. Hasil yang diharapkan bukan bayaknya pengikiran tetapi kerataan yang dihasilkan. gunakanlah kikir karena dengan penggunaan gerinda maupun amplas walaupun lebih cepat dalam mengurani atau mengikis mur hasilnya tidak akan sebaik dan secepat kikir.

untuk lengkapnya silakan tontonn beat bergetar di tarikan awal di bwah ini.


setelah dilakukan perbaikan mur maka kencangkanlah sesuai dengan momen 49 sesuai standar. Sebagai mekanik tentu saja dalam pemasangan tidak luput dari kotor yang biasa ada di bengkel yaitu minyak. Oleh karena itu, untuk mengatasi kekurangan ini maka dalam melakukan permbersihan atau pembongkaran v belt baiknya v belt dicuci kembali pada kondisi mesin hidup. Pasti akan terasa manfaatya ketika di coba pastilah berbeda.

Dalam menangani permasalhan getar akan lebih baik jika mengenali ciri getarannya sehingga melakukan perbaikan yang tepat. saya ulangi kembali untuk menghilangkan getaran di kecepatan sedang yang berirama kikirlah mur belakang yang menyebabkan keolengan as pulley. untuk menangani getaran di awal terikan adalah denan perbaikan di bagian kampas ganda dan v beltnya. perbaikan bisa bermacam macam sesuai asalnya. kerusakan tidak berawal tanpa penyebab. pasti ada penyebab yang menyebabkan suatu permasalahan timbul dan terangkai dalam sebuah persitiwa sebab dan akibat.

salam
rumput teki channel
bongkar dulu pasang kemudian blogspot


Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.online 

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/

tutorial perawatan motor
https://www.youtube.com/rumputteki

5 comments:

  1. Masbro, mau tanyak nih, apakah getaran itu bisa dari mangkok yang bagian dalemnya bengkong alias grenjel2 ?

    ReplyDelete
  2. bener banget mas, yang bikin mangkoknya aus gak rata kan ya mur ini, jadi kalo setelah benerin mur bisa ganti sekalian mangkoknya langsung bersih tiada getar. kalo benerin mur degnan penggunaan mangkok lama getarannya masih ada dan berangsur hilang menunggu mangkoknya kembali aus merata

    ReplyDelete
  3. Om bos.. mau tanya. Saya baru beli tunggangan Beat street rakitan tahun 2017 Esp PGMFi bulan maret lalu,saya beli second dengan harga lumayan murah di banding yang baru yang saya denger2 ngga bisa beli cash di dealer di tambah KTP saya masih luar ktp luar pulau,makanya saya urungkan dan cari yang second aja. Alhasil dapet, saya beli tgl 16 Agustus kemaren jelang 17 agustusan di kawasan jakpus, sampai hari ini belum satupun yang saya cek keaslian dan komponen perangkat jeroannya,meski si penjual showroom mokas ini memberikan garansi uang kembali jika di temukan perangkat/spare parts imitasi atau bekas banjir dan tabrakan, ya saya lillahitaala aja karena saya yakin dan percaya saja dengan si penjual, karena mulai dari kedatangan saya ke showroom dan profil ybs saya liat di media jual beli barang bekas tidak melayani penjualan secara kredit, saya yakin dan percaya berarti empunya showroom takut dosa ngga mau makan uang Riba, nah kendalanya saat pembelian memang tidak ada buku service jadi saya tidak bisa mengetahui ini motor terakhir di service kapan, sudah 3 hari ini di pagi hari saya rasakan motor ini ada suara gretek2 dan seperti loncat2 di bagian cvt nya, begitu saya googling saya temukan channel om bos ternyata juga ada di youtube,saya tonton maka dari itu saya ingin berkomentar dan ingin bertanya agar saya tidak tertipu, apa lagi sekarang ini banyak oknum dan beberapa bengkel yang main sikat habis dikit2 ganti barang dikit2 harga barangnya mahal, nah di tambah lagi kalau di dealer resmi banyak di temukan hasil kerja juga seperti itu cuma bermodal ganti barang namun sakitnya motor ngga sembuh malah makin parah,itu di alami temen saya sendiri, nah yang ingin saya tanyakan kebengkel mana yang harus saya bawa motor saya untuk di service dan apa kah kasus motor saya ini nanti akan ada pergantian parts? Dan berapa kisaran taksir biayanya jika memang ada pergantian,agar saya ngga ketipu,nah apakah lebih aman saya gunakan parts yang genuine di bandingkan pakai parts racing harian? Mengingat kebutuhan mobilitas saya di tambah dengan jalanan ibukota yang sangat membutuhkan kecepatan dan kegesitan kendaraan untuk mengejar waktu, dan kira2 apa ada bengkel rekomendasi om bos untuk DKI khusunya jakarta pusat. Terima kasih sebelumnya om bos.

    ReplyDelete
  4. Maaf mas saya tidak paham daerah jakarta... Sebagai tindak lanjut pilih saja bengkel yang ternama dan itu tidak ada biaya mas karena motor masih baru tp syarat harus ada buku ini mas... Karena tidak ada buku maka ya akan bernayar. Untuk perbaikan ini biasa diganti mur hanya 5 rb perak. Tp kalo keausan akibat mur ini bisa sampaiengauskan mangkoan agak dalam maka perlu juga diperhatikan kalo mau diganti 100 rb, menurut saya itu saja biaya maksimal yang dikeluarkan untuk benahi getaran. Kecuali kalo seal rembes mungkin tambah 50 an rb

    ReplyDelete
  5. Maaf mas mau tanya, motor saya beat fi, jadi minggu lalu saya habis servis cvt, kemudian ganti filter udara, roller, slide piece, dan kampas ganda, tapi setelah itu tarikan awal motor jadi terasa berat dan sedikit menyentak, kira2 kenapa itu ya? Mohon bantuannya. Terima kasih

    ReplyDelete

Popular Post