Friday, December 30, 2016

Penyebab Tarikan Awal Vario Getar

Sering merasakan getaran yang tidak normal pada putaran rendah pada vario 125. Keluhan lain sering terjadi pada angkatan dan kadang sedang deselerasi hingga mau berhenti, getarannya sangat terasa. Penyebab permasalahan ini adalah keolengan dari shaft driven. Keolengan ini berasalah dari mur shaft belakang yang miring. Bagaimana cara mengasi penyebab getaran vario 125 ini dan cara perbaikanya mari kita kupas satu persatu.

Sebelum melakukan perbaikan getaran vario 125 ini, persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, antara lain: T 8, kikir, spesial tools untuk penahan mangkoan, feeler 0,10 mm, kunci momen, shock 19, amplas, kikir, dan kain majun. Gunakan kikir halus dan amplas yang kasar. Bila tidak mempunyai special tools bisa menggunakan tang ( akan kita bahas di lain kesempatan). Kunci utama dalam perbaikan ini adalah kesabaran.

Langkah pertama, bukalah cover CVT nya terdiri dari beberapa baut 10 kepala 8. Pasti akan merasakan kesulitan pada baut paling depan karena terhalang oleh footsep belakang ketika posisi standar tengah. Untuk membuka baut ini bisa dilakukan dengan keadaan standar samping.

Setelah cover CVT dibuka maka hal yang penting dilakukan adalah memeriksa keolengan dari ujung shaft belakang. Keolengan ini akan menimbulkan getaran. Dari bermacam macam getaran yang ditimbulkan oleh keolengan ini banyak terasa pada awal akselerasi untuk vario 125. Untuk matik dengan cc 110 seperti beat, akan terasa pada putaran 40 km/jam s.d. 60 km/jam.

Pemeriksaan lain yang perlu dilakukan adalah memastikan tidak terdapat grease atau vaselin yang menempel pada v belt. Grease ini jika ditemukan maka berasal dari grease movable driven face, atau puli yang bergerak pada shaft belakang. Dan tentu saja tidak terdapat oli yang tercecer dari seal yang bocor hingga ke bagian v belt.

Tentu saja setelah berapa tahun merasakan getaran pada vario 125 ini, perbaikannya tidak akan mudah. Dimana keusan yang ditimbukan dari keolengan pasti sudah menjalar hingga mangkoan kampas ganda. Sebagian sudah menyebabkan shaft oleng,malah malah sudah ada yang menjalar hingga keausan movable driven face ( puly belakang yang bergerak). Dalam perbaikan ini, semakin tua motornya semakin sulit perbaikannya. 

Kemudian lepas mur 19 shaft belakang, dengan kunci ring 19 jika tidak memiliki kunci moment. Perhatikan momen pelepasannya untuk dibandingkan moment pemasangannya. Cek celah mur terhadap ring pada shaft belakang tersebut menggunakan feeler 0,10 mm. Carilah bagian mur yang lebih longgar dan pastikan bahwa sisi lawannya adalah mur yang lebih seret. Langkah selanjutnya kikir bagian mur ini yang lebih seret celahnya.

Tonton dulu videonya biar lebih jelas



Untuk diketahui bahwa mur 19 sebagai penyebab getaran vario 125 ini memiliki luas penampang samping yang berbeda. Bagian datar dan bagian lawannya lebih pipih. Pengikiran akan lebih cepat dan menghasilkan kelurusan yang baik jika dilakukan pada bagian yang lebih pipih. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum dicek dengan feeler pastikan bagian yang lebih pipih untuk di kikir.

Kikirlah bagian yang dibutuhkan saja yaitu bagian yang menonjol. Baiknya setelah dilakukan pengikiran hingga 20 gesekan cobalah untuk dicek perubahan yang terjadi. Pasang kembali mur dan ukur celah mur dengan feeler. Tandai bagian yang lebih seret. Kikirlah kembali bagian yang seret ini untuk menghilangkan getaran vario 125 ini.

Setelah dilakukan 3 atau 4 kali pengikiran pasti akan menghasilkan celah yang tidak signifikan. Pada saat ini langkah selanjutnya adalah meratakan. Kikir hingga bagian yang sudah dalam rata dengan bagian yang belum terkikis. Cobalah kembali, apakah hasilnya sudah sesuai harapan.

Hasil yang baik adalah ketika celah mur 19 dengan ringnya sama pada semua sisi. Setelah didapatkan mur yang lurus, pasang pada shaftnya dengan momen 49 Nm yang merupakan standar momen untuk vario 125. Pastikan momentnya tidak melebihi dari standar ini. Kemudian cek apakah keolengan sudah berkurang atau hingga hilang.

Pada sebagian vario 125 yang getarannya yang sudah terlalu lama dengan keolengan ini, pengikiran kadang tidak menghasilkan getaran hilang. Jika getaran tidak hilang coba periksa part berikut ini.

Cek mangkoan atau rumah kampas ganda dari keausan yang tidak merata. Jika kausan ini perbedaanya signifikan pada bagian yang berlawana cobalah untuk mengamplas lebih lama. 

Cek shaft ketika tanpa mur, apakah terdapat keolengan pada ujungnya. Keolengan ini bisa dilihat dengan kasat mata. Kemudian periksa bagian shaft yang digunakan sebagai dudukan laker biting atau laker driven face dari keolengan. Keolengan bisa dirasakan dengan memutar roda belakang sembari tangan kiri memegan bagian ini. Jika shaft atau poros ini oleng maka getaran vario 125 tidak akan hilang. solusi dari permasalahan ini adalah penggantidan part.

Cek getaran drive belt atau van belt atau v belt atau timing belt (ini nama yang salah kaprah) ketika putaran stasioner dengan kondisi mur 19 terpasang. Tarik gas kecil hingga terdapat pergerakan puly kemudian biarkan stasioner. Jika terdapat pergerakan v belt yang bergetar saat akan kembali stasioner dan v belt terkadang bergetar pada keadaan stasioner, kemungkinan kausan sudah sampai pada movable driven face. Untuk memastikannya cuci v belt dengan deterjen hingga bersih dan bersihkan puli dengan kain majun kemudian pasang kembali. Untuk menggagalkan hipotesis kerusakan movable driven face maka hasilnya getaran hilang.

Ada pula masalah kampas ganda dan mangkok yang mengakibatkan getaran beserta tenaga yang lambat ngisi. Permasalahan kampas ganda tipis dannoula mangkok mulai aus menjadi penyebab tarikan awal lemot. Disamping kampas ganda sudah menjauhi mangkok juga terjadi selip diindiindikasikan dari kondisi mangkok dan kampas ganda yang berwarna gosong.

Disamping kampas ganda, masih terdapat, v belt yang muli retak. Rumah roller beserta kipas depannya sudah gerong juga bikin tenaga berkurang. Piecslide gojlak dan pula kondisi dari rumah roller dan bos mulai mengalami gojlak. Kondisi dari part tersebut sudah masuk dalam kriteria fungsi yang tidak normal dan menginjakmpada kondisi keamanan. Berikut ini video penampakan dari kondisi part yang aus dan urutan penggantiannya.



Kondisi urutan yang benar yaitu kampas ganda, v belt, pieceslide, mangkok, rumah roller dan kipas. Namun nerdasarkan fungsi didahulukan kampas ganda beserta mangkok. Barulah jika akan menganti v belt beserta pieceslide. Untuk rumah roller tentunya bersama kipas bisa dibarengkan dengan v belt jika dana mencukupi. Pilihan lain apabila rumah roller dan kipas tidak diganti dulu maka ganjellah per cvt agar tenaga tidak terlalu hilang.

Semoga informasi tentang penyebab getaran vario 125 ini bermanfaat. Salam,

9 comments:

  1. Gan, vario 125-ku kalau angkatan awal terasa getar tapi setelah dipakai dan kondisi mesin sudah panas (sudah jalan sekitar 1km) penyakit itu hilang, itu kelainan diapanya? mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikarenakan mangkoknya aus gak rata, ampalas mangkok ganda dan luruskan murnya 19 itu

      Delete
  2. Maaf mas bos vario saya masih baru dah dikikir dan gak geret2 lagi tapi yg getar di rpm rendahnya 10 - 40 kerasa di pantat ..kira2 mungkin g itu bos engin atau karet hanger linknya atau apa kira2 mas ..mohon bantuanya

    ReplyDelete
  3. Getaran stabil bisa dikurangi dengan mencuci v belt, silakan dicoba

    ReplyDelete
  4. mas getaran di angkatan pertama bisa sembuh ga dengan bubut bagian dalam mangkok? karna udah coba di bersihkan berkali2 tapi cuma bertahan sebentar halus nya (1-2 hari) setelah itu getar lagi... dan ada yang bilang membolongi mangkokan bisa bikin ga getar lagi, betul ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, memang mengurangi banyak, tp konsumsi kampasnya lebih cepet habis

      Delete
    2. owh gitu ya mas, kalau aplikasi per sentrifugal yang lebih lunak seperti punya honda beat karburator efektif ga mas? supaya ga perlu nubah mangkokan koplingnya

      Delete

Popular Post