Monday, January 9, 2017

Buka CVT tanpa treker

Bagaimana membuka CVT jika alat special tool tidak punya? siapa lagi yang punya special tools kalo bukan bengkel resmi. DAn sebagian yang punya tools yang di spesialin, alias alat reko reko, pasti bengkel pinggir jalan. Makanya, kita sebagai pemilik tidak perlu risau. Pasti ada jalan buat yang mau belajar Buka CVT tanpa treker. Ini salah satu cara yang bisa digunakan tanpa alat special tools dan tools spesial. Kita bahas cara Buka CVT tanpa treker satu persatu.

Baca juga artikel lainnya

Mengatasi vario bergetar saat tarikan awal

motor matic bergetar saat rpm rendah BEAT

Penyebab tarikan motor matic vario berat dan ngempos saat digas

Motor ESP teknologi honda ini merajai di penjualan matik seluruh merek dagang di Indonesia. Di ururtan pertama Honda Beat, kemudian Honda Vario 150, muncul Scoopy, baru dah merek Yamaha N Max. Tentu dengan banyaknya teknologi ESP yang dipasaran, saya gelisah memikirkan cara yang nyaman buat Buka CVT tanpa treker. Tetapi dengan kerumitan di bagian CVT ini, alat yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Alat yang dibutuhkan; kunci T 8, ring 19, ring 22, Tang, baut CVT 2 biji, kuas, kain majun, dan obeng(khusus SCOOPY), dan stang tambahan buat besarin moment ( bekas Shock depan enak pakenya). Sengaja pake baut CVT,  biar mudah nyarinya. Jadi bisa juga digunakan baut CVT nya untuk Buka CVT tanpa treker tetapi diluruskan kembali setelah dipakai. Untuk bahan persiapkan, grease khusu CVT, bukan untuk bearing yang kental itu. Untuk grease CVT bisa pake merek Honda, Yamaha, atau Suzuki juga boleh.

lebih jelas penampakan untuk membuka CVT ada di video bawah ini.
https://youtu.be/67sS86s0V_k
https://youtu.be/67sS86s0V_k

Langkah pertama, denganrkan bunyi mesin terlebih dahulu. Gunanya agar sobat tahu beda sebelum dan sesudah pemasangan, kalo aja salah pasang. Buka baut CVTnya satu persatu, dengan mengendorkan terlebih dahulu satu persatu. Barulah kemudian bisa diulir lepaskan satu persatu. MEngapa demikian, biar menghemat tenaga. Siapa tahu nanti ada tetangga yang lihat terus dimintai tolong Buka CVT tanpa treker tetangganya.

Jangan panik jika tutup CVT sulit dilepas. Hal ini sudah biasa dikarenakan tutup filter udara sedikit menghalangi cover CVT dan juga sering ditemui pin dowel pada CVT sering berkarat. Tarik saha sekuat tenaga. Jika lebih sulit dari perkiraan, boleh lah dipalu bagian yang menonjol dari tutup CVT ini. Tonjolan ini terdapat pada belakang dan depan, dan fungsinya memang untuk demikian.

Maka bisa dilihat kondisi daleman CVTnya, ternyata kotor sekali ya. Kita menginjak pada schene utama pada bagian ini. Bagaimana bisa melepaps puli setelah melihat tutorial ini. boleh dibongkar depan atau belakang duluan. Tetapi karena saya melihat yang lebih sulit pada bagian belakang maka belakang dulu. Kalau saja depan sudah dibuka tetapi belakang tidak bisa, jagi geregetan to.

Siapkan kunci T 8 nya dan tang sebagai special toolnya, siapkan kunci ring 19 beserta pembesar momentnya. Tang ini special, karena penggunaan tak yang lain belum tentu kuat dan belum tentu juga pas masuk di rumah koplingnya. Salah satu percobaan memakai tang bawaan motor menghasilkan tangk bengkok. Jika tang bengkok sebaiknya gagalkan rencana, pasti akan lepas terus. 

Pasangkan T8 dengan tang dalam posisi membuka. Letakkan ujug T8 pada footstep belakang. Bagian yang penting pada penggunaan model ini adalah kelurusan tang dengan T8. Hal ini akan melancarkan pembukaan sehingga tenaga dari kunci ring 19 akan diteruskan dengan lancar ke footstep. Oleh karena itu, pilih bagian footstep yang datar agar T tidak mudah lepas. Cobalah beberapa kali hingga menemukan titik temu yang baik. Setelah melewati beberapa kai percobaan maka akan paham untuk mengalirkan tenaga dari kunci 19 ke footstep. 

Untuk puli bagian depan gunakan baut CVT. Baut CVT ini panjangnya tepat dengan kebutuhan untuk menyelipkan kunci T 8 tadi. Dimana lubang pada puli juga seukuran baut 10. Pasangkan baut pada puli kemudian tempatkan kunci T pada posisi membuka. Pasangkan ujung kunci T pada standar tengah bagian depan. Dan maksimalkan dudukan kunci 22 agar memperoleh moment yang maksimal. Tahan pergerakan dari kunci T dan standar tengahnya menggunakan kaki kiri. Kemudian tarik kuat kuat kunci 22 dengan lembut. Jika digunakan cara mengagetkan malah akan menyebabkan baut CVT mudah lepas.

Berikut ini video Buka CVT tanpa treker

.
Lepas puli depan dan belakang kemudian letakkan dengan berurutan agar tidak lupa pemasangannya. Lakukan pembersihan pada ruang CVT baik crankchase maupun tutup CVTnya dengan kuas dan sedikit tiapuan agar bersih maksimal. Bisa juga menggunakan kain majun tetapi lakukan pembersihan dulu pada bagian puli depan dan belakang terlebih dahulu.
.


pekerjaan lain membuka cvt menggunakan tang memang tidak mudah tp bukan berarti tidk bisa. semuanya bisa dilakukan dengan tang untuk membuka puli belkang ini, kecuali kalo pengencangannya diluar beres pasti pengencangannya sekuat tenaga padahal hanya 49Nm ata sekuat lengan bawah saja.


Lakukan pembersihan dengan kain majun untuk bagian bagian puli. Untuk hasil yang maksimal dalam pemberishan bagian roller bisa digunakan alkohol. Tentu sulit untuk mendapatkannya karena penjaga apotek pasti akan tanya macem macem. Akan tetapi hasilnya pasti akan bersih seperti baru lagi motornya. Bagian bos rumah roller dan rumah roller harus sebersih mungkin karena bagian ini sanvat vital. Pemberian grease juga dangat diperlukan tetapi sedikit saja. Pemberian grease yang terlalu banyak akan menyebabkan motor terasa bergetar walaupun mesin terdengar lebih halus.

Apabila keausan rumah kampas ganda tidak bergaris, tidak perlu dilakukan pengamplasan. Pembersihan dengan lap sudah cukup. Dalam pembersihan puli belakang ini perhatikanlah ada tidaknya rembesan grease ke bagian yang bergesekan. apabila terdapat grease pada wajah puli dengan v belt dan pada rumah kopling maka perlu dilakukan penggantidan seal CVT. Dan perlu juga diperhatikan pada bagian bos dan rumah rollernya apakah oblak atau tidak. 

Jika diketahui roller aus tidak rata terlalu signifikan boleh jadi penyebabnya adalah oblak dari bos dan rumah roller. selain memboroskan roller, juga mempercepat putusnya v belt. Untuk menanggulangi hal kerusakan, sebaiknya dlakukan pembongkaran CVT setiap 8000 km. Jadi hanya dua kali buka dan sebelum akhirnya dilakukan penggantian v belt secara berkala.

Pemasangan dari part part CVT ini sama hal nya dalam proses pelepasan. Hanya saja karena tekanannya berlawanan maka kunci T 8 juga ditempatkan berlawanan. Untuk memasang puli depan letakkan pada belakang standar tengah dan puli belakang pada bawah rangka dudukan footstep. Moment pemasanannya 60 untuk depan dan 49 untuk belakang. Saya sarankan memasang yang depan terlebih dahulu.

Beda Honda beda pula dengan yamaha, pabrik garputala ini memiliki design cvt yang simple pada bagian tempat. seperti kondisi puli belakng motor mio yang keluar dari crankcase sangat memudahkan dalam pelepasan atau penggantian belt tanpa membuka puli belakang. benar adanya dengan melepas puli depan saja sudah bisa mengganti v belt dan rollernya. cek video di bawah ini.
 


Yang lebih sulit lagi pada motor yamaha yaitu untuk melepas puli belakangnya. Dibutuhkan treker yang kuat dan tentunya harga akan lebih mahal. Tapi dengan alat yang lebih sederhana bisa dibuat alat yang murah. Bahan utama dari as roda ditambah sedikit sisa dari besi kontruksi 8 mm dan parahnya lagi cuman 1 elektroda cukup buat ngelas treker puli belakang sederhana ini.

Cek video penggunaan alat treker cvt pulley belakang sederhana di bawah ini.

https://youtu.be/i_kVeIS0qPg

Sebenarnya alat yang saya buat ini sudah bisa untuk treker puli belakang baik mangkok dan pula kampas gandanya. Ukuran antara giginya 6 cm dari diameter luarnya untuk mangkok dan 8 cm dari luar diamerernya pula buat kampas gandanya. Selain untuk 2 treker part ini masih bisa untuk membuka ban pula karena ujung dari treker ini sudah saya buat sebelumnya

Selamat mencoba.
Team Bongkar Dulu Pasang Kemudian


Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.com 

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/

tutorial perawatan motor
https://www.youtube.com/rumputteki

15 comments:

  1. Nice artikel.. sangat berguna sekali

    ReplyDelete
  2. Wahh..mantep ..lgi bljar lha kok nemu artikel jos...matur thankyou

    ReplyDelete
  3. Sudah berhasil mas bukanya? Ada masalah?

    ReplyDelete
  4. Besok mau dicoba dlu ilmu ny mksh bos lanjutkan

    ReplyDelete
  5. semoga berhasil, kasih kabar hasilnya...

    ReplyDelete
  6. matur tngkyu infonya,tapi semoga aja bengkel di luar sana masih laku hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Tetap laku mas... Dah banyak yang mampir disini...

      Delete
  7. Kalo untuk vario 110 cw pakai kunci berapa ya untuk membuka rumah rollernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 22 mas, trekernya sudah ada buatan sendiri silakan oprek artikel di sini

      Delete
  8. Mas rumput teki ada no WA.nya gak, saya mau nanya masalah CVT Vario tahun 2010

    ReplyDelete
  9. wah kalo ente produksi treker2 nya bisa laku keras broh, cek treker yg sudah ada harganya nggak kira2 muahall

    ReplyDelete

Popular Post